Kamis, 22 Maret 2018

Terminologi (MID TES)



  • Choux ala Creme 



                    Pastri choux (Bahasa Inggris:Choux pastry atau Choux paste) adalah adonan yang dibuat dengan menggunakan mentega, air, tepung terigu dan telur.Selain itu, gula dan garam dapat ditambahkan ke dalam adonan tersebut.Nama adonan ini berasal dari bahasa Perancis yaitu Pâte à choux yang secara literal berarti "pasta kubis" karena bentuk akhirnya yang menyerupai kubis. Sementara itu, adonan ini sering disebut sebagai Choux paste karena teksturnya yang tidak padat seperti adonan lain tetapi bertekstur seperti pasta.
       
                Adonan ini dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk serta merupakan adonan dasar dari pembuatan kue sus, profiterole, croquembouche, eclair, cruller, beignet, kue St. Honoré, dan gougère.Ketika dipanggang, telur membuat adonan menjadi kopong sehingga dapat diisi dengan krim berbagai rasa.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pastri_choux

  • Custar Creme ( Pastry Creme)



       Pastry cream adalah cream yang dbuat biasanya sebagai isian dalam berbagai jenis kue.misalnya kue sus,lalu sebagai pelekat isi sweet danish atau fruit danish,,dan masih banyak lagi. rasanya yang creamy,lembut dan manis,membuat banyak orang menyukai pastry creamsebagai isi dari kue yang mereka buat.

Sumber : by Dinymoo

  • Sauce Bechamel 




       Saus Béchamel atau saus putih adalah salah satu dari lima saus utama dalam kuliner klasik Perancis. Saus béchamel versi modern dibuat dari susu dan roux (campuran dari mentega dan tepung terigu) serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu seperti garam, lada dan biji pala. Sementara itu, saus béchamel versi klasik dibuat dari daging sapimuda beserta bumbu-bumbu yang direbus dalam kaldu bening. Namun, versi klasik dari saus ini sudah jarang dibuat oleh para juru masak modern.

        Saus béchamel pertama kali dibuat pada 1680 oleh Pierre de la Varenne yang saat itu merupakan juru masak pribadi dari Louis XIV.[3] Ia kemudian menulis resep dari saus ini dalam bukunya yang berjudul Le Cuisinier Francois (Kuliner Perancis). La Varenne menamakan saus yang diciptakannya sesuai dengan nama temannya yaitu Marquis Louis de Béchamel.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Saus_B%C3%A9chamel

  • Hard Roll



       Hard roll salah satu jenis roti keras yang biasa di sajikan pada restaurant semi formal , makanan pengisi pada jenis menu table d hote. Biasanya di tempatkan pada bread basket dan disajikan dengan butter maupun honey .
           Bahan dasarnya pun sederhana karena jenis roti ini temasuk Un rich jenis roti yang tidak banya menggunakan komposisi, salah satunya water , sortening ,flour, yeast , and salt . Dimana pada bagian luarnya agak cruncy dan bagian dalam roti lembut .

Sumber : By Dinymoo

  • Glazed Root Vegetable


          Salah satu jenis makanan pendamping maincourse, juga termasuk golongan vegetable. Bahan dasarnya ialah sayuran yang berjenis umbi dan karena glazed jadi hasil vegetable ini harus mengkilap dan tidak berair karena sayuran telah
 disaute dengan butter/ oil.

Sumber : By Dinymoo

  • Bebek Menyanyat 



      Bebek menyatnyat ini berasal dari kota Bali (Indonesia) kota yang dikenal dengan seribu pulau dewa . Bahan- bahanya pun menggunakan santan , Bebeknya yang di boil terlebih dahulu kemudian di braising membuat daging empuk dilidah . Juga menggunakan bumbu juga yang dihaluskan . Bebek menyatnyat yang kami buat kemarin dihidangkan dengan nasi putih,kangkung plecing dan sambal matah.

Sumber : By Dinymoo


  • Sauce Demiglaces 


      Sauce demiglace adalah brown sauce kental asal Prancis yang dijadikan sebagai saus dasar untuk membuat beragam sauce lain salah satunya Bolognaise sauce, mashroom sauce , Black pepper sauce dan semacamnya . 
     Sauce demiglace dimana campuran antara brown roux dan brown sauce yang ditambah dengan mirepoix dan bouquet garnie serta tomato paste , sehingga menjadi saus demiglace . 

Sumber : By Dinymoo

  • Brown stock 



        Brown stock biasanya digunakan sebagai penambahan pada suatu makanan . Banyak digunakan di negara-negara lain . Bahan dasar beef bone , ya menggunakan tulang sapi pada umumnya yang ditambahkan air, mirepoix yang sudah di roasting (panggang) dan Bouquet garnie sebagai penambah aroma dan rasa . Stock ini pastinya memiliki warns coklat dong dan pastinya aroma sapinya juga terasa .Biasanya digunakan pada pembuatan soup dan sauce .

Sumber : By Dinymoo

  • Sop Kacang Merah 

              



         Sop kacang merah atau biasa disebut dengam Brenebon ,nama ini merupakan pengucapan lokal orang Manado   yang diambil dari Belanda yaitu  bruine bonen berarti "kacang merah" .Makanan ini berasal dari pengaruh belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur .
       
          Hidangan sup ini dibuat dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging dengan campuran bumbu sup pada umumnya seperti bawang putih, merica dan bumbu-bumbu lain . Paling enak disajikan dalam keadaan panas .

Sumber : By Dinymoo

  • Plecing Kangkung


 
  Makanan Khas Indonesia yang berasal dari Lombok .Plecing kangking terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat yang dibuat dari cabai rawit , garam, terasi ,dan tomat ,juga biasanya diberi tetesan jeruk limau .Plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge,kacang panjang ,kacang tanah goreng atau pun urap .

Sumber : By Dinymoo 

Food Ingredients (MID TES)


                     

White Pepper ( Merica)


History




                              Lada, disebut juga Merica/Sahang, yang mempunyai nama Latin Piper Albi Linn adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar. Selain itu, lada mempunyai sebutan The King of Spice (Raja Rempah-Rempah) yang mana kebutuhan lada di dunia tahun 2000 mencapai 280.000 ton.L Lada adalah salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji, namun banyak para petanilebih memilih melakukan penyetekkan untuk mengembangkannya. Mereka memotong batangnya kira-kira dengan panjang 0,25-0,5 meter.


Nutrient Content 




         
      Merica juga disebut sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik . Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Lada adalah salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji.                                     


Function 


          
              Merica adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitamyang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Lada adalah salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji.


Caracteristic 



            

Batang 
Batang tanaman lada tumbuh merambat pada suatu tiang, terkadang juga menjalar di permukaan tanah.Panjang batang bisa mencapai 15 meter, namun dalam budi dayatanaman lada, biasanya batang akan dipotong dan hanya disisakan sekitar 275-300 centi meter.Bentuk batang pada tanaman lada adalah beruas-ruas seperti tanaman tebu dan panjang ruas bukunya berkisar 4–7 cm, hal ini tergantung pada tingkat kesuburan.Panjang ruas buku pada pangkal biasanya lebih pendek dibanding dengan ruas yang berada di pertengahan maupun ujung, sedang ukuran diameternya rata-rata berukuran 6–25 mm.

Akar
Akar yang dimiliki oleh tanaman lada adalah akar tunggang namun mirip dengan akar serabut.Ukurannya kecil-kecil dan tidak panjang sebagaimana pada akar tunggang biasanya.Sesuai dengan jenisnya, akar tanaman ini dibedakan menjadi dua, yakni akar lekat dan akar tanah.Akar lekat adalah akar yang tumbuh pada setiap ruas buku yang berada di permukaan tanah dan mempunyai panjang rata-rata 2,5-3,5 cm.Dalam satu ruas buku bisa tumbuh sebanyak 10-25 helai akar. Kemudian akar tanah adalah akar yang tumbuh pada batang tanaman lada yang berada di dalam tanah.Dari satu suku batang bisa tumbuh sekitar 10-20 helai akar.

Cabang
Tanaman ini mempunyai dua macam lada, yakni cabang orthotrop dan cabang pang plagiatrop.Adapun cabang orthotrop adalah cabang yang tumbuh dari ketiak daun pada buku batang baik yang berada di permukaan maupun di dalam tanah. Selanjutnya, cabang pang plagiatrop merupakan cabang yang tumbuh dari buku dahan.Biasanya cabang ini akan tumbuh setelah tanaman lada berbuah sebanyak dua kali.Jika semakin banyak buku dahan yang ditumbuhi olehnya, maka semakin banyak buah yang akan dihasilkan.
Dahan
Ukuran panjang dahan tanaman lada berkisar antara 35–65 cm.Dahannya tumbuh secara vertikal, namun akan berubah jadi horisontalketika buahnya sudah mulai tua dan masak.Hal ini menyebabkan dahan tanaman ini menggantung karena dipengaruhi oleh bobotbuah yang tumbuh di dahan tersebut.Dahan harus dijaga agar tumbuh normal karena mempunyai fungsi utama, yakni sebagai media pertumbuhan bunga dan buah.
Daun
Daun tanaman lada berbentuk bulat telur, namun ujungnya meruncing. Pada belahan atas, daun berwarna hijau tua mengkilat, sedang yang bawah berwarna hijau pucat. Panjangnya bisa mencapai 12–18 cm dengan ukuran lebar 5–10 cm.Daun akan berukuran lebih panjang jika berada pada batang bagian atas, begitu sebaliknya.Biasanya kuncupdaun lada terbungkus oleh kelopak (sisik), jika dia mengembang, maka berjatuhanlah kelopak tersebut. Selain itu, daun tanaman ini sifatnya kenyal dan bertangkai.

                

Selasa, 20 Maret 2018

Equipment and Utensil (MID TES)



hi guyss!!!
Ini beberapa Equipment and Utensil versi Mid Test ya guys!  semoga bermanfaat😉





FOOD PROCESSOR




Function : hampir mirip dengan Blender dan sama-sama berfungsi untuk menghaluskan beberapa bahan makanan.
Material  : steel-plastic-glass
Cleaning  : untuk jug
dan tempat masuknya bahan dapat dibuka dan digosok menggunakan spons .Sedangkan pada bagian mesin cukan lap basah saja untuk menghindari kerusakan.


CORKSCREW

      
             

Function : Sebagai Pembuka wine.
Material  :  steel
Cleaning : dapat direndam dengan air panas kemudian di lap .


KITCHEN ROLL                      
                

Function : (Tissue) sebagai lap, biasa pengganti napkin .
Material  : paper
Cleaning : Tidak ada proses pembersihan,yang ada penghabisan.


PEPPER GRINDER

                      



Function : Sebagai wadah untuk berbagai macam pepper, sehingga membantu proses seasoning( pemberi rasa pada makanan).

Material  : wooden
Cleaning : menggosok dengan spons dan bilas dengan air hangat .


SERVING SPOON

                   


Function : alat untuk mengserving makanan , sering digunakan direstoran .
Material  : steel
Cleaning : Gosok dengan spons lalu bilas dengan air hangat.


POTATO PEELER


                           

Function : alat untuk mengupas kentang .
Material  : steel
Cleaning  : gosok dengan spons .lalu  bilas
lakukan setiap slesai pemakaian.

MID TES (Rotasi 1.2) Group three

Day Repeort



Hi guyss!!
Welcome to my blog! Hopefully Usually!!😉

   



         Thuesday , at 08.00 i began to entered in the kitchen . First , me and all my friend one- line while persentation about Menu Rotasi 1.2 for my groups . And i was assigned for Dessert ,that is all Choux ala Creme . This is some a picture about prepared !!  



         After i prepared to all ingridients , i maked Custard creme (creme alanglaise) . For it i prepared milk ,margarin ,salt , flour ,egg and sugar . i mixed step by step and this is a picture Custard creme by me!



             Finally i prepared for platted  .at 13.00 we started to platted for all menu . that is Appatizer, soup, maincourse, dessert.And i handled to dessert .This is some picture about platted by me😉



Thanks for you attention my lovers ,happy nice day and see you latter guys!!




MID TES (Rotasi 1.2)

Day Report


Hi guyss !
       

    Kembali lagi ke blog yang semoga ga ngebosenin buat di kunjungi ! ini ekspresi kami ketika Review( tanya jawab) dan disuruh makan garlic . oh maafkan 😊



    Hari Selasa , hari dimana kelompok saya memasuki MID tes . Tepat pukul 08.00 kami one-line,mengisi berita acara ,dan mempersentasikan Menu Rotasi 1.2 dan preparean menurut section masing -masing. Untuk MID ini saya dipercayakan menghandle Dessert yaitu (Choux Ala Creme) tanpa bantuan teman-teman dikarenakan kurangnya yang hadir untuk membantu .Dan ini picture hasil preparean beserta proses jadinya beberapa adonan .




           Selanjutnya, Saya mulai membaked adonan Pate a Choux . Lalu mulai membuat Creme alanglaise (Custard Creme)  .Dengan menyiapkan milk,margarin,salt,Flour,egg . Praktek ini saya begitu menikmatinya ,yah walaupun tadi pak Ichal ( bos genk) sempat PMs saya juga tidak mengerti kenapa yang pastinya ada kesalahan yang mungkin terjadi .inilah hasil Custard Creme yang saya buat hari ini ! 


         
        Setelah Creme Custard selesai saya melanjutkan memplattingnya . Untuk yang pertama saya juga menambahkan Coklat melted, coklat bubuk, whipped cream ,dan cerry . Dan menurut Dosen pembimbing bapak Syahrial Choux ala creme ini sudah pas .saya senang tetapi saya agak ragu dengan plattinganny yang begitu sederhana, Sepertinya saya akan mencari banyak referensi lagi mengenai beberapa plattingan .



       
        Akhir kata saya ucapkan semoga kalian tidak bosan mengunjungi blogger saya .Karena saya sendiri sudah bosan menulis kata-kata yang sering berulang .Doakan saya agar dapat menulis kata-kata yang berbeda di hari selanjutnya !but thanks and see u next time  guys!!






Kamis, 08 Maret 2018

Terminologi (Menu Rotasi)




  • PATE
            


          Pate adalah hidangan pembuka dingin yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan, hati yang dicincang halus dan diberi bumbu kemudian dicetak dengan cetakan empat persegi panjang, bahan dan dibungkus dengan adonan (pie) kemudian dimasukan kedalam cetakan dan dipanggang didalam oven. setelah dingin diberikan lapisan aspic jelly dan dimasukan ke dalam lemari pendingin.

          Pate dihidangkan dingin, dipotong potong seberat 75-100gr per orang. nama pate di ambil dari bahan pokok yang dipergunakan misalnya chicken pate, game pate, veal pate, fish pate atau liver pate.

Sumber : http://ensavoirculinaire.blogspot.co.id/2014/12/apa-itu-pate.html?m=1


CHOWDER
                
         
                        


     Chowder atau Sup kental adalah sejenis sup atau rebusan yang sering disiapkan dengan susu atau kremdan ditebal dengan pecahan kerupuk , biskuit kapal hancur, atau roux . Variasi chowder bisa berupa makanan laut atau sayuran . Kerupuk seperti kerupuk tiram atau asin bisa menyertai chowders sebagai barang samping, dan potongan kerupuk bisa dijatuhkan di atas piring.
         
        Clam chowder New England biasanya dibuat dengan kerang cincang dan kentang potong dadu, dengan campuran krim dan susu dasar, seringkali dengan sedikit mentega. Bubuk umum lainnya termasuk seafood chowder, yang meliputi ikan, kerang, dan banyak jenis kerang lainnya; jagung chowder , yang menggunakan jagung bukan kerang; berbagai macam ikan chowders ; [1]dan kentang chowder, yang sering dibuat dengan keju. Chowder ikan, sup krim jagung, dan clam chowder sangat populer di wilayah Amerika Utara di New England dan Atlantik Kanada .

Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Chowder


BOLOGNESE SAUCE

      
                    


         Bolognese adalah saus daging yang sangat digemari dari kawasan Bologna di Italia. Aslinya, saus ini hanya terdiri dari daging dengan bumbu lain tanpa tomat. Akhirnya berkembang di luar Italia dengan tambahan tomat dan pasta tomat, seperti dikenal di Indonesia juga. Di Italia sendiri, Bolognese atau yang juga disebut ‘ragubolognese’ selalu disiapkan untuk pasta ukuran sedang seperti pasta tagliatelle. Saus bolognese berbasis daging dengan tomat ini juga menjadi bagian dari lasagna.

Sumber : http://www.barasupercook.co/2015/index.php/resep/masakan/item/32-spaghetti-bolognese

CUSTARD TART

                   

   
            Custard tarts atau flans pâtissier adalah kue kering yang terdiri dari kerak pastry luar yang diisi dengan custard telur dan dipanggang. Perkembangan puding sangat erat kaitannya dengan custard tart atau pie yang berasal dari bahasa Prancis croissade tua, yang berarti sejenis kue pai.
       Beberapa nama lain untuk varietas tart custard di Abad Pertengahan adalah doucettes dan darioles . Pada 1399, perjamuan penobatan yang disiapkan untuk Henry IV termasuk "doucettys".
Resep Abad Pertengahan umumnya termasuk shortcrust dan puff pastry case yang diisi dengan campuran krim, susu, atau kaldu dengan telur, pemanis seperti gula atau madu, dan terkadang rempah-rempah. Resep ada sejak abad ke-14 yang masih bisa dikenali sebagai kue puding hari ini.                  
        Tart juga bisa disiapkan dengan susu almond pada saat puasa seperti Prapaskah , meskipun ini agak mahal dan hanya populer dengan orang yang kaya raya. Seringkali, bahan gurih seperti daging babi cincang atau sumsum daging sapi juga ditambahkan (kombinasi bahan manis dan gurih lebih sering terjadi di Inggris abad pertengahan), namun tidak seperti quiche modern, custard yang mengisi sendiri selalu manis.

Sumber :
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Custard_tart


BROICHE

                          


          Brioche  adalah sebuah roti diperkaya tinggi asal Perancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. Roti ini agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur.Roti ini memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.
       Brioche dianggap sebagai bagian dari Viennoiserie. Kelompok roti ini dibuat dengan cara dasar yang sama seperti roti, tetapi memiliki aspek kue kering yang tinggi karena banyaknya kandungan telur, mentega, cairan (susu, air, krim, dan kadang

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Brioche

BIKA AMBON

                 

            Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bika_ambon

SAMBAL ULANG ULANG

                    

           Sambal adalah saus pedas dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan saricabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sambal

SAMBAL MATAH

                   


           Be pasih mesambel matah (nama dalam bahasa Bali, artinya ikan laut sambal mentah) adalah nama salah satu makanan khas Bali.
Makanan ini terbuat dari ikan laut segar, yang dilaburi dengan bumbu bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, garam dan kadang-kadang dengan kencur. Setelah bumbu ikannya meresap, lalu dipanggang dengan arang kayu atau arang batok kelapa. Adapun bahan sambalnya terdiri atas bawang merah, cabai rawit, sereh, terasi bakar, garam, dan bisa juga ditambahkan cabai besar untuk memberi tambahan rasa. Bahan-bahan tersebut dicampur, dirajang halus, lalu diremas-remas untuk menyatukan rasa. Terakhir, ditambahkan minyak kelapa asli dan air perasan jeruk limau.
       
      Makanan ini disajikan biasanya bersama dengan nasi, plecing kangkung dan daun kemangi. Makanan ini cukup populer di daerah-daerah pesisir Bali; diantaranya di pantai Jimbaran (Kuta), pantai Sanur (Denpasar), dan pantai Lebih (Gianyar).

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Be_pasih_mesambel_matah


  • MAYONAISE SAUCE 
               

         Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mayones




  • SOUFFLE '
            
                   

         Soufflé adalah cake yang banyak menggunakan putih telur sehingga ringan dan mengembang. Dalam Bahasa Perancis, kata soufflé adalah bentuk lampau dari souffler yang berarti memompa, persis seperti bagian atasnya yang menggembung.


       Soufflé berbentuk silinder dan berwarna putih kekuningan hingga cokelat. Cake ini bisa disajikan sebagai menu utama yang gurih asin, namun bisa juga dijadikan makanan penutup yang manis. Keju, selai, buah, berry, cokelat, pisang, dan lemon biasanya digunakan untuk memberi rasa pada soufflé.


Sumberb: https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-1937914/souffle-si-balon-yang-lembut-manis-gurih


Shallot (Bawang Merah)



History

                   

 Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Nutrient  Content

                          


Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Function


                   


      Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto, sup juga bubur ayam menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangkan. Selain diolah menjadi bawang goreng, bawang merah dapat juga dapat bermanfaat sebagai obat yaitu untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.


Caracteristic


                 



Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan di bagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang di dalamnya. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daunnya sendiri dan mencapai 30–50 cm. Bunga bawang merah termasuk bunga sempurna yang tiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik. Bakal buah sebenarnya terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, yang membentuk tiga buah ruang dan dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji.Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih. Biji bawang merah dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.

Equipment and Utensil


Equipment and Utensil hari ini guyss ,semoga bermanfaat yaa!!!

            
                 

  

DOUGH SHEETER            
     

                     
           


Function : alat untuk meratakan adonan dengan didorongnya di antara rol.
Material  : Plastic and iron
Cleaning : gosok dengan spons halus kemudian bilas dengan air hangat.

STEAMER BASKET

     
                    
     

Function : Kukusan yang dapat melindungi vitamin dari vegetable (sayur) saat dikukus.
Material  :  iron
Cleaning : Gosok dengan spons dan air sabun kemudian bilas dengan air dingin .



MELON BALLER
               
         
                 

         

Function : Pusau sendok melon
Material  : steel
Cleaning :  gosong dengan spons, lalu bilas dengan air hangat .


SOUFFLE' DISH
               

                 
             

Function : Sebagai wadah untuk memanggang souffle, onion soup ,dan semacamnya .
Material  : Keramik
Cleaning :  Gosok dengan spons dan air sabun lalu  bilas dengan air hangat.


 
PRESSURE COOKER
             
 
                 


Function : Alat untuk mengukus bahan kue
Material  : Steel
Cleaning : Gosok dengan spons lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap selesai pemakaian.



CHARLOTTE MOLD

 
                   
                       
                       

Function : Sebagai wadah dan alat untuk pembentuk adonan bread ,pudding ,and cake.
Material  : steel
Cleaning  : gosok dengan spons,bila noda sulit hilang gosok dengan sikat halus .kemudian bilas dengan air hangat .

Thankfull for you attention my friends 😉