Rabu, 07 Maret 2018

Tugas (By Senior)

    
       
                  JENIS-JENIS LETTUCCE

                     


ROMAINE LETTUCE

                     



     Nama Latin: Lactuca sativa var. longifolia
Sebutan ‘romaine’ lazim digunakan oleh masyarakat Amerika Utara. Sementara di  belahan dunia barat lainnya, selada ini populer dengan nama cos lettuce. Dilansir bersumber dari kata ‘cos’, nama Pulau Cos/Kos di Yunani, tempat yang disebut-sebut menjadi asal selada ini. Sumber lain menyebutnya dari bahasa Arab ‘khus’ yang dipakai untuk menyebut selada. Selada yang kemudian dikenal oleh dunia barat melalui Roma ini lantas dikenal dengan sebutan romaine.

       Banyak disukai karena teksturnya renyah, memberi sensasi segar, dan juicy. Lembaran daunnya panjang dan lebih kaku dibanding selada lainnya karena tulang daun yang sedikit tebal. Dulu, bagian cekung selada ini digunakan untuk menyendok tabbouleh oleh penduduk Syria.Warna daun lebih gelap di bagian luar dan biasanya memiliki sedikit rasa pahit. Begitu juga ujung daunnya. Bahan wajib dalam pembuatan Caesar salad.


                 BUTTERHEAD LETTUCE


            Nama Latin: Lactuca sativa var. capitata
termasuk dalam kelompok head lettuce  (bentuk dan ukurannya seperti kepala). Bonggol daunnya tidak terlalu rapat. Dinamai butterhead karena daunnya bertekstur lembut dan terasa sedikit ‘manis’ dan gurih layaknya mentega. Lettuce jenis ini ada dua varian, yaitu hijau dan merah (Salanova red butterhead).

        Cikal bakal butterhead lettuce ini berasal dari jenis lettuce lawas, yaitu silesia. Memiliki sebutan lain Boston lettuce atau Bibb lettuce  untuk ukuran yang lebih kecil. Nama Bibb  diperoleh dari nama seorang petani sayuran, Mayor John ‘Jack’ Bibb,  yang telah membudidayakan lettuce jenis ini pada tahun 1800-an, di Kentucky, Amerika Serikat.


                      ICEBERG LETTUCE


      Nama Latin: Lactuca sativa L. nama ‘iceberg’ bermula  pada awal abad ke-20, di mana orang belum mengenal lemari es sebagai sarana pengawetan makanan. Lettuce dalam jumlah besar diangkut menggunakan kereta api dari  kebun ke kota untuk dijual. Agar tetap segar, bagian atas keranjang berisi lettuce ditutup dengan gunungan es batu. Tiap kali kereta memasuki stasiun, orang-orang akan berteriak, “Iceberg… iceberg!”

        Memiliki rasa seperti susu, sesuai dengan nama Latinnya: lactuca, yang artinya cairan putih seperti lateks atau susu. Tekstur renyah dan juicy adalah sebab selada ini juga disebut crisphead lettuce.

   Saat ini, selada iceberg paling lazim dijumpai di supermarket. Selain digunakan sebagai bahan salad, sering juga tampil dalam penyajian taco dan hamburger. Lembaran daunnya yang lebar sering dimanfaatkan untuk membungkus atau menggulung beef salad.


                          LEAF LETTUCE


Nama Latin: Lactuca sativa crispa
Disebut looseleaf lettuce karena lembaran daunnya terlepas atau terbuka. Di Indonesia, lazim disebut selada keriting karena ujung daunnya bergelombang. Selada ini digunakan secara luas hampir di seluruh dapur mancanegara karena rasanya netral, segar, nyaris tanpa gangguan rasa pahit.
       
      Sekitar 4500 tahun lalu, bangsa Mesir kuno mulai menanam selada ini dari bibit sejenis gulma atau tanaman liar. Sayuran ini juga disajikan di dapur pada zaman Yunani dan Romawi. Pada abad ke-16 dan ke-18, negara-negara di Eropa sudah mulai mengembangkan berbagai jenis selada ini. Menariknya, sebutan lain selada ini adalah Batavia lettuce.


                     JENIS-JENIS COKLAT 






Couverture Chocolate




          coklat couverture disebut "real chocolate", Loopers. Soalnya, couverture adalah jenis coklat asli yang biasanya mengandung lemak coklat dan chocolate mass, dimana rasanya cenderung pahit dan harganya lebih mahal. Coklat ini cepat lumer di mulut dan memiliki rasa "fruity" yang agak pahit. Selain rasanya yang enak, coklat ini juga baik untuk kesehatan, Loopers. Tapi sayangnya, penyimpanan dan penanganan coklat ini agak susah.


Compound Chocolate





    Komposisi compound chocolate hampir sama dengan couverture chocolate, tetapi cocoa butternya digantikan sama lemak nabati yang murah seperti minyak kelapa atau soya. Rasa compound chocolate cenderung semi-sweetatau sweet, tapi penanganannya lebih mudah daripada couverture. Compound chocolate lebih banyak digunakan untuk coklat dekorasi soalnya harganya jauh lebih murah daripada couverture. Ada 3 jenis compound chocolate, yaitu:



Dark chocolate compound adalah coklat batangan yang berwarna pekat, dimana rasa coklatnya lebih terasa dan nggak mengandung susu. Coklat jenis ini biasanya digunakan untuk kue dan makanan ringan lain.
Milk chocolate compound
Ini adalah coklat batangan yang berwarna coklat, dimana pembuatannya dari campuran gula, kakao, coklat cair, susu, dan vanila.


White chocolate compound
Ini adalah coklat batangan berwarna putih yang mengandung coklat dan cacao butter.


Kakao
Coklat ini terbuat dari massa kakao yang lemaknya udah dipisahkan. Coklat ini sangat mudah diolah dan ekonomis. Jadi, kamu bisa membeli coklat ini di warung-warung sekitar rumahmu, Loopers.


Coklat cair
Coklat cair adalah produk minuman yang mengandung massa kakao dan kadar gula yang tinggi. Tapi gawat, Loopers, kadar gula dalam coklat cair disebut gampang meningkatkan berat badan.




Coklat bubuk
Coklat bubuk adalah coklat yang mempunyai aroma kuat, nggak tengik, dan nggak berjamur. Coklat bubuk yang berwarna pekat dan beraroma pahit sangat berguna untuk mengeringkan adonan kue, Loopers.



Coklat tawar
Iya, ada coklat yang rasanya tawar lho, Loopers. Coklat ini biasanya digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lain. Persentase massa kakao dalam coklat ini bervariasi, antara 30-70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik rasanya.


Coklat susu
Banyak orang suka sama coklat susu, sampai coklat ini disebut dengan coklat yang paling banyak dikonsumsi. Jenis coklat yang satu ini terbuat dari campuran gula, kakao, coklat cair, susu, dan vanila. Rasanya lebih manis dibandingkan coklat tawar, dan massa kakaonya cukup rendah, yaitu 20 persen.


Coklat putih
Coklat ini nggak mengandung massa kakao yang tinggi. Coklat ini terbuat dari lemak coklat, gula, dan vanili yang nggak mengandung coklat padat. Sama kayak chocolate compound, coklat ini juga sering digunakan untuk dekorasi.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar