Sabtu, 11 Agustus 2018

Lokal Food



GARANG ASEM




    Garang asem adalah masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas. Garang asem berasal dari Grobogan namun kini garang asem populer di Kudus, bahkan kini Garang Asem ada di beberapa kota di provinsi Jawa Tengah memiliki makanan tradisional ini. Antara lain Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan.

Garang asem biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah dengan tusukan ayam asam manis, tempe goreng, dan perkedel. Garang asem yang konon masakan khas Purwodadi, Jawa Tengah, ini biasa disantap sebagai lauk alias teman nasi. Rasanya segar karena berkuah dan tanpa santan.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Garang_asem



KONRO BAKAR




Sup konro dan konro bakar, misalnya, merupakan salah satu kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda yang mencintai masakan Nusantara, baik penduduk lokal maupun pendatang.

Berdasarkan penelusuran KabarMakassar.com, makanan khas ini dapat ditemukan di sepanjang jalanan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Selain itu, sudah banyak restoran yang menjadikan sup konro sebagai menu utamanya.

Sup Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar.Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.akan tetapi kini terdapat variasi kering yang disebut "Konro bakar" yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.

Konro merupakan salah satu masakan khas yang banyak dicari para turis domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Makassar. Isinya bukan daging sapi, melainkan tulang iga. Mau dibakar atau direbus biasa di dalam kuah sup, tulang iga ini tetap enak disantap.

Sama dengan coto (soto), bagi sebagian orang, belum lengkap berkunjung ke Kota Makassar tanpa mencicipi konro. Selain khas, makanan ini juga gampang didapatkan di berbagai sudut kota.

Sumber :
https://m.liputan6.com/ramadan/read/3537515/konro-bakar-kuliner-yang-bikin-kangen-makassar-saat-ramadan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar