Sabtu, 27 Oktober 2018

Local Foods



Local Food 




Pallubasa




       Pallubasa awalnya merupakan makanan murah yang diperuntukkan untuk kelas pekerja seperti kuli bangunan, tukang becak dan kelas pekerja lainnya. Pallubasa menjadi makanan murah karena campuran isi merupakan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan oleh pemilik sapi sehingga diberikan kepada si pemotong sapi sebagai jatah atau upah. Bagian-bagian sapi yang dianggap tidak dibutuhkan seperti bakal susu, baluta (darah segar sapi yang disembelih yang dibekukan), susu sapi, biji pelir sapi, usus lurus, bagian daging yang tercampur tulang rawan dan gantungan jantung. Bahan inilah yang kemudian diolah menjadi makanan yang disebut Pallubasa. Makanan ini sepintas kelihatan sama dengan coto Makassar namun keduanya sangat berbeda. Perbedaannya pada proses memasaknya. Jeroan direbus dalam waktu lama, setelah matang dihidangkan dalam mangkuk. Pada saat penyajiannya ditambahkan kelapa parut yang disangrai sehingga kuahnya menjadi kental dan gurih, santannya lebih kental dan menyatu dengan kuah. Tambahannya yang membuat pallubasa menjadi special adalah telur ayam setengah matang dan disantap dengan burasa (nasi yang dibuat dan dibungkus dengan daun pisang) yang berukuran cukup besar atau nasi panas.




Sumber Artikel :https://makassar.terkini.id/intip-sejarah-makanan-khas-makassar-berbahan-dasar-daging/







Mie Aceh





      Bahan dasar makanan ini adalah mie kuning tebal dengan diirisi daging sapi, daging kambing ataupun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah sejenis kari yang gurih serta pedas.




https://alidesta.wordpress.com/2015/04/13/21-makanan-khas-dari-berbagai-daerah-di-indonesia/







Bika Ambon



    Makanan khas Indonesia ini dari daerah Medan, Sumatera Utara. Bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti telur, gula serta santan yang umumnya beraroma pandan wangi. Bika ambon ini menjadi salah satu makanan favorit daerah Medan.




https://alidesta.wordpress.com/2015/04/13/21-makanan-khas-dari-berbagai-daerah-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar