Rabu, 21 Agustus 2019

Daily Aktivitas (Versi Indonesia)


Day Report!!

      Asslamualaikum teman-teman jumpa lagi berasama saya yang akrab disapa dinymoo, dengan berbagai cerita mengenai aktivitas saya yang ada dikitchen dan saya harap teman-teman ga akan pernah bosen yaa!!

SOUR DOUGH BREAD



             Sebelum produk seperti biasa kami oneline terlebih dahulu ,diberi arahan oleh pak ical selaku dosen yang incharge dan juga membagi kelompok agar area kerja dapat teratur. Tidak hanya itu berbagai arahan yang diberikan oleh pak ical , dimulai dari kebersihan hingga produk untuk hari ini dan semoga ilmunya bermanfaat , dapat kita lihat seperti pada gambar di bawah ini !




                                              

    Jadi tuh kali ini kami sudah memasuki bagaimana cara pembuatan sour dough bread,dan croissant ,dimana sebelumnya kami sudah ditugaskan untuk uji coba dalam pembuatan biang dari sour dough sendiri . karna biangnya sudah jadi maka sekarang kita akan membuat rotinya guys! dan untuk kali ini juga saya nggak sendiri guys ,saya juga ditemani oleh dua rekan saya mereka ada Ainul dan Mifta guys . Senang sekali bisa berkaliborasi dengan mereka . Disini kami langsung membuat 2 produk , secara otomatis kami berbagi tugas dimana mereka menyiapkan bahan untuk croissant dan saya menyiapkan bahan untuk sour dough .Teman yang saya maksud dapat kita lihat pada gambar di bawah ini guys !



Roti sourdough adalah roti yang dibuat dengan menggunakan fermentasi ragi liar tanpa penambahan ragi instant maupun bread improver. ragi ini dapat dibuat dari tepung gandum, buah-buahan bahkan sayur-sayuran dengan cara difermentasi sebelum dijadikan biang sourdough.

roti yang terbuat dari ragi liar alami lebih sehat, mudah dicerna, harum dan kaya rasa karena selama proses fermentasi yeast liar mengubah senyawa pada roti menjadi senyawa sederhana yang lebih mudah diserap tubuh, sehingga tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan. hal ini dapat menghemat enzim berharga yang ada di dalam tubuh. Selain itu mikroorganisme juga menambahkan banyak gizi dan nutrisi dari enzim yang dihasilkan oleh yeast liar selama proses fermentasi. enzim-enzim ini dapat meningkatkan kesehatan dan bersifat anti-kolestrol, anti-kanker dan anti-oksidan . Keuntungan lain dari roti ragi alami adalah daya simpan roti lebih lama karena yeast liar dan mikroorganisme menghasilkan senyawa antibakteri dan meningkatkan keasaman sehingga roti dapat disimpan lebih lama.



Nah sekarang kita beralih ke croissant nih guys yang bentuk unik seperti keong tapi tidak beracun wkwkwk , jadi roti ini dikenal dengan sebutan croissant dan berasal Perancis. Kue atau roti ini dibuat dari adonan tepung terigu, mentega, telur dan ragi. Karena itu adonannya berlapis tipis karena lemak digilas berlapisan dengan adonan tepung. Di bakery banyak dijual croissant. Ada yang polos, berisi cokelat, keju, atau almond. Pilihlah yang bentuknya bundar menggembung dan bagus sebagai tanda adonannya terbentuk bagus.








   Ga banyak sih guys cerita saya hari ini seperti biasa saya selalu menikmati aktivitas yang saya lakukan di kitchen Poltekpar Makassar ini. Terimakasih sampai jumpa di blog selanjutnya . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar