Kamis, 18 Oktober 2018

INGRIDIENTS FOOD


Ingridients food for today guys !!




Honey/ Madu 





History :

  Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya.[3] Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.


      Madu sudah digunakan manusia sejak berabad-abad yang lalu. Pada zaman Mesir kuno, madu sudah menjadi barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bahkan pada masa itu, masyarakat Mesir menghargai madu dengan harga yang tinggi sekali bahkan menyamai harga mata uang yang langka. Dalam upacara adat sekalipun mereka juga menggunakan madu untuk memberi makan kepada binatang yang akan dipersembahkan kepada dewa-dewa. Bahkan sebelum itu manusia sudah menggunakan madu sejak puluhan abad sebelum Mesir hal ini terbukti karena di gua Africa dan Spanyol ada gambar manusia mengumpulkan madu sementara itu ada gambar lebah mengitari di atas mereka.

Berikut ini adalah sejarah madu dari sebelum masehi sampai sesudah masehi:

Tahun sebelum masehi 7000 : Di gua Africa dan Spanyol terdapat gambar orang mengumpulkan madu dari retakan batu dan pohon sementara lebah mengitari atas mereka.

Tahun 3000 : Di Mesir madu di pakai oleh sebagian besar orang sebagai pemanis.Nilai madu sangat tinggi, bahkan biasa di pakai sebagai alat pembayaran.

Tahun 2100 : Madu di sebutkan dalam tulisan Sumeria dan Babylonya, kode Hittie, dan tulisan India dan Mesir, serta diperkirakan berusia lebih tua dari itu.

Tahun 2100 : Bahasa Inggris madu yaitu 'honey' diperkirakan berasal dari bahasa Jerman 'Honig'.

Tahun 2000 : Mesir sudah memelihara lebah di sarang buatan.

Tahun 1650 : Mesir kuno menggunakan madu sebagai komponen(bersama lemak hewan dan serat tumbuhan)untuk mengobati luka, sebagai pembuktian yang tertulis di Smith Papyrus.

Tahun 1100 : Bir Jerman diberi pemanis madu.

Tahun 1100 : Petani Jerman membayar membayar pajak dalam bentuk madu dan lilin lebah.

Tahun 1600 : Orang Spanyol menemukan bahwa penduduk asli Meksiko dan Amerika Tengah telah mengembangkan metode pemeliharaan lebah untuk memproduksi madu.

Tahun 1638 : Orang Eropa meperkenalkan lebah madu Eropa ke New England.

Tahun 1638 : Ditemukan bukti dokumentasi lebah madu di Amerika Utara.

Tahun 1822 : Lebah madu pertama diperkenalkan ke Australia.

Tahun 1842 : Lebah madu pertama kali di perkenalkan ke Selandia Baru.

Tahun 1850 : Lebah madu di bawa ke California angka hibridasi dengan koloni asli untuk meningkatkan produksi.

Tahun 2005 : Selandia Baru memiliki 320.000 sarang lebah yang memproduksi panen musiman kira-kira 8600 ton madu.

Nutrient content :




Kandungan Madu
Fruktosa: 38.2%
Glukosa: 31.3%
Maltosa: 7.1%
Sukrosa: 1.3%
Air: 17.2%
Gula paling tinggi: 1.5%
Abu (analisis kimia):0.2%
Lain-lain: 3.2%
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kg per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.

Kandungan Gizi Madu
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 304
Jumlah Lemak 0 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 4 mg
Kalium 52 mg
Jumlah Karbohidrat 82 g
Serat pangan 0,2 g
Gula 82 g
Protein 0,3 g
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0,5 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 2 mg


Function :




    Manfaat Madu Murni Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Mencegah kanker serta penyakit jantung. ...
Mengurangi batuk. ...
Membantu meningkatkan daya ingat. ...
Membantu menghilangkan luka. ...
Merupakan sumber nutrisi yang lengkap. ...
Menghilangkan alergi. ...
Metabolism alhkohol. ...
Memerangi bakteri yang ada di dalam tubuh.

Fungsi Madu sebagai bahan makanan
-  Sebagai pemanis pada makanan
- Sebagai Pengental pada saus
- Pemberi rasa dan aroma pada makanan



Nasi (Beras)



History :

      Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.
Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu.

   Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang 'pera' (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).


     Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokokbiasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi masakan baru, seperti pada nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.


Nutrient content :



Kandungan Gizi Nasi Putih
Berikut ini adalah kandungan gizi nasi putih per 100 gr diantaranya :
Kalori 129
Lemak 0,28 gr
Karbohidrat 27,9 gr
Protein 2,66 gr
Rinciannya adalah Kalori: 2% lemak, 89% karbohidrat, 9% protein.


Function :


Berikut ini adalah manfaat nasi putih diantaranya :
1. Sumber Energi
Karena tinggi akan kandungan karbohidrat dan kalori maka nasi putih biasanya dijadikan sebagai menu makanan utama disamping fungsinya sebagai sumber tenaga.
Sebagai jenis makanan pokok nasi putih bisa memberikan sumber energi yang besar untuk tubuh.

2. Mendukung pertumbuhan manusia hingga tua
Nasi putih sebagai makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari mendukung pertumbuhan manusia mulai dari masa bayi hingga tua.
Nasi putih mengandung mineral dan zat-zat penting yang bisa menjadi sumber terbaik untuk menjadi makanan pokok dan membantu pertumbuhan manusia.

3. Meningkatkan mood baik

Kandungan karbohidrat pada nasi putih bisa meningkatkan serotonin yang merupakan senyawa yang bisa menimbulkan rasa senang pada otak.
Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian dimana seseorang yang setiap hari mengonsumsi 1 lembar roti atau 1/2 cangkir nasi putih biasanya mudah gelisah dan depresi.

4. Mencegah kanker
Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan serat insoluble pada brown rice bisa mengurangi resiko tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Nasi non kolesterol
Nasi putih bisa anda masukkan ke dalam menu diet seimbang karena nasi putih sama sekali tidak mengandung sodium atau lemak yang berbahaya.

6. Kaya akan vitamin
Nasi putih mengandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin D, niacin, zat besi, serat, kalsium, riboflavin dan thiamine.

7. Mengobati disentri
Kulit ari pada nasi diyakini bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi masalah disentri.
Sekam padi yang berusia 3 bulan mengandung diuretic properties dimana tradisi masyarakat Tiongkok meyakini bahwa nasi putih bisa mengatasi masalah pencernaan, mengatasi sakit perut dan meningkatkan selera makan.

8. Baik Untuk Tulang
Karena tingginya kandungan vitamin dan mineral maka nasi putih bisa mendukung pertumbuhan tulangdengan sempurna.
Nasi putih mengandung kalsium yang sangat bermanfaat untuk membentuk tulang dan menjadikannya lebih kuat dan mencegah osteoporosis.

9. Baik untuk gigi
Sama seperti tulang, kandungan kalsium pada nasi putih juga bisa mendukung pertumbuhan gigi dan membentuk gigi yang kuat.


Fungsi Berdasarkan Kandungan Karbohidrat Pada Nasi Putih :
Menjaga supaya Berat Badan tetap terkendaligigi yang sehat
Mencegah berbagai penyakit
Baik untuk menjaga kesehatan jantung
Baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi pencernaan
Mencegah kerusakan jaringan otot
Mengatur kadar gula dalam darah
Mengatasi kecemasan dan menimbulkan rasa bahagia

6  OLAHAN MAKANAN DARI NASI :

1. Nasi goreng / fried rice
2. Sushi
3. Rissoto
4.porridge
5. Nasi uduk
6. Nasi lemak



Coklat (Chocolate) 



History :

      Cokelat merupakan makanan berbahan dasar biji kakao. Pohon kakao pertama kali ditemukan benihnya sekitar dua ribu tahun yang lalu. Orang Amerika Tengah dan Meksiko awalnya menggunakan benih dari pohon kakao untuk membuat minuman yang terasa pahit, tidak manis. Hanya orang-orang penting yang bisa meminumnya.


    Kata "cokelat" hampir di setiap bahasa namanya berasal dari dalam bahasa Nahuatl Meksiko, chocolatl. Belakangan ini , minuman dibuat lebih manis dan dibuat menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai cokelat panas. Dibuat populer oleh penjelajah Spanyol yang membawanya dari Amerika Utara ke Spanyol. Saat cokelat dipermanis dan dibuat menjadi permen, membuatnya menjadi makanan yang sangat populer bagi banyak orang Eropa. Mula-mula, hanya orang kaya yang mampu membeli cokelat. Sekarang, banyak orang menikmatinya. Kebanyakan cokelat saat ini dibuat di Afrika.


         
            Di dalam 100 gram porsi cokelat memiliki 540 kalori. Terdiri atas 59% karbohidrat (52% gula dan 3% sebagai serat makanan), 30% lemak dan 8% protein. Sekitar 65% lemak dalam susu cokelat jenuh, terutama terdiri dari asam palmitat dan asam stearat, sedangkan lemak tak jenuh yang dominan adalah asam oleat. Dalam jumlah 100 gram, cokelat adalah sumber yang sangat baik (> 19% dari Nilai Harian, DV) untuk riboflavin, vitamin B12 dan mineral makanan, mangan, fosfor dan seng. Cokelat adalah sumber yang baik (10-19% DV) untuk kalsium, magnesium dan zat besi.




            Cokelat dijual dengan bentuk cokelat bar, seperti dark chocolate, milk chocolate dan white chocolate. Beberapa cokelat  bar memiliki bahan lain yang dicampur ke dalam cokelat, seperti kacang, kismis atau rice crispy. Cokelat digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis permen, yang biasanya mengandung berbagai bahan (nougat, wafer, karamel, kacang-kacangan, dll) yang dilapisi coklat. Cokelat digunakan sebagai produk penyedap dalam banyak makanan pencuci mulut, seperti kue coklat, brownies cokelat, chocolate mousse dan chocolate chip cookies. Beberapa jenis permen dan makanan ringan mengandung cokelat, baik sebagai pengisi atau sebagai pelapis (kismis berlapis cokelat atau kacang salut cokelat). Beberapa minuman non-alkohol mengandung cokelat, seperti susu cokelat, cokelat panas dan milkshake cokelat. Beberapa minuman beralkohol ditambahkan dengan cokelat, seperti chocolate liqueur dan creme de cacao. Cokelat adalah pelengkap rasa es krim dan puding yang populer, dan saus cokelat sering ditambahkan sebagai topping es krim sundae.


           Rasa cokelat sering digambarkan manis karena pembuat cokelat biasanya menambahkan banyak gula dan susu secukupnya. Dan cokelat juga memiliki bentuk padat dan bisa cair saat meleleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar