Sabtu, 24 Agustus 2019

Local Market




Visit Local Market!!!


"Pasar Parangtambung"




Assalamualaikum sobat bloggerku kali ini kami akan survey di Pasar Parang Tambung dengan bahan makanan minimal 15 item . Hari ini saya dan beberapa teman saya melakukan survey dibawah ini adalah hasil survey kami . Semoga bermanfaat guys . 







TABEL INGRIDIENTS






















Jumat, 23 Agustus 2019

Describe Ingridients



DESCRIBE INGREDIENT


1.BUAH PALA


A. NAMA: pala (Myristica fragrans)









Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah , buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dalam ensiklopedia karya Plinius"Si Tua". Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibiu  (Grenada). Istilah pala juga dipakai untuk biji pala yang diperdagangkan.
Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti Lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak astiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

B. HISTORY / SEJARAH

Columbus sebenarnya mendarat di Kepulauan Karibia di Amerika Tengah. Tak lama setelah mengetahui bahwa Columbus telah ‘salah mendarat’, pulau tempat dia mendarat kemudian disebut sebagai “West Indies”, dan tempat tujuan sebenarnya Columbus adalah “East Indies”. Dan kini terkuaklah kemana sebenarnya tujuan Columbus. Benar, kepulauan Nusantara, untuk mencari buah Pala yang mahalnya kelewatan di pasar Eropa.


Dan buah Pala paling baik berasal dari sebuah pulau Mungil yang terletak di laut….., yakni kepulaun yang sangat indah… Banda. Kepulauan Banda, seperti halnya Maluku dan Maluku Tenggara adalah pulau-pulau dengan bukit yang menjulang dan gunung api, dengan laut biru dan pasir putih yang teramat Indah. Ke Banda, seolah berada dalam sebuah gumpalan padat sejarah masa lalu dunia, yang hampir-hampir terlupakan oleh buku-buku sejarah. Buah Pala yang dijual di Eropa konon harganya sama dengan harga emas, dan merupakan komoditas paling dicari, dan paling mahal saat itu. Buah Pala dipergunakan terutama untuk tujuan pengobatan dan kesehatan. Sangat mahal, karena memang didatangkan dari tempat yang sangat jauh.


Dan dimulailah sejarah kedua.

Para pedagang buah Pala di Eropa berasal dari Arab dan india, dan orang Eropa yang saat itu sedang menikmati kemakmuran dan kemajuan di bidang teknologi pelayaran, mulai berani mencari-cari, sebenarnya berasal dari buah Pala. Banyak pelayar dari Portugis dan Spanyol yang mengarungi samudera berbulan-bulan untuk mencari sendiri penghasil buah Pala, dan kemudian memonopolinya. Eksplorasi dunia lewat laut inilah yang mengantarkan Columbus ke benua baru yang kini kita kenal sebagai Amerika, dan ‘penemuan’ Cape of Good Hope (Tanjung Harapan di ujung selatan benua Afrika).


Dimulainya eksplorasi dunia dan awal dari ideologi politik ekspansionis dan kolonialisme Eropa, hingga setidaknya 300 tahun kemudian. Dan awal dari mulainya Nusantara diincar oleh negara-negara superpower Eropa; Belanda, Portugis, Spanyol, Inggris.




Kepulauan Banda sendiri diperebutkan oleh Belanda dan Inggris, yang ingin menguasai sumber Pala melalui penjajahan dan memonopoli pasar Pala dunia. Kedua negara Eropa tersebut ‘berbagi’ beberapa pulau di Kepulauan Banda, dan beberapa kali terlibat pertempuran sengit. Karena sengitnya permusuhan diantara kedua penjajah tersebut di Banda, keduanya kemudian menuju perundingan, dan dikenal sebaga Breda Treaty pada tahun 1660. Isinya adalah Inggris ‘menyerahkan’ Pulau Run, salah satu pulau di Kepulauan Banda, yang dikuasainya kepada Belanda, sebagai gantinya, Belanda menyerahkan sebuah pulau yang letaknya di ujung dunia yang lain, yakni Manhattan, sebuah bagian terpenting dari New York.




Manhattan kini menjelma menjadi sebuah kota modern yang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi dan bank-bank yang menyimpan dan memutar trilyunan dollar setiap hari, superstore raksasa, yang mungkin juga menjual barang yang terbuat dari Pala, yang mungkin didatangkan dari saudara kembarnya, yakni Banda, yang hingga kini masih menanam dan memanen Pala.
Source: https://www.kaskus.co.id/thread/555c2a4d128b46403e8b456d/kisah-buah-pala-si-rempah-rempah-berdarah-dari-timur-indonesia/




C. FUNGSI / MANFAAT


1. Meningkatkan kesehatan otak


Manfaat buah pala yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan otak. Buah pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan. Senyawa ini dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif yang umumnya dimiliki pasien demensia atau penyakit Alzheimer .
Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat memperlambat efek tersebut dan menjaga otak Anda tetap berfungsi dengan normal. Selain itu, buah pala juga dapat meningkatkan konsentrasi Anda dan menghilangkan kelelahan serta stres.


2. Mengurangi rasa sakit

Salah satu komponen buah pala mirip dengan mentol, yaitu sama-sama mampu menghilangkan rasa sakit secara alami. Oleh karena itu, dengan menambahkannya sebagai bumbu masakan, Anda bisa mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka, ketegangan, dan peradangan kronis dari kondisi seperti arhtiritis.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Serat yang terdapat pada buah pala dapat merangsang proses pencernaan dengan mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus.
Selain itu, merangsang sekresi berbagai cairan lambung dan usus yang memudahkan proses pencernaan. Kandungan serat pada buah pala juga dapat membantu masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan perut kembung.


4. Menjaga kesehatan mulut

Sifat antibakteri yang dimiliki buah pala, secara efektif dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut atau halitosis.
Selain itu, buah pala juga dapat meningkatkan kekebalan gusi dan gigi Anda. Serta dapat mengobati masalah gusi dan sakit gigi. Hal inilah yang membuat buah pala sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi atau obat kumur herbal.


5. Mengobati Insomnia

Buah pala mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium adalah mineral yang sangat penting dalam tubuh dalam mengurangi ketegangan saraf bahkan merangsang pelepasan serotonin, yaitu hormon yang menciptakan rasa rileks.
Serotonin berubah menjadi melatonin di otak, yang merupakan pendorong tidur, sehingga membantu seseorang menghilangkan insomnia atau kegelisahan di malam hari.


6. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh


Buah pala dapat bertindak sebagai tonik, yaitu zat yang bisa mengeluarkan racun-racun tubuh. Oleh sebab itu buah pala mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Buah pala dapat membantu menghilangkan racun yang tersimpan atau terakumulasi di hati dan ginjal. Manfaat buah pala ini mampu membuat organ-organ tubuh bersih dari racun yang tersimpan, misalnya aja seperti alkohol, obat-obatan, polusi, atau makanan.
Selain itu, senyawa aktif yang terkandung di dalamnya dapat membantu melarutkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi dari ginjal dan hati.


7. Merawat kulit


Manfaat buah pala dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, belum sepenuhnya dipahami. Namun obat herbal dan tradisional sudah lama menggunakannya. Umumnya, buah pala diaplikasikan pada kulit dengan dicampur oleh air atau madu.
Selain itu, manfaat buah pala yang lain adalah mampu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit, meningkatkan kelembapan kulit, serta mengurangi bekas jerawat, cacar atau bisul.


8. Mengendalikan tekanan darah


Kandungan mineral dalam buah pala efektif dalam menjaga fungsi organ. Kalium yang terkandung dalam buah pala, dapat membantu meregangkan pembuluh darah, sehigga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular.
Kalsium yang ditemukan dalam buah pala dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda dengan berperan pada perbaikan dan pertumbuhan, serta mengurangi gejala osteoporosis . Kandungan zat besi dapat meningkatkan jumlah sel darah merah Anda dan mengurangi kemungkinan Anda terkena gejala kekurangan zat besi atau anemia.


D. KANDUNGAN GIZI

Dalam 100 gram buah pala terdapat 525 kalori. Berikut adalah kandungan zat gizi yang bisa Anda dapatkan dari sekitar 100 gram buah pala.
Lemak total: 36 gram atau 56 persen dari angka kebutuhan gizi (AKG) harian
Protein: 6 gram atau 12 persen dari AKG
Sodium: 16 miligram atau 1 persen dari AKG
Zat besi: 17 persen dari AKG
Kalsium: 18 persen dari AKG
Vitamin A: 2 persen dari AKG
Vitamin C: 5 persen dari AKG

1. Buah pala berbentuk bulat
2. Buah pala termasuk buah yang berukuran kecil
3. Buah pala memiliki warna luar coklat kekuning-kuningan, di bagian danging berwarna putih, dan bisnisnya berwarna merah
4. Buah pala salah satu buah yang banyak memiliki nilai gizi dan bermanfaat bagi manusia
Source : https://mengenalciriciri.blogspot.com/2018/06/ciri-ciri-buah-pala-dan-manfaatnya-bagi.html




2. Nama: NANAS ( Ananas comocus )









Nanas merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropics. Nanas adalah tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Dalam bahasa Inggris disebut pineapple dan orang-orang Spanyol menyebutnya pina. Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan) yang telah di domestikasi disana sebelum masa Colombus. Pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599).
http://duniaplant.blogspot.com/2014/10/pengertian-dan-definisi-buah-nanas.html


B. History of nanas




Buah ini bukanlah pine (pinus) atau apple (apel) dan bukanlah buah asli Hawaii. Namun sejak pertama kali dikalengkan dan emenjadi tumbuhan utama di sana, banyak yang mengkaitkan nanas dengan Hawaii. Di sana, nanas biasa digabungkan dengan beragam penganan seperti daging, makanan laut dan kudapan penutup. Jadi tak heran jika banyak resep makanan yang menggunakan nanas sebagai bahan dasarnya.
Ananas comosus merupakan nama botanikal dari buah yang kita kenal sebagai nanas. Berasal dari Amerika Selatan, dinamakan pineapple lantaran kemiripannya dengan kerucut pinus. Kata pineapple (atau pinappel di Inggris Tengah) tidak mucul dalam bahasa Inggris versi cetak sampai sekitar tahun 1664.
Cristopher Colombus dikaitkan dengan nanas setelah menemukan buah ini di Pulau Guadeloupe pada 1493, meskipun sejatinya telah lama tumbuh di Amerika Selatan. Dia menyebutnya pina de indes alias pinus dari India.
Indian Guarani di Amerika Selatan membudidayakan nanas untuk makanan utama. Mereka menyebutnya Nana, yang berarti buah yang sangat baik.
Petualang lainnya, Magellanm dikabarkan menemukan nanas di Brazil pada 1519 dan di 1555 meng.ekspornya ke Inggris serta menyebar ke India, Asia dan Hindia Barat.
Saat George Washington mencicipi nanas di Barbados pada tahun 1751, ia menyatakan bahwa buah yang dimakannya langsung menjadi buah favoritnya.
Kapten James cook kemudian memperkenalkan nanas ke Hawaii sekitar tahun 1770. Namun budidaya komersial tidak dimulai sampai 1880 an.
Pada 1903, James Drummond Dole mulai mengemas nanas dalam kaleng sehingga mudah dinikmati oleh orang-orang dari seluruh dunia. The Dole Hawaiian Pineapple Company merupakan produsen nanas kalengan raksasa yang mencuat di 1921 dan membuat Hawaii menjadi produsen nanas terbesar.
Saat ini Hawaii hanya menguasai 10% nanas dunia lantaran telah didominasi oleh Meksiko, Honduras, Republik Dominika, Filipina, Thailand, Costa Rica, Cina dan beberapa negara Asia lainnya.


https://www.sunpride.co.id/sejarah-nanas/


C. Fungsi / manfaat




NANAS termasuk jenis buah yang kerap juga ditambahkan sebagai bahan masakan baik sebagai penambah rasa maupun sebagai bahan pengolahan. Buah tropis ini memiliki banyak manfaat, apa saja manfaat si buah kuning ini?
Dilansir dari HomeCooking, Rabu (5/10/2016), nanas memiliki banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan di dapur. Kandungan enzim bromelain pada nanas membuat buah ini kerap dijadikan bahan alami untuk mengempukkan daging. Tambahkan sejumlah potongan nanas pada daging lalu diamkan beberapa saat untuk membuat daging juicy saat diolah.


Rasa nanas yang asam, manis dan segar juga memberi efek rasa yang menarik jika ditambahkan dalam masakan. Jus nanas bukan hanya segar diminum saat siang hari, tapi jus ini memiliki manfaat lain yakni mencegah oksidasi pada buah.
Blender nanas hingga menjadi cairan lalu gunakan sebagai bahan untuk mencegah buah menjadi browning atau cepat menghitam, misalnya pada potongan apel, alpukat atau pisang.


Beberapa koki menyarankan untuk memotong bonggol daun nanas dan membiarkan nanas berdiri terbalik selama setengah jam, hal ini untuk membuat jus nanas menyebar sehingga tingkat kemanisannya merata di seluruh daging nanas.
Bagian tulang nanas yang berada di tengah biasanya dibuang begitu saja, padahal sebenarnya tulang nanas memiliki manfaat. Potong menjadi bagian yang kecil dan panjang lalu gunakan sebagai pengaduk alami untuk minuman.
https://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/05/298/1506683/fakta-manfaat-nanas-untuk-masakan-selain-empukkan-daging


D. kandungan gizi




Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 50 kal –
Karbohidrat 13,1g –
Air 86% –
Protein 0,5g –
Gula 9,9g –
Serat 1,4g –
Lemak 0,1g –
Vitamin A 3µg 0%
Vitamin C 47,8mg 53%
Vitamin D 0µg –
Vitamin E 0,02mg 0%
Vitamin K 0,7µg 1%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,08mg 7%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,03mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,5mg 3%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,21mg 4%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,11mg 9%
Vitamin B9 (Folat) 18µg 5%
Vitamin B12 0µg –
Cholin 5,5mg 1%
Kalsium 13mg 1%
Zat Besi 0,29mg 4%
Magnesium 12mg 3%
Fosfor 8mg 1%
Potassium (Kalium) 109mg 2%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,12mg 1%
Tembaga (Copper) 0,11mg 12%
Manganese 0,93mg 40%




https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-nenas-manfaat-buah-nenas-bagi-kesehatan/


E. Karakteristik






Herba tahunan atau dua tahunan, tinggi 50-150 cm.
Terdapat tunas merayap pada bagian pangkalnya. Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah.
Helaian daun bentuk pedang, tebal, liat, panjang 80-120 cm, lebar 2-6 cm, ujung lancip menyerupai duri, tepi berduri tempel yang membengkok ke atas, sisi bawah bersisik putih, berwarna hijau atau hijau kemerahan.
Bunga majemuk tersusun dalam bulir yang sangat rapat, letaknya terminal dan bertangkai panjang.
Buahnya buah buni majemuk, bulat panjang, berdaging, berwarna hijau, jika masak warnanya menjadi kuning. Buah nanas rasanya enak, asam sampai manis. Bijinya kecil, seringkali tidak jadi.


https://ghoshopsite.wordpress.com/2017/02/10/nanas-%E2%80%95-ciri-ciri-tanaman-khasiat-manfaat-resep-obat-herbal/


3.LEMON


A. Nama: Lemon ( Citrus × limon )









Lemon atau jeruk lemon atau yang juga dikenal sebagai sitrun adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Lemon memiliki bentuk dan warna yang khas, yaitu kuning cerah warnanya dan bentuknya lonjong dengan ujung-ujungnya yang mengerucut. Bagian kulitnya empuk agak tebal, dan bulirnya berwarna bening kekuningan.
Lemon memiliki citarasa asam yang khas buah jeruk, tapi juga memiliki rasa manis. Sehingga rasanya asam manis segar dengan aroma yang kuat. Lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dari segi rasanya dengan jeruk nipis Keduanya juga bisa saling menggantikan, terlebih karena harga lemon juga cenderung lebih mahal. 

http://www.kerjanya.net/faq/18124-lemon.html


B. History of lemon


Asal usul secara tepat dari lemon masih misteri, walaupun dianggap secara meluas bahawa lemon pertama tumbuh di India, utara Burma dan China. Di Asia Tenggara dan Selatan, ia dikenali kerana sifat antiseptik dan digunakan sebagai penawar untuk pelbagai racun. Lemon masuk ke Eropah (di dekat Itali selatan) paling lambat pada abad ke-1 Masihi, pada masa Romawi Kuno. Namun, tidak banyak yang ditanam. Lemon kemudian diperkenalkan ke Parsi dan kemudian ke Iraq dan Mesir sekitar tahun 700. Lemon pertama kali tercatat dalam kesusasteraan dalam risalah Arab abad ke-10 mengenai pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di kebun Islam awal. Ia diedarkan secara meluas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterranian antara 1000 dan 1150 M. Asal genetik lemon bagaimanapun, dilaporkan merupakan hibrid atau persilangan antara jeruk pahit dan jeruk sitron (Citron).




Penanaman lemon besar pertama di Eropa bermula di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalanan itu. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Lemon terutama digunakan sebagai perhiasan dan obat. Pada abad ke-18 dan 19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California, ketika itu lemon mula digunakan dalam masakan dan perisa.




Pada 1747, uji coba James Lind pada pelaut yang menderita penyakit skurvi melibatkan penambahan vitamin C dalam diet mereka dengan jus lemon.




Jalur etimologi perkataan lemon menunjukkan asal Timur Tengah. Salah satu sebutan paling awal "lemon" dijumpai dalam dokumen Inggris Tengah antara 1420-1421, kemudian lemon muncul pada Perancis Lama, limone (Itali), laymūn atau limun (Arab), dan līmūn (Parsi).
http://jasaforbisnis.blogspot.com/2018/03/asal-usul-jeruk-lemon.html



C. Fungsi / manfaat


SELAIN menyegarkan dan meningkatkan rasa makanan, perasan jeruk lemon memiliki sejumlah manfaat dalam memasak


Melezatkan ikan atau ayam panggang
Agar rasanya lebih kuat dan enak, tambahkan perasan air jeruk di atas ikan atau ayam panggang Anda. Perasan jeruk lemon akan menciptakan rasa yang lebih kompleks.


Membuat warna sayuran atau bumbu hijau tetap hijau
Sudah rahasia umum, bahwa perasan jeruk lemon mencegah potongan sayuran berubah warna dalam waktu dekat. Sitrat dan askorbat asam pada jeruk lemon mencegah proses oksidasi sehingga warna sayuran atau makanan tetap hijau. Tambahkan dua sendok teh perasan lemon untuk setiap cangkir bumbu-bumbu yang berwarna hijau.
Mencerahkan warna minyak olesan
Agar minyak atau bumbu olesan memiliki warna yang cerah dan lebih segar, tambahkan dengan saru sendok makan perasan jeruk lemon.
Mencerahkan saus mentega cokelat
Lemon bisa mencerahkan warna pada olesan mentega cokelat Anda. Rasa olesan untuk ayam, ikan dan daging pun akan lebih segar.
Pengganti wine
Jika makanan yang akan Anda buat menggunakan wine, dan Anda tidak bisa mendapatkannya, ganti dengan jeruk lemon. Misalnya untuk menggantikan 1/2 cangkir wine untuk sup, Anda bisa menggunakan satu sendok perasan jeruk lemon ditambah 1/2 cangkir kaldu ayam.


https://lifestyle.okezone.com/read/2015/01/27/298/1098018/10-manfaat-jeruk-lemon-dalam-memasak-ii-habis


D. kandungan gizi




Kandungan gizi yang ada pada buah lemon secara lebih jelasnya disajikan dalam tabel berikut ini :
Gizi Jumlah / 100 gram
Vitamin C 27 mg
Vitamin B1 0,04 mg
Protein 0,9 gram
Lemak 0,2 gram
karbohidrat 11,4 gram
Mineral 0,5 gram
Kalsium 33 mg
Fosfor 23 mg
Zat besi 0,4 mg
Asam askorbat 49 mg
Energi 51 kal
Air 86 gram




https://www.honestdocs.id/kandungan-manfaat-jeruk-lemon-untuk-kesehatan-kecantikan


E. Karakteristik




Buah lemon mempunyai warna hijau saat muda dan jika sudah matang buah ini akan berwarna kuning dan orange.
Rasa dari buah lemon baik yang masih muda maupun matang ialah memiliki rasa yang masam.
Bentuk buah bulat bahkan ada yang bulat lonjong dan pada ujungnya meruncing.
Daging dari buah lemon ini hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.
Dalam daging buah lemon terdapat biji seperti jeruk pada umumnya.


https://delemonaslisarilemon.wordpress.com/2019/04/18/ciri-ciri-buah-lemon/

Kamis, 22 Agustus 2019

Famous Foods!




1.Mochi




Mochi (Jepang: 餅; Hanzi: (麻糬)) adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang Namun, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Ia memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket.

Di Indonesia, khususnya kue mochi buatan Kota Sukabumi yang biasa di temui dijalan Kasuari dan Jalan Ahmad Yani, dan sering dijajakan para pengasong di beberapa titik persimpangan jalan besar di Kota Bogor Bahan - bahan Kue Mochi mudah untuk didapatkan, berbahan dasar tepung ketan didalamnya berisi adonan kacang.

Dikemas dalam keranjang bambu yang diberi merek dalam tulisan kuo-i yang dibaca swang sie yang artinya banyak kebahagiaan, setiap keranjang kue mochi biasanya berisi 10 buah mochi berukuran sebesar kelereng, dengan harga mulai Rp 5.000 sampai Rp 7.500 per renteng yang berisi empat keranjang bambu.

Di Sukabumi sendiri, Kue Mochi yang terkenal adalah Kue Mochi yang dibuat di Jalan Kaswari, Kue Mochi ini bentuknya bulat, bertabur tepung sagu, dan terasa kenyal. Jika digigit, rasa manisnya akan terasa.

Di tempat itu dijual dua jenis Kue Mochi, yaitu Kue Mochi tanpa isi yang disebut kiathong dan Kue Mochi yang diisi dengan adonan kacang. Kue Mochi dari tempat itu dibuat tanpa pewarna dan tanpa pengawet, sehingga tidak dapat disimpan lama-lama, harus segera dimakan.




2.Ayam Geprek




Ayam geprek ( ayam goreng renyah) yang disajikan dengan sambal bajak adalah masakan Indonesia - lebih tepatnya masakan Jawa Yogyakarta- masakan ayam goreng yang terdiri dari ayam goreng yang disajikan dengan sambal bajak , sambal yang dibuat menggunakan pasta udang asli Indonesia.

Daily Aktivity (Versi Indonesia)




Day Report!!


   Bismillah , Assalamualaikum harini kembali lagi diblog harian saya guys , yang ga suka dengan blog ini semoga kalian jadi suka , buat kalian yang juga punya crita aktivitas yang hampir sama dengan saya komen di bawah yaa !! seperti biasa sebelum praktic kita oneline terlebih dahulu guys diberi materi oleh bapak ical yang menjadi panutan saya setelah beliau hijrah dan selaku dosen yang incharge juga di kelas saya . kami juga sempat dibagi beberapa kelompok tapi kali ini entah kenapa saya hanya ingin independen ajah , solo karir dan semoga berhasil !!




 Langsung saja ,setelah oneline saya langsung siapkan semua bahan yang saya butuhkan ,jadi kali ini kita akan membuat Tarlet otomati kita buat dulu sour dough ,

SOUR DOUGH

Ingridients : 
  • Soft Flour             500gr
  • Butter                   250gr 
  • Icing sugar           100gr
  • Greated Lemon  as needed
  • Vanilla ess         as needed

  • Egg                     1-2 pcs





              Pie adalah jenis pastry yang populer di Amerika. Hidangan panggang ini konon ditemukan sejak jaman Mesir kuno. Pada jaman Romawi dan pada abad Pertengahan, pie digunakan sebagai pembungkus daging dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembap selama dimasak dan agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi. Bahan kulit pastry ini keras dan padat, terbuat dari tepung terigu, suet (lemak daging sapi), telur dan bahan lainnya.Namun seiring dengan perkembangan dunia kuliner, lambat laun kulit pie pun diciptakan sedemikian rupa dengan komposisi tepung terigu yang telah ditentukan, sehingga kulit pie dapat ikut dikonsumsi bersama isinya.

Berkat keunikan cita rasanya, pie pun akhirnya menyebar ke suluruh penjuru Eropa termasuk Inggris. Awalnya, pie termasuk hidangan utama yang berisi daging, baik daging sapi atau kambing. Akibat perkembangan dunia kuliner dan resep roti, pie pun mulai dikenal sebagai hidangan populer. Isian pie pun menjadi beragam.







      Di sekitar tahun 1500an, resep kue pie mulai bertransformasi dengan memakai berbagai jenis buah-buahan sebagai isinya. Setelah populer di Inggris, pie akhirnya dikenal di Amerika yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga memiliki berbagai jenis isian. Hal ini dapat dibuktikan dari buku resep kue yang ditemukan di Amerika pada tahun 1940an, ditemukan 65 resep pie di dalamnya.Begitu populernya, pie juga banyak dikenal di negara lainnya. Resep kue ini bukan hanya dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, namun juga sebagai salah satu menu andalan untuk bisnis makanan.



 Sampai disini dulu yaa guys sampai ketemu di aktivitas selanjutnya, Terimakasih


Equipment and Utensil



Equipment and Utensil



Mixing bowl




Function: wadah yang digunakan untuk adonan yang sedang di mixer
Material : stainles steel
Cleaning: di cuci dengan sabun lalu di bilas dengan air bersih




Meat hammer




Function : untuk memipihkan daging
Material : besi, kayu, plastik
Cleaning: di cuci dengan sabun lalu di bilas dengan air bersih




Thermometer






Function : untuk mengukur suhu makanan
Material : stainles steel dan fiber
Cleaning : di lap menggunakan napkin/serbet bersih

Rabu, 21 Agustus 2019

EQUIPMENT UTENSIL



Equipments and Utensil ~



Freezer



Berfungsi sebagai alat untuk menyimpan makanan berupa daging, ayam, ikan dan lainnya. Bermaterial aluminium atau baja lembaran logam kadang2 dilapisi
How To Cleaning : Gunakan lap kering

Source : https://www.currys.co.uk/gbuk/household-appliances/refrigeration/freezers/logik-l200cfw18-chest-freezer-white-10174945-pdt.html 



Warmer




Digunakan untuk menjaga suhu penyajian makanan siap saji. Bermaterial Stainless stell
How To Cleaning : Lap dengan menggunakan kain kering
Source : https://www.lelong.com.my/electric-food-warmer-showcase-cabinet-curve-glass-mytoolsmarketing-187520275-2018-01-Sale-P.htm



Tilting Pan





Berfungsi untuk menggoreng, atau membuat suatu masakan yangjumlahnya cukup banyak. Bermaterial stainless steel
How To Cleaning : Gunakan air dan lap kering
Source : https://www.katom.com/301-30PSTEL2403.html


Daily Activity (English Version)


Day Report!!


         Hello guys , welcome back to my blog again dont lazy to reading my blog yeah !! i would explain some story about my activity in kitchen Poltekpar Makassar .and i hoppped usefull for you all.


CROISSANT

 

   Okay guys ! before we practic  as usually we must oneline fisrt and received materi about croissant and sour dough bread from Mr.ical. then we prepared to all ingridients croissant and sour dough bread with my group ( 3 person one group) me ,ainul, and miftah . i prepared ingridients for croissant and my friends prepared ingridients sour dough bread.




                                              






Sourdough bread is made by the frementation of dough using naturally occurring lactobacilli and yeast .Sourdough bread has a more sour taste and better inherent keeping qualities than breads made with baker's yeast,due to the lactic acid produced by the lactobacilli.





In the Encyclopedia of Food Microbiology, Michael Gaenzle writes: "The origins of bread-making are so ancient that everything said about them must be pure speculation. One of the oldest sourdough breads dates from 3700 BCE and was excavated in Switzerland, but the origin of sourdough fermentation likely relates to the origin of agriculture in the Fertile Crescent several thousand years earlier ... Bread production relied on the use of sourdough as a leavening agent for most of human history; the use of baker's yeast as a leavening agent dates back less than 150 years





Croissants and other viennoiserie are made of a layered yeast - leavened dough. The dough is layered with butter, rolled and folded several times in succession, then rolled into a sheet, in a technique called laminating. The process results in a layered, flaky texture, similar to a puff pastry. oke guys that is all and thank you.






SOUR DOUGH BREAD

                                   


   

Daily Aktivitas (Versi Indonesia)


Day Report!!

      Asslamualaikum teman-teman jumpa lagi berasama saya yang akrab disapa dinymoo, dengan berbagai cerita mengenai aktivitas saya yang ada dikitchen dan saya harap teman-teman ga akan pernah bosen yaa!!

SOUR DOUGH BREAD



             Sebelum produk seperti biasa kami oneline terlebih dahulu ,diberi arahan oleh pak ical selaku dosen yang incharge dan juga membagi kelompok agar area kerja dapat teratur. Tidak hanya itu berbagai arahan yang diberikan oleh pak ical , dimulai dari kebersihan hingga produk untuk hari ini dan semoga ilmunya bermanfaat , dapat kita lihat seperti pada gambar di bawah ini !




                                              

    Jadi tuh kali ini kami sudah memasuki bagaimana cara pembuatan sour dough bread,dan croissant ,dimana sebelumnya kami sudah ditugaskan untuk uji coba dalam pembuatan biang dari sour dough sendiri . karna biangnya sudah jadi maka sekarang kita akan membuat rotinya guys! dan untuk kali ini juga saya nggak sendiri guys ,saya juga ditemani oleh dua rekan saya mereka ada Ainul dan Mifta guys . Senang sekali bisa berkaliborasi dengan mereka . Disini kami langsung membuat 2 produk , secara otomatis kami berbagi tugas dimana mereka menyiapkan bahan untuk croissant dan saya menyiapkan bahan untuk sour dough .Teman yang saya maksud dapat kita lihat pada gambar di bawah ini guys !



Roti sourdough adalah roti yang dibuat dengan menggunakan fermentasi ragi liar tanpa penambahan ragi instant maupun bread improver. ragi ini dapat dibuat dari tepung gandum, buah-buahan bahkan sayur-sayuran dengan cara difermentasi sebelum dijadikan biang sourdough.

roti yang terbuat dari ragi liar alami lebih sehat, mudah dicerna, harum dan kaya rasa karena selama proses fermentasi yeast liar mengubah senyawa pada roti menjadi senyawa sederhana yang lebih mudah diserap tubuh, sehingga tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan. hal ini dapat menghemat enzim berharga yang ada di dalam tubuh. Selain itu mikroorganisme juga menambahkan banyak gizi dan nutrisi dari enzim yang dihasilkan oleh yeast liar selama proses fermentasi. enzim-enzim ini dapat meningkatkan kesehatan dan bersifat anti-kolestrol, anti-kanker dan anti-oksidan . Keuntungan lain dari roti ragi alami adalah daya simpan roti lebih lama karena yeast liar dan mikroorganisme menghasilkan senyawa antibakteri dan meningkatkan keasaman sehingga roti dapat disimpan lebih lama.



Nah sekarang kita beralih ke croissant nih guys yang bentuk unik seperti keong tapi tidak beracun wkwkwk , jadi roti ini dikenal dengan sebutan croissant dan berasal Perancis. Kue atau roti ini dibuat dari adonan tepung terigu, mentega, telur dan ragi. Karena itu adonannya berlapis tipis karena lemak digilas berlapisan dengan adonan tepung. Di bakery banyak dijual croissant. Ada yang polos, berisi cokelat, keju, atau almond. Pilihlah yang bentuknya bundar menggembung dan bagus sebagai tanda adonannya terbentuk bagus.








   Ga banyak sih guys cerita saya hari ini seperti biasa saya selalu menikmati aktivitas yang saya lakukan di kitchen Poltekpar Makassar ini. Terimakasih sampai jumpa di blog selanjutnya .