Selasa, 22 Oktober 2019

Daily Activity (Versi Indonesia)




Day Report!!






Halo Sobat blogger jumpa lagi bersama saya dinymoo yang akan menceritakan serta berbagi kepada kalian semua tentang apa saja yang saya lakukan dikitchen pada hari ini ,semoga bermanfaat yaa guys . okw ke baiklah setelah kemarin kami sudah menyelesaikan tugasdari pak Ical untuk membuat tape baik tape singkong maupun ketan. nah dalam pembuatan ini kita dibagi perkelompok dimana saya bersama Intan rekan saya sendiri yang sudah kami sepakati bersama bahwa Intan yang membuat Tape ketan dan saya yang membuat Tape singkong. untuk proses kalian bisa melihat blog saya pada bagian other. Untuk hasil singkong saya sendiri kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini !!






Nah hasil dari tape singkong ini akankami buat menjadi Apang Paranggi ,langsung aja yaa guys. jadi pertama siapkan bahan terlebih dahulu seperti pada gambar dibawah. Kue Apang Paranggi adalah kue khas Sulawesi Selatan yang menggunakan gula merah dan bumbu spekuk dalam campuran bahannya.

Cara Membuat
1. Remas-remas tapai singkong, gula merah, dan gula pasir hingga tercampur rata.
2. Masukkan air kelapa dan air, remas-remas sampai adonan halus. Saring dan buang ampasnya.
3. Campur air tapai dan tepung beras. Uleni selama 15 menit, hingga adonan mengembang. Masukkan santan, aduk rata.
4. Panaskan mangkuk cetakan dalam dandang yang telah diolesi minyak goreng secukupnya. Tuang adonan ke dalam cetakan.
5. Kukus selama 15 menit. Angkat dan sajikan.




 KUE APANG PARANGGI 




Apang paranggi. Kue tradisional khas Sulawesi Selatan ini terbuat dari perpaduan gula merah dan bumbu spekuk yang disatukan dalam campuran bahannya. Kue cemilan ini juga cocok sekali disajikan sebagai makanan suguhan dalam acara syukuran atau sekedar kumpul keluarga. Biasanya kopi atau teh hangat yang menjadi teman santapan kue ini. Bahan-bahan untuk membuat kue apang paranggi ini cukup mudah di cari atau anda bisa membelinya di pasar dekat rumah anda. Cara membuat kue apang paranggi ini juga cukup mudah kok, asalkan anda benar-benar menyimak resep ini dan penuh kesabaran dalam membuatnya pasti hasilnya tidak akan mengecewakan. Baiklah kalau begitu tidak perlu penjelasakan yang panjang lebar lagi ya hehehe. Bagi anda yang mungkin ingin mambuatnya di rumah untuk sajian cemilan keluarga.





Jadi salah satu bahan utama dari Kue apang paranggi ini ialah tape singkong yang sudah saya campurkan dengan air kelapa dan saya diamkan selama 1 malam guys . Tape singkong sendiri merupakan tape yang dibuat dari singkong yang difermentasi.Makanan tradisional ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur.Di Jawa Barat, tape singkong dikenal sebagai peuyeum (Bahasa Sunda).

Pembuatan tape melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tape (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Pada dasarnya tape adalah makanan matang setelah melalui proses kukus atau rebus. Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tape biasa, yang basah dan lunak; dan tape kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan. Tape kering populer di daerah Priangan utara (Purwakarta dan Subang), dan dikenal sebagai buah tangan khas dari daerah ini .






Tape adalah salah satu jenis olahan makanan asli khas Indonesia. Beberapa daerah yang terkenal dengan olahan tape adalah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa daerah lain. Tape merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan. Nama tape didasarkan pada jenis bahan baku utama seperti tape singkong dan tape ketan. Tape banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang lembut, lezat, manis dan juga ada rasa khas yang tidak ditemukan dari makanan lain.






Tape adalah jenis makanan yang termasuk dalam makanan fermentasi. Tapi memiliki rasa yang sangat manis dan mengenyangkan. Selain itu tape mengandung alkohol karena telah diolah dengan proses fermentasi. Tapi akan dibuat dengan berbagai macam dasar metode yang sama namun pengemasan yang berbeda.

Tape singkong dari Jawa Barat akan dibuat dari bahan singkong dalam bentuk utuhan. Sementara tape singkong dari Bondowoso, Jawa Timur dibuat dalam bentuk potongan dan ditempatkan dalam tempat khusus seperti anyaman bambu. Baiklah guys ,itulah tadi sedikit penjelasan dari saya yang juga menutup perjumpaan kita kali ini .Terimakasih dan sampai ketemu diblog selanjutnya .Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar