Rabu, 26 September 2018

Celebes Buffet ( Mid Test)

Day Report !!





         Hi guys !! Kembali lagi bersama saya diny wahdini yang akan menceritakan seluruh kegiatan saya selama berada dalam kitchen . Ya , hari ini saya memasuki giliran Mid Test bersama teman group saya yang dimana kami telah menyiapkan bahan-bahan yang akan kami gunakan hari ini . Hari ini saya menangani appafizer (makanan pembuka) ialah Jalangkote'
Adapun bahan yang saya prepare salah satunya seperti gambar di bawah ini !!












        Kemudian Saya lanjut membuat Lawa Pakis sebagai pendamping makanan utama sesuai dengan perintah pak Jayadi .
Menikmati Kapurung, makin terasa nikmatnya jika disajikan dengan ikan bakar dan sayur Lawa Pakis. Jika di tempat kerja diadakan acara makan , maka menu ini yang selalu direquest buat disajikan. Selama ini buatan Lawa pakis yang paling enak ya buatan mama, campurannya pas enak banget. Yang kedua di Rumah makan Aroma Lampia kab Luwu Timur, pasti abis tidak tersisa kalo makan ke sana. Selain lawa sayur, sebenarnya ada juga Lawa Ikan. Dimana ikan dimatangkan dengan cuka, dan air Jeruk.


Rasa Lawa Pakis Khas Palopo Luwu ini asem, manis, pedis dan gurih. Dengan tambahan gorengan kelapa menambah gurih dan wangi pada masakan ini. Cara membuatnya . Adapun gambar yang saya abadikan !!









   Ada lagi yang penting guys !! Pemerintah kota Makassar menetapkan 10 ikon kuliner tradisional khas Makassar. Satu di antaranya adalah Jalangkote. Catatan sejarah yang dihimpun Dinas Pariwisata Makassar melalui Bidang Destinasi, beberapa waktu lalu, menyebutkan, Jalangkote' ini merupakan salah satu jenis jajanan khas Makassar. Jalangkote berasal dari kata 'jalang' yang berarti jalan dan “kote’” yang berarti berkotek-kotek atau teriak. 


Jalangkote’ dulunya dijajakan oleh anak kecil yang berjualan keliling dari rumah ke rumah sambil berjalan kaki.Hal inilah yang menyebabkan makanan ini disebut jalangkote. Sekilas, jajanan ini mirip dengan pastel. Perbedaannya terletak pada kulitnya. Kulit Pastel biasanya lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote.


Awalnya isian jalangkote adalah daging cincang yang ditumis bersama potongan ubi jalar putih yang dipotong kecil berbentuk dadu dan toge.


Kunci kenikmatan jalangkote’ terletak pada sambalnya yang terbuat dari air cuka, air sisa tumisan isian Jalangkote’, bawang putih, gula, cabe besar untuk memberikan warna, dan cabai kecil untuk sensasi rasa pedas. Sekian dari saya , semoga bermanfaat wassalamualaikum wr.wb







Tidak ada komentar:

Posting Komentar