Rabu, 05 September 2018

Local foods



Kapurung




Kapurung adalah makanan khas masyarakat Palopo Sulawesi Selatan.
Selama ini orang mengenal Coto Makassar sebagai salah satu jenis kuliner paling favorit di Makassar Sulawesi Selatan. Memang kelezatan Coto Makassar sudah terkenal seantero negeri kita karena rasanya yang lezat dengan bumbu kaldu sapi yang kental. Namun sebenarnya ada satu lagi jenis makanan khas yang hanya bisa anda jumpai di Sulawesi Selatan yaitu Kapurung.




Kapurung adalah makanan khas di Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya hanya ditemukan di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Bagi anda orang jawa memang jenis makanan ini sangat asing namun bagi anda petualang kuliner yang ingin tahu bagaimana rasanya merasakan makanan berbahan dasar sagu maka kapurung adalah makanan yang patut untuk dicoba.


Sumber
http://resepnasidansambal.blogspot.com/2015/01/resep-kapurung-makanan-khas-palopo.html?m=1


Rendang





Rendang adalah masakan daging dengan cita rasa pedas yang diolah dengan memakai campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah. Untuk menghasilkan rendang daging dibutuhkan proses memasak dengan cara memanaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa. Membutuhkan waktu berjam-jam (kurang lebih sekitar 4 jam) untuk menyelesaikan proses memasaknya, yaitu hingga daging dan bumbunya menjadi kering dan berwarna hitam pekat. Masakan rendang mampu tahan hingga berminggu-minggu (dalam suhu ruangan).


Anda dapat membeli rendang daging di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini terkenal dan populer di Indonesia bahkan di negara-negara Asia Tenggara lainnya, yaitu: Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah Minangkabau (daerah asal usul masakan ini), rendang disajikan di berbagai upacara adat dan acara istimewa. Rendang memang adalah masakan tradisional asal Minangkabau, namun masing-masing daerah di Minangkabau memiliki resep rendang daging, teknik memasak dan juga penggunaan dan pemilihan bumbu yang tidak sama.


Masakan rendang ini telah dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki urutan pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia versi CNN International), tepatnya pada tahun 2011.




Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan rendang daging ini. Tahukan Anda bahwa kebanyakan rendang yang sering Anda temukan di rumah makan pada saat ini sudah tidak murni lagi cita rasanya. Karena telah banyak dilakukan modifikasi pada cara memasak dan resep bumbu rendang daging-nya. Tentunya Anda berminat untuk merasakan masakan rendang padang dengan cita rasa asli Minang. Kali ini kami akan menyajikan resep rendang daging padang dengan cita rasa yang asli.




Sumber : https://m.merdeka.com/gaya/resep-masak-rendang-daging-padang-kln.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar