Senin, 02 September 2019

Daily Aktivitas (Versi Indonesia)





Day report !






             Asslamualaikum sobat blogger yang semoga sehat selalu , jumpa lagi bersama aku dinymoo yang baik hati . Nah, sekarang saya akan membuat kue Pia favorit saya ini guys , yang biasanya beli 500/ biji sekarang udah boleh buat nih saya yakin salah satu dari sobat blogger merasakan hal yang sama dengan saya . Kali ini kami ga oneline kami membagi kelompok dan kemudian berbagi tugas , entah kenapa kali ini saya sangat bersemangat guys karena ini makanan fav saya baiklah saya akan mencoba buat sendiri . yuk ikutin saya terus yaa!!!






Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari campuran kacang ijo dengan gula, yang dibungkus dengan tepung , lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian , yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia , makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Bakpia termasuk salah satu makanan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk (Pathok), Yogyakarta sehingga dikenal dengan sebutan Bakpia Pathuk. Mengingat masyarakat Yogyakarta mayoritas beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.

Di kampung Pathuk, dulunya penduduk tidak mengenal istilah "merek", sehingga bakpia yang dijual hingga saat ini berlabel "nomor rumah produsen", misalnya nomor 75, 25, 531, 125, dan lain sebagainya. Lalu muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, seperti Djava, Ayu, Vista, dan lain-lain.

Lezatnya dan khasnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia bisa didapatkan di toko bakpia atau toko yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta.

Ada lebih dari 100 merek bakpia. Di antara bakpia yang sering dicari oleh pembeli ialah Bakpia Kurniasari, Bakpia 145, Bakpia 75, Bakpia 25, Bakpia Merlino, Bakpia Djava, Snack It Pia 100 (biasanya dijual di minimarket terkemuka), dan Bakpia Kencana. Masing-masing merek memiliki ciri khas yang unik.






Salah satu bakpia yang paling banyak diproduksi oleh pengrajin bakpia karena tingginya permintaan konsumen adalah bakpia kacang hijau. Bahan baku utama dalam pembuatan bakpia kacang hijau adalah kacang hijau, tepung terigu, minyak kelapa sawit, mentega, air, gula pasir, vanili dan garam. Menurut Purwono dan Hartono (2008) kacang hijau merupakan sumber protein nabati, vitamin (A, B1, C dan E), serta beberapa zat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti amilum, besi, belerang, kalsium, minyak lemak, mangan, magnesium, dan niasin. Bila dilihat dari kandungan proteinnya, kacang hijau termasuk bahan makanan sumber protein kedua setelah susu skim.






Tepung terigu sering disebut juga tepung gandum. Gandum adalah bahan dasar dalam pembuat tepung terigu. Sampai sekarang tidak ada bahan lain sebagai pengganti gandum untuk membuat terigu, karena gandum adalah satu-satunya jenis biji-bijian yang mengandung gluten. Gluten merupakan protein yang tidak larut dalam air, mempunyai sifat elastis seperti karet, dan merupakan kerangka yang bagus sebagai bahan dasar pembuatan roti, kue, dan lain-lain. Fungsi terigu adalah sebagai kerangka dalam pembuatan kue kering, pembentukan tekstur, dan kerenyahan adonan .





Tepung terigu sering disebut juga tepung gandum. Gandum adalah bahan dasar dalam pembuat tepung terigu. Sampai sekarang tidak ada bahan lain sebagai pengganti gandum untuk membuat terigu, karena gandum adalah satu-satunya jenis biji-bijian yang mengandung gluten. Gluten merupakan protein yang tidak larut dalam air, mempunyai sifat elastis seperti karet, dan merupakan kerangka yang bagus sebagai bahan dasar pembuatan roti, kue, dan lain-lain. Fungsi terigu adalah sebagai kerangka dalam pembuatan kue kering, pembentukan tekstur, dan kerenyahan adonan .

Air merupakan bahan yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan menjadi komponen penting dalam bahan makanan karena air dapat mempengaruhi penampakan, tekstur, serta cita rasa pada makanan. Selain itu, air berfungsi sebagai pendispersi berbagai senyawa yang ada di dalam bahan makanan dan berfungsi sebagai pelarut (Winarno, 2004). Menurut Rahzarni (2009), air berfungsi sebagai pelarut gula pasir, garam dan bahan lainnya hingga merata. Air juga berfungsi memperkuat gluten, dan mengatur kekenyalan adonan. gula juga berfungsi sebagai pengawet karena memili sifat higroskopis. Kemampuannya menyerap kandungan air dalam bahan pangan ini bisa memperpanjang

masa simpan (Saparinto dan Hidayati, 2006). Menurut Rahzarni (2009), gula selain untuk bahan pangan juga berfungsi sebagai penambah cita rasa dan sebagai bahan pengawet pada bahan pangan. 







Vanili adalah tanaman pangan penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Vanili bubuk merupakan produk tumbuhan vanili yang sebenarnya berasal dari vanilla bean yang telah dihaluskan. Tujuannya adalah agar mudah mencampurkannya langsung sebagai bahan baku kue ataupun minuman sesuai takaran resep yang ada. Bahan utama lainnya adalah garam. Menurut Rahzarni (2009), garam berfungsi sebagai penambah cita rasa, menjaga tekstur dari produk yang dihasilkan, membantu dalam mengontrol adonan, membangkitkan aroma dan pembentukan gluten. Garam dapur bersifat higroskopis sehingga mampu menarik air keluar dari jaringan. Garam juga mampu membangkitkan rasa makanan.  Semoga bermanfaat sobat . Wassalam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar