Selasa, 03 September 2019

Daily Aktivitas (Versi Indonesia)





Day Report!!







Assalamualaikum sobat blogger , jumpa lagi dengan aku ,semoga ga bosen yaa, langsung saja , jadi seperti kemarin bila ada kawan saya yang gagal atau belum smpurna kita tidak diperkenankan untuk pindah materi . Yup betul sekali guys hari ini kita kembali lagi membuat bakpia guys seperti yang tertera pada gambar dibawah ini .!!! Proses pengolahan bakpia dimulai dengan persiapan bahan baku. Persiapan bahan adalah kunci utama dalam proses pengolahan. Bahan–bahan yang akan digunakan disiapkan dan dilakukan penimbangan sesuai dengan formulasi yang telah ditetapkan.







Dalam dunia industri, baik industri jasa maupun barang, kualitas adalah faktor yang membawa keberhasilan bisnis, pertumbuhan dan peningkatan posisi bersaing. Kualitas suatu produk dapat diartikan sebagai derajat atau tingkatan dimana produk dan jasa tersebut mampu memuaskan keinginan dari konsumen.

Tekstur adalah suatu sifat atau kondisi fisik dan morfologi bahan hasil pertanian yang meliputi tingkat kekerasan, keempukan, kelenturan, kekenyalan, dan kehalusan bahan. Tekstur dalam hal tingkat kekerasan dan keempukan bahan ada hubungannya dengan kandungan bahan dan kandungan air, dimana komponen dalam bahan pangan menentukan tekstur yang terbentuk sedangkan kandungan air yang tinggi menyebabkan tekstur lebih lembek dibanding dengan kandungan air yang rendah.

Pada saat baru diproduksi, mutu produk dianggap dalam keadaan 100%, dan akan menurun sejalan dengan lamanya penyimpanan atau distribusi. Selama penyimpanan dan distribusi, produk pangan akan mengalami kehilangan bobot, nilai pangan, mutu, nilai uang, daya tumbuh, dan kepercayaan. Hal inilah yang akan mempengaruhi bagaimana daya simpan dari suatu produk sehingga dapat dikatakan menjadi produk rusak.






Bakpia adalah panganan khas, autentik, dan unik. Bakpia ternyata gak cuma Bakpia Pathuk saja, ada Bakpia "Pia" Semarang dan Bakpia Pangli Surabaya.

Bakpia adalah bukti nyata perkawinan budaya makanan antara makanan Cina dan Jawa. Dari kata "bakpia" saja kita bisa mengetahui, kata "ba" itu sendiri berarti daging babi. Seperti kata bakso, bapau, dan bacang, aslinya makanan makanan ini terbuat dari daging babi, tetapi sekarang sudah diadaptasi dengan kondisi masyarakat Nusantara maka diganti dengan daging atau nabati yang bisa dikonsumsi masyarakat Nusantara. Sedangkan pia berarti kue. Di Cina sendiri, bakpia adalah kue berisi daging babi, berukuran besar, yang ditimbang terlebih dahulu sebelum dibeli .





Setelah migrasi besar dari Cina abad ke 18, terjadilah akulturasi budaya Cina dan lokal di Nusantara. Makanan adalah wujud paling nyata dari akulturasi tersebut dan dekat dengan kita setiap hari. Bakpia yang semula menggunakan daging babi, diadaptasi menggunakan kacang hijau dan kacang merah. Kwik Sun Kwok adalah seorang pengusaha Tionghoa pelopor pembuatan bakpia di Jawa pada tahun 1940 an, racikannya ini sangat digemari masyarakat Jawa. Racikannya kemudian dikembangkan di Kampung Pathuk, Yogyakarta, sehingga dikenal sebagai Bakpia Pathuk. Sekian dulu guys !sampai ketemu lagi .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar