Jumat, 16 November 2018

INGREDIENTS FOOD


M E N T E G A


  • History 




    Mentéga adalah makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol.
Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, kebalikan dari krim. Mentega tetap padat saat didinginkan, tetapi meleleh secara konsisten pada suhu kamar / suhu ruangan.
Mentega hampir sama dengan roombutter tetapi roombutter adalah mentega yang wanginya tajam dan berwarna putih.

Sejarah Mentega

     Pada tahun 1813, di sebuah lab kimia, seorang ilmuwan Prancis Michel Eugene Chevreul menemukan sejenis asam lemak yang dia sebut acide margaruite. Karena wujudnya yang berupa endapan berkilauan seperti mutiara, makanya dia menamainya sesuai kata Yunani margarites, yang berarti "pearly - seperti mutiara." Tapi Kaisar Napoleon III menginginkan pengganti margarin dengan harga lebih murah. Maka dia mengadakan sayembara, disediakan hadiah bagi siapa saja yang bisa menciptakan pengganti yang sepadan tapi lebih murah. Masuklah ahli kimia Prancis Hippolyte Mège-Mouriès. Pada tahun 1869, Mège-Mouriès menyempurnakan dan mematenkan sebuah campuran lemak sapi dan susu yang menghasilkan substitusi dari margarin, karenanya dia pun memenangkan hadiah dari sang Kaisar. Hore.

      Masih jauh. Produk baru yang diberi nama "oleomargarine" itu sulit dipasarkan. Pada tahun 1871, Mège-Mouriès mendemonstrasikan prosesnya bagi perusahaan Belanda yang mengembangkan metodenya dan membantunya dalam memasarkan margarin. Pengusaha-pengusaha Belanda ini menyadari bahwa jika margarin bakal menggantikan butter maka ia harus kelihatan seperti butter, dan mereka pun mulai mewarnai margarin, yang aslinya putih, menjadi kuning butter.

      Sayangnya Mège-Mouriès tidak diperlakukan istimewa atas penemuannya itu. Dia bahkan meninggal dalam keadaan miskin pada tahun 1880. Perusahaan Belanda yang mengembangkan resepnya pun bekerja cukup baik bagi perusahaan itu sendiri, yang mana, Jurgens, akhirnya menjadi perusahaan pembuat margarin dan sabun terekenal di dunia yang kemudian menjadi bagian dari Unilever.


  • Nutrient Content




Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Mentega :

Nama Bahan Makanan : Mentega
Nama Lain / Alternatif : Butter
Banyaknya Mentega yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Mentega yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %


  1. Jumlah Kandungan Energi Mentega = 725 kkal
  2. Jumlah Kandungan Protein Mentega = 0,5 gr
  3. Jumlah Kandungan Lemak Mentega = 81,6 gr
  4. Jumlah Kandungan Karbohidrat Mentega = 1,4 gr
  5. Jumlah Kandungan Kalsium Mentega = 15 mg
  6. Jumlah Kandungan Fosfor Mentega = 16 mg
  7. Jumlah Kandungan Zat Besi Mentega = 1 mg
  8. Jumlah Kandungan Vitamin A Mentega = 3300 IU
  9. Jumlah Kandungan Vitamin B1 Mentega = 0 mg
  10. Jumlah Kandungan Vitamin C Mentega = 0 mg
  11. Khasiat / Manfaat Mentega : - (Belum Tersedia)

Huruf Awal Nama Bahan Makanan : M
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.


  • Function 



Berikut adalah beberapa manfaat jika mengkonsumsi mentega:

1. Sumber Antioksidan
Mentega kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, mengkonsumsi mentega juga dapat mencegah melemahnya arteri dan saraf. Kehadiran mentega juga diyakini dapat membangun sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih kuat.

2. Kaya Akan Vitamin K
Manfaat mentega selanjutnya yaitu dapat mengobati masalah seperti osteoporosis dan arthritis karena mentega mengandung vitamin K. Di sisi lain, mentega juga berkhasiat mengatasi nyeri sendi pada wanita serta memperkuat otot.

3. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah, Serta Melawan Kanker
Mentega mengandung vitamin A, vitamin E, selenium yang berperan sebagai antioksidan sehingga membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker juga mengganggu kesehatan jantung  dan pembuluh darah. Senyawa lecithin yang terdapat pada mentega juga membantu metabolisme kolesterol dan jenis lemak lainnya. Hal ini dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.

4. Mencegah Infeksi Jamur
Mentega kaya akan asam laurat yang berfungsi untuk mencegah infeksi jamur pada tubuh. Selain itu, makanan ini juga berguna untuk mencegah terhadap infeksi seperti kurap.

5. Menyehatkan Mata
Manfaat mentega berikutnya yaitu dapat menyehatkan mata karena kaya akan vitamin A. Di samping itu, mengkonsumsi mentega juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tiroid dan mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon.


  • Characteristic 




1.   Kemasan
Mentega adalah produk yang peka terhadap perubahan suhu, cahaya, dan aroma, karenanya mentega selalu dikemas dalam kertas alumunium, kaleng, kertas berlapis lilin, atau karton tebal. Kemasan ini dirancang khusus agar tidak mudah tembus cahaya, panas, dan aroma tajam. Pilihlah mentega yang kemasannya tidak cacat, robek, penyok dan berjamur.
2.   Aroma
Aroma mentega terbentuk dari berbagai senyawa kimia seperti diasetil, lakton, butirat, dan laktat. Mentega yang baik harus bebas dari bau rasa tengik, pahit dan asam. Pilihlah mentega yang aromanya segar, kuat, dan khas mentega.
3.   Warna
Warna mentega yang baik adalah antara kuning muda atau pucat hingga kuning tua. Warna ini dari betakaroten krim atau kepala susu yang dipakai. Jika susu yang digunakan berasal dari sapi yang diberi pakan biji-bijian dan banyak mengandung betakaroten, maka warna mentega akan sangat baik. Pilih mentega berwana kuning merata. Warna yang tidak merata pertanda adanya bakteri atau mikroba yang mulai merusak mentega.
4.   Tekstur
Tekstur mentega harus lembut, semipadat mirip lilin. Jika berminyak atau lengket, berarti mentega sudah tidak baik.



Daun Kunyit



History :

Bentuknya agak panjang dan seperti daun bambu, tetapi tipis, dengan warna hijau muda. Berguna untuk mengurangi bau amis bahan yang dipakai dan menimbulkan aroma segar.  Daun kunyit biasanya dimasukkan kedalam masakan yang bersantan, seperti rendang atau gulai. Ini  berguna untuk membuat makanan yang bersantan agar tahan lebih lama dan juga bisa membantu menetralisir kandungan lemak jenuh yang ada di masakan tersebut. Penggunaan daun kunyit biasanya disobek-sobek atau diikat dan dimasukkan dalam tumisan atau masakan.


Kandungan Gizi Pada Kunyit :



Nama Bahan Makanan : Kunyit
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Kunyit yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kunyit yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 78 %
Jumlah Kandungan Energi Kunyit = 63 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kunyit = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kunyit = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kunyit = 9,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kunyit = 24 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kunyit = 78 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kunyit = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kunyit = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kunyit = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kunyit = 1 mg


Function :



1. Mencegah Penuaan
Kunyit yang dihaluskan untuk dijadikan sebagai bahan bedak ternyata mampu memerangi tanda penuaan.
Cara pemakaian : ambil beberapa bubuk kunyit, air hangat, dan campur hingga berbentuk pasta. Kemudian pakai ke tubuh Anda dan biarkan mengering. Lalu bersihkan dengan air hangat.

2. Obat jerawat
Kunyit dapat mengurangi bekas luka dan radang serta membuat sekresi minyak di bawah kontrol.
cara pemakaian : siapkan bubuk kunyit, beberapa tetes jus lemon dan air. Campur semuanya hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ke daerah yang tempat yang bermasalah dan biarkan selama 15 menit. Pada akhirnya gosok dengan lembut bersama air biasa.

3. Mencegah Ketombe dan Rambut Rontok
Penelitian menunjukkan bahwa kunyit bisa meremajakan kulit kepala. Gunakanlah bubuk kunyit untuk kulit kepala yang berketombe dan gatal.

4. Mengatasi Tumit Retak
Bagi yang mengalami tumit retak, kunyit dapat mengatasi hal tersebut. Gunakan satu sendok teh minyak kelapa dengan satu sendok bubuk kunyit. Oleskan campuran ini pada tumit retak 10 menit sebelum mandi.

5. Obat kolesterol (lipiton atau atorvastatin)
Studi 2008 yang diterbitkan jurnal obat menemukan fakta, kurkuminoid dalam kunyit menurunkan peradangan dan stres oksidatif pada pasien diabetes tipe 2.

6. Obat steroid (kortikosteroid)
Studi pada 1999 yang diterbitkan Phytotherapy Research menemukan, polifenol utama dalam kunyit yang bewarna kuning bermanfaat untuk mengobati uveitis anterior kronis dan penyakit inflamasi mata.
Studi pada 2008 yang diterbitkan Critical Care Medicine menemukan, curcumin pada kunyit menjadi terapi alternatif untuk melindungi transplantasi paru-paru.

7. Antidepresan
Studi 2011 yang diterbitkan jurnal Acta Poloniae Pharmaceuticamenemukan, curcumin bisa mengurangi perilaku depresi.

8. Pengencer darah (aspirin)
Studi 1986 yang diterbitkan jurnal Arzneimittelforschung menemukan, curcumin bermanfaat bagi pasien yang rentan terhadap trombosis vaskular.

9. Obat anti-inflamasi
Studi 2004 dalam jurnal Onkogen menunjukkan, curcumin menjadi alternatif pengganti aspirin, sulindac, fenilbutazon, naproxen, indometasin, diklofenak, deksametason celecoxib, dan tamoxifen dalam mengerahkan aktivitas anti-inflamasi dan anti-proliferasi terhadap sel tumor.

10. Obat kemoterapi (Oxaliplatin)
Studi 2007 yang diterbitkan International Journal of Cancer menemukan, curcumin mengurangi risiko kanker.

11. Obat diabetes (Metformin)
Studi 2009 yang diterbitkan Biochemitry and Biophysical Research Community menunjukkan, curcumin berkhasiat mengobati diabetes, meningkatkan penyerapan glukosa, dan menekan produksi glukosa dalam hati dalam sel hepatoma. Menariknya, curcumin memiliki 100 ribu kali kekuatan untuk melakukannya.

12. Mencegah Alzheimer
Dalam kunyit terdapat kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang akan bermasalah dengan ingatan dan cara berfikir.

13. Mengobati Tifus
Anda bisa membuat obat tifus dengan kunyit, caranya yakni dengan menumbuk 2 rimpang kunyit yang dicampurkan dengan 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto. Setelah halus tambahkan 1 gelas air matang, saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

14. Mencegah kanker
Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel. Selain itu terdapat juga kandungan kurkumin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker perut, kanker usus, dan kanker kulit.

15. Mengurangi resiko diabetes
Kandungan kurkumin dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Sehingga membuat kandungan kadar glukosa dalam darah anda bisa dikendalikan, dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes.

16. Mencegah anemia
Anemia merupakan penyakit kurangnya sel darah merah. Salah satu penyebab anemia yakni kurangnya zat besi, karena zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah tersebut. Untuk menghindari anemia anda bisa mengkonsumsi kunyit secara rutin.

17. Melancarkan pencernaan
Kandungan minyak atsiri dan kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.



Daun Pandan




History :

        Bentuknya panjang, ramping sering digunakan untuk mengharumkan masakan, minuman, dan kue. Selain itu, daun pandan merupakan salah satu sumber pewarna hijau alami. Penggunaan daun ini biasanya disobek-sobek, diikat, atau ditumbuk dan diambil airnya. Misalnya untuk pembuatan kolak, bubur kacang hijau, dan dawet. Kandungan kimia daun pandan adalah alkaloid, saponin, flavoida, tanin dan polifenol. ini membuat daun pandan mampu untuk mengatasi ketombe, rambut rontok, reumatik, darah tinggi, selain itu daunpandan juga dapat menambah nafsu makan.

Nutrient content :



Kandungan     Kandungan per 100 g
Calories           24
Total Fat          0 g
Saturated         0 g
Polyunsaturated          0 g
Monounsaturated        0 g
Trans   0 g
Cholesterol      0 mg
Sodium            0 mg
Potassium        0 mg
Total Carbs      6 g
Dietary Fiber   0 g
Sugars 0 g
Protein 35 g
Vitamin C       0,00%
Vitamin A       0,00%
Iron     0,00%
Calcium           0,00%
*Percent Daily Values are based on a 2000 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs.

Function :



Beberapa manfaat dari daun pandan yang menyehatkan dan baik dalam tubuh’yaitu ;

1.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
     Jika anda mendapati tanda-tanda gejala hipertensi, sebaiknya segera diatasi. Anda hanya perlu merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minum dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal

2. Menurunkan Kolesterol
   Selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi rebusan daun pandan wangi akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Meringankan gejala rematik
   Ambilah daun pandan yaang masih segar dua atau tiga lembar. Kemudian cuci dan iris kecil-kecil. Siapkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan dan sedu daun pandan dengan minyak tersebut. Aduk sampai rata, kemudian setelah dingin dapat digunakan sebagai minyak gosok pada bagian tubuh yang sakit.

4. Sebagai obat penenang
     Jika kesulitan tidur, anda bisa memanfaatkan daun pandan. Kandungan zat taninnya memberikan efek ketenangan seperti pada manfaat coklat, sehingga dapat membantu cepat tidur. Caranya, ambillah daun pandan sebanyak dua lembar, cuci dan iris kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas, kemudian saring. Tunggulah hingga dingin dan minumlah sekaligus.

5. Menambah Nafsu Makan
    Untuk mengembalikan nafsu makan, Anda bisa membuat teh rebusan daun pandan wangi. Caranya, rebus daun pandan dengan air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun pandan ke dalam sebuah gelas, lalu tambahkan madu atau gula secukupnya. Teh pandan hangat yang nikmat akan segera mengembalikan selera makan Anda. Selain menambah nafsu makan, wangi dari teh rebusan daun pandan sangatlah menggoda.

6. Mengobati Panu
     Tidak hanya mengganggu penampilan, panu juga bisa membuat tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Untuk mengatasi panu, Anda perlu terlebih dahulu menghaluskan daun pandan. Setelah itu, peras airnya, lalu beri garam secukupnya. Minum satu kali sehari selama tiga hari.

7. Menurunkan Demam
     Demam bisa menyerang siapa saja, orang dewasa hingga anak-anak. Demam biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Orang yang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk menurunkan demam, Anda bisa meminum air seduhan daun pandan. Setelah itu, panas tubuh Anda akan segera turun dengan perlahan.

8. Mencegah Kanker
     Tanpa kita sadari, sembarangan mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan tubuh menyimpan racun-racun berbahaya. Meminum teh daun pandan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun itu. Selain itu, teh pandan wangi juga ampuh menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

9. Mengatasi sembelit
      Sembelit merupakan tanda kurangnya serat atau cairan tubuh. Konsumsi jus daun pandan saat pagi dan malam hari dapat mengobatinya.Tak cuma jus, tehnya juga berkhasiat baik bagi kesehatan.Caranya rebus beberapa lembar daun pandan dan minum air rebusan selagi hangat.

10. Mengatasi Kram perut
       Masalah perut seperti kram bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus atau teh pandan. Tanaman ini baik untuk masalah pencernaan.

11. Menetralkan racun
     Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, tapi teh daun pandan juga bisa. Tak cuma menetralkan tapi membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar