Minggu, 24 Februari 2019

Describe Some Foods#2

Describe Foods in Penang !!!







  • Rojak 

                                         



     
Rojak merupakan juadah salad tradisional yang mengandungi pelbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran. Biasanya ia dihidang bersama dengan banyak pes udang, walaupun ia mungkin tidak sesuai untuk sesetengah orang yang tidak tahan dengan rasa hanyirnya. Di Malaysia terdapat empat jenis rojak iaitu rojak buah, rojak Penang, rojak sotong kangkung dan rojak India.
Rojak buah biasanya mengandungi hirisan timun, nanas, sengkuang, tauge dan tauhu goreng. Kuah rojak pula diperbuat dengan belacan, air, gula, jus limau nipis, cili dan ditabur dengan kacang tanah yang dikisar.

      Rojak Penang agak sama dengan rojak buah, kecuali ditambah dengan ramuan seperti jambu batu, jambu air, mangga dan sotong goreng. Kuah rojak ini pekat seakan karamel.
Rojak sotong kangkung merupakan satu makanan popular di seluruh Malaysia dan boleh didapati di banyak gerai makanan. Rojak ini mengandungi sotong, kangkung, timun, tauhu, kacang, cili dan sos.
Rojak India juga dikenali sebagai rojak mamak atau pasembor, disaji dengan kuah kacang pekat berasa manis pedas. Kandungan rojak ini termasuk kentang rebus, telur rebus, tauge dan timun. Terdapat juga rojak India yang mengandungi tauhu, cucur goreng, udang goreng ataupun sotong.
Rojak adalah juadah harian yang boleh didapati di restoran, kedai mamak, trak makanan malah di gerai tepi jalan sahaja.


                 

Rojak (ejaan Melayu ) atau Rujak (ejaan bahasa Indonesia) adalah hidangan salad buah dan sayuran tradisional dari Asia tenggara, yang biasa ditemukan di Indonesia , Malaysia , dan Singapore. Selain merujuk pada hidangan salad buah ini, istilah rojak juga berarti "campuran" atau "campuran eklektik" dalam bahasa sehari-hari.



Rujak tersedia di mana-mana di seluruh Indonesia, dan ada banyak variasi di dalam negeri. Namun, varian rujak yang paling populer adalah rujak buah , yang dicampur dengan irisan buah dan sayuran yang disajikan dengan saus gula aren pedas. Tidak seperti salad buah biasa, rujak sering digambarkan sebagai salad buah yang pedas dan pedas, karena sausnya yang manis, panas dan pedas terbuat dari cabai bubuk  , gula aren, dan kacang tanah. Ini adalah ongkos jalanan yang populer di Bali .


Rujak Indonesia biasanya dibuat dari bahan-bahan segar, terutama buah-buahan dan sayuran. Rojak di Malaysia dan Singapura, bagaimanapun, sebagian besar pengaruh India, Dicampur dengan tahu goreng, cracker, cruller dan fritter . Rujak biasanya merupakan hidangan vegetarian yang tidak mengandung produk hewani, kecuali saus manis dan tajam yang mungkin mengandung pasta udang . Meskipun demikian, beberapa resep mungkin mengandung makanan laut atau daging. Rojak di Malaysia dan Singapura biasanya mengandung sotong ( sotong  ), sedangkan resep rujak tertentu di Indonesia mungkin mengandung makanan laut atau daging.


Sejarah

Asal usul rujak tidak jelas, dan ada sejumlah varian rujak di Asia Tenggara, terutama di Indonesia dan Malaysia. Ada kemungkinan bahwa sejak zaman kuno, penduduk asli kepulauan Melayu telah mengkonsumsi buah-buahan tropis musiman yang rasanya asam — terutama apel jawa , kedondong  , dan mangga muda — bersama-sama dengan gula aren dan garam , untuk mengurangi rasa asamnya. Di Indonesia, tanaman buah tertentu memiliki musim berbuah sendiri, biasanya pada akhir musim kemarau hingga musim hujan , sehingga waktu panen buah biasanya bertepatan dengan waktu rujak di desa-desa Indonesia. Spesies buah yang secara musiman diantisipasi untuk pesta rujak adalah mangga, jawa, dan kedondong.


Rujak adalah salah satu hidangan tertua, dan makanan paling awal yang diidentifikasi secara historis dari Jawa kuno. Itu disebut sebagai rurujak dalam prasasti Taji Jawa kuno (901 M) dari era Kerajaan mataram di Jawa Tengah. Orang jawa di Indonesia telah memasukkan rujak ke dalam upacara pranatal mereka yang disebut Naloni Mitoni . Menurut tradisi setempat, mangga muda dan buah-buahan asam lainnya sangat diidam-idamkan oleh wanita hamil, tampaknya sebagai padanan acar di Barat.


Pengenalan cabai dan kacang panas dan pedas mungkin telah terjadi selama era kolonial awal di abad ke-16, karena produk ini dibawa oleh pedagang Spanyol dan Portugis dari Amerika. Disarankan bahwa rujak mungkin terkait dengan gado - gado di Indonesia, sedangkan rojak di Malaysia dan Singapura menunjukkan pengaruh India dengan saus kacang berwarna oranye sebagai saus untuk adonan goreng dan kentang. Di Indonesia, rujak adalah ongkos tradisional, dijual di pasar tradisional, warung  , atau gerobak gerobak keliling oleh penduduk setempat ; khususnya orang Jawa, Sunda dan Bali . Di Malaysia, rojak dikaitkan dengan warung Mamak, yang merupakan pabrik makanan Muslim Malaysia,India, di mana mahab rojak adalah salah satu tarif populernya. Di Singapura, rojak biasanya dijual oleh pedagang asongan Cina. Saat ini, mereka dijual di sebagian besar pusat jajanan di kota.



Signifikansi budaya


Di Indonesia, di antara orang Jawa , rujak adalah bagian penting dari upacara prenatal tradisional yang disebut tujuh bulanan (secara harfiah: bulan ketujuh). Ritual itu dimaksudkan untuk berharap ibu menjadi persalinan yang aman, lancar dan sukses. Buah rujak spesial dibuat untuk kesempatan ini, dan kemudian disajikan kepada calon ibu dan tamunya, terutama teman-teman wanitanya. Diketahui secara luas bahwa rasa manis, pedas dan asam dari rojak dipuja oleh wanita hamil. Resep rujak untuk upacara ini mirip dengan rujak buah khas Indonesia, dengan pengecualian bahwa buah-buahan secara kasar diparut dan bukan diiris tipis, dan bahwa jeruk bali ( jeruk bali / jeruk bali merah muda) merupakan bahan yang penting. Dipercayai bahwa jika keseluruhan rujak rasanya manis, yang belum lahir adalah perempuan, dan jika pedas, bayi yang belum lahir itu laki-laki.


Mangarabar, atau pembuatan rujak, adalah acara khusus bagi penduduk wilayah Batak Mandailing di Tapanuli, Sumatera Utara , Indonesia, setelah panen. Biasanya seluruh desa akan terlibat dalam membuat dan mengkonsumsi rujak. Di Malaysia dan Singapura, istilah "rojak" juga digunakan sebagai ungkapan sehari-hari untuk campuran eklektik, khususnya sebagai kata yang menggambarkan karakter multi-etnis masyarakat Malaysia dan Singapura.





  • Roti Canai
                                       
  

                                            

               

        Roti Canai adalah sejenis roti leper India yang boleh didapati di kebanyakan kedai mamak di Malaysia. Kedai mamak terkenal dengan makanan India dan dijayakan oleh imigran Tamil Muslim yang telah lama menetap di Malaysia. Roti Canai juga dikenali sebagai ‘roti terbang’ kerana proses lemparan dan pusingan sebelum dimasak. Selain itu, Roti Canai juga dikenali sebagai penkek India. Biasanya Roti Canai dihidang bersama dengan kuah kacang dhal, atau aneka jenis kari di kedai mamak seperti kari ikan, kari ayam, kari kambing dan sebagainya. Ia juga boleh dihidangkan dengan gula pasir yang sesuai kepada individu yang menggemari makanan manis.
Selain itu, terdapat banyak pilihan Roti Canai lain seperti Roti Telur, Roti Tisu yang nipis, roti bawang, roti telur bawang, roti pisang, roti planta yang sering dihidang dengan gula pasir, dan banyak lagi.

 Jadi kalau kita ke Indonesia food ini sama dengan kulit pangsit maupun kerupuk pangsit ,seperti itulah yang saya tahu .mungkin ada nama lain .tapi inilah definisi perbedaan yang saya temukan,semoga bermanfaat sobat.





  • Chee Cheong Fun

   

             Chee Cheong Fun adalah sejenis makanan mee gelung. Ia merupakan makanan Kantonis dan berasal dari China selatan dan Hong Kong. Di Malaysia dan Singapura, Chee Cheong Fun biasanya dihidang dengan sos soya manis berwarna hitam. Chee Cheong Fun versi Pulau Pinang pula menggunakan pes udang, berwarna hitam, berasa manis dan pekat seperti karamel.

 Di Ipoh, satu lagi daerah yang popular dengan makanan di Malaysia, Chee Cheong Fun biasanya dihidang dengan dua cara, kering atau bersos. Versi kering sering dihidangkan dengan bijian, sos soya, bawang goreng, minyak bawang, sos cili dan jeruk cili.Versi bersos pula dihidangkan dengan kuah kari dan cendawan. Sesetengah lokasi mungkin mempunyai variasi cara penghidangannya. Anda dapat menikmati Chee Cheong Fun di mana-mana jua sekitar Malaysia.

kalo yang satu ini saya belum dan ga sempet  nyoba guys ,berhubung terlalu mencintai pekerjaan jadi susah ngatur waktunya ya! tapi ini juga salah satu food yang famous di Penang (Malaysia) . Kalau bisa kesini lagi saya akan menyempakan mencoba ini .



             

Equipment and Utensil (Hotel Sentral Seaview)



Kitchen Equipment and Utensil

        Some Tools Hotel Sentral Seaview !!

   





1.      Warmer Coffee and Tea


                                                       

Function : Kompor penghangat kopi dan teh dengan dua tungku kanan-kiri .
Material : For body (stainless steel) , and heater (plate)
Cleaning : Dusting with wet napkin.



2. Cereal Bowl


                                   
              



Function : for put the cereal
Material : Chinaware
Cleaning : clean it with hot water , and dusting with napkin


3.  Slip Round Tray






Function :  As a place food and drink for serve to the guest .
Material :  Fiberglass
Cleaning : Clean with soap and water ,already we dusting  with napkin.




Senin, 18 Februari 2019

Equipment And Utensil In (Restaurant)




Kitchen Equipment and Utensil

      Beberapa tools kitchen Hotel Sentral Seaview yang telah saya abadikan dikamera Hp saya !






1.      Deep Fryer




Function : For fraying foods in plenty of oil
Material : Stainless steel
Cleaning : wash with soap and water and dry well



2.Sharpening Steel




Function : For Sharpening Knives
Material : Stainless Steel
Cleaning : clean it with warm water and wet napkin


3.      Stainless Steel Single Juice Dispenser





Function : as a place of juice
Material : Stainless steel and glass
Cleaning : Clean with soap and water ,already we rapping with napkin.













Minggu, 17 Februari 2019

Activities ( On The Job Trainee)


OJT AKTIVITIES



      Hello everyone , berjumpa lagi diblog saya yang semoga dapat kalian ambil manfaatnya ! hehehe
well , kembali lagi saya akan menceritakan apa saja yang saya lakukan di malaysia penang selama hampir 2 minggu ini , setelah kemarin saya telah menceritakan apa saja yang diberikan dan siapa- siapa saja yang menjadi penanggung jawab atas OTJ penang ini . Firstly i say thanks to menager Madam Ana and Hrd Mr.co yang telah memberikan saya kesempatan untuk menghandled Kitchen and FB service, saya sangat senang dan menikmati tugas yang diberikan dimana tidak semua teman saya yang bisa menangani sekaligus 2 departement seperti saya ini . Awalnya saya berfikir dan merasa sedih karena saya tidak bisa sepenuhnya mempelajari kitchen, namun setelah beberapa hari saya menjalaninya saya cukup enjoy dan lebih bersemangat . 5 orang teman saya sempat merasa ibah karena melihat betapa sulitnya saya menjalani tanggung jawab tersebut . saya hanya memberi mereka motivasi agar tetap fokus pada tanggung jawab masing- masing .

 




   Selain hari kerja terkadang saat offday saya juga tetap masuk kerja pada bagian kitchen untuk menambah ilmu , dan untungnya lagi saya memiliki chef yang begitu bersemangat mengajari saya dan memperhatikan saya layaknya bapak saya sendiri .




Dalam beberapa hari ini saya sudah pandai membuat Roti Jala , Nasi Lemak , Sambal Balacan ,Sambal Kari , dan Sambal Pess . Selain chef  semua staff dsini juga sangat ramah dan selalu memperhatikan kami semua , teman- teman dari Banglades , India , Fhiliphina , China and Malay lokal yang kami temui disini .Selain selera makan yang berbeda ,culture dan pengalamaan mereka berbagi bersama kami .


     Sejauh ini saya sudah dapat membuat beberapa makanan Malay , membuat beberapa minuman , menghandled tamu - tamu dari berbagai macam negara yang memiliki karakter masing-masing . Pada bagian service kami juga diberi kesempatan untuk menjadi chasier dan menghandled beberapa event . Di penang ini kami juga sering di ajak berjalan-jalan bersama daddy yang memperkenalkan budaya serta bangunan-bangunan penting . Baiklah guys ! sampai dsini dulu kisah saya . Kita akan bertemu di kisah selanjutnya . See you and thanks for your attention guys .



Kamis, 07 Februari 2019

Activities (on The Job Trainee)

My Activities in Sentral Seaview #1



     Halo guys welcome to my blog again , setelah lama tidak bertemu dan sekarang saya kembali . kali ini saya sudah berada disemester 4 , so seperti yang lain saya mengikuti Praktek kerja nyata untuk menyelesaikan study .




Saya ditempatkan di Hotel Sentral Seaview Penang (Malaysia). Suatu kebanggaan diri terhadap saya dimana saya medapatkan HRD , dan menager yang very  friendly, and responsibility. semua kebutuhan menjadi tanggungan Hotel dan digaji pula . so , suatu anugrah bagi saya dan 5 orang teman saya dari jurusan Administrasi Perhotelan dan Menagement Tata Hidang .








        Namun ada juga kekecewaan bagi saya yang menjadi suatu tantangan yang harus saya jalani selama saya Trainee. YA, saya tidak ditempatkan dikitchen because dikitchen semua pekerjanya lelaki dan dari berbagai macam negara  Menager saya takut ada problem apalagi saya hanya sendiri dari jurusan yang mengambil section kithcen . Saya di tempatkan pada bagian Service (Restaurant) , karena saya tidak mudah menyerah , saya coba membujuk Menager saya yang biasa ramah dipanggil Madam ana, yang pada akhirnya beliau mengizinkan saya untuk split shift , Morning (07.00- 10.00) saya F&B Service and petang saya lanjut di kitchen (05.00 - 21.00) petang pun hanya ada 1 chef saja yang incharge karena tidak terlalu ramai jadi beliau mampu mengajarkan saya.



Namanya chef Syed ,beliau muslim, from lokal Malaysia , beliau sangat baik, beliau menyuruh saya memanggilnya pa'ci. beliau sangat ramah  mengajarkan saya apapun itu . saya diajarkan buat 'Roti Jala' , dan juga membantu beliau menghandled orderan .So very happy punya keluarga baru disini . tidak hanya itu, kami juga disini punya HRD yang kami sapa dengan daddy , beliau sangat sayang sama kami ,apaalagi karena kami semua Ladies jadi beliau sangat memanjakan kami , jika waktu off kami diajak pergi makan apapun saja yang kami mau . Dan saat bosan di bilik hotel , kami diajak keliling tempat untuk berfoto . oh, ya teman-teman saya lupa ,di hotel  tempat kami melepas penat "Speciality Room " langsung dari GM Hotel Sentral Seaview . Makan pun ditanggung oleh Hotel .

       Pemandangan belakang Hotel yang penuh dengan air laut membuat saya semakin betah Trainee di Penang ini . So tak mudah juga untuk bisa tembus kesini , saya merasakan semua itu dan terbayar saat saya sudah berada  disini . Waktunya untuk belajar biar ada bekal saat balik nanti . Baiklah teman-teman sampai ketemu di Episode selanjutnya . See you next day guys and Happy nice day .











Senin, 04 Februari 2019

Describe Some Food #1



Describe Foods !!!


  • Roti Jala

                                        


      Roti jala adalah makanan yang berasal dari 
Melayu Sumatera Utara. Biasanya makanan ini disuguhkan bersama kuah kari Melayui , di Deli makanan ini terkenal disajikan dengan kari kambing dan acar nanas. Menurut budayawan M Muhar Omtatok, roti jala merupakan makanan Melayu yang bisa saja teradaptasi dari unsur India. Roti jala juga terdapat di Kepulauan Riau dengan nama roti kirai.

Roti jala (
Jawi: روتي جالا )merupakan makananan kegemaran di Malaysia, dan juga di negara-negara ASEAN. Roti Jala ialah sejenis hidangan berbentuk jala. Roti jala dimakan bersama kuah. Bekas khas yang mempunyai beberapa lubang biasanya digunakan bagi menghasilkan roti jala yang dimasak di atas kuali leper.

Roti Jala sering kali menjadi pilihan pada perayaan istimewa dan dihidangkan dengan kari atau gulai ayam atau daging. Roti jala dinamakan sedemikian kerana bentuknya semasa dibuat seperti jala menangkap 
ikan.

Terdapat dua jenis kuah, iaitu kuah manis (terkenal di negeri-negeri pantai timur), dan kuah gulai, terutama 
gulai ayam (terkenal di pantai barat) . Tidak hanya itu ,Roti jala juga sangat laku dipasaran setiap saya menserve ke tamu tidak membutuhkan waktu lama roti jala pun habis diserbu para penikmat kuliner. Kapan-kapan saya akan mencoba membuat makanan yang sangat mudah ini ketika balik di Indonesia.

Ingridients :
  • Satu (1) kilogram tepung gandum
  • Dua (2) biji telur ayam
  • Satu (1) tin susu cair
  • Satu (1) sudu marjerin
  • Sedikit garam
  • Setitik pewarna kuning

Procedure :
  • Bancuh tepung bersama susu cair, garam, mentega dan telur. Apabila sudah sebati letakkan pewarna. Adunan tersebut mesti agak cair agar mudah dijalin. Anda juga boleh menapis adunan tersebut bagi memastikan ia tidak berketul dan menyumbat bekas jalinan. Setelah sebati, panaskan kuali yang rata dan sapukan sedikit minyak.
  • Masukkan adunan cair tersebut ke dalam bekas penjalin, atau gunakan plastik yang ditebuk lubang kecil dan kemudian layangkan tepung yang telah cair ke atas kuali rata tersebut.
  • Kemudian setelah selesai, angkat dan bolehlah digulung segi empat atau dilipat segi tiga.Bagaimana(?) sangat mudah kan sobat! selamat mencoba :).


  • Nasi Lemak 
                                            

                                                

                  
            Nasi lemak adalah jenis makanan khas Suku Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia di mana hidangan ini dianggap sebagai salah satuhidangan nasionalnya, dan Indonesia (khususnya di Riau dan Kepulauan Riau). Hidangan ini pun dapat ditemukan di Singapura danBrunei. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi.

Nasi lemak merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Kadangkala daunpandan dimasukkan ketika nasi lemak dimasak untuk menambahkan aromanya. Istilah lemak dalam Bahasa Melayu atau lamak dalamBahasa Minangkabau merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa yang melepaskan kandunganlemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah ditanak. Sir R. O. Winstedt telah menulis mengenai "nasi lemak" di Malaysia dalam bukunya "The Circumstances of Malay Life - 1909".

Nasi lemak biasanya dihidangkan dengan telur (yang direbus, digoreng mata sapi, atau didadar), irisan mentimun, ikan bilis atau terigoreng, dan sambal, cabai. Tetapi kini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk-pauk seperti tempe, tahu, petai, kacang tanah goreng,kacang panjang, sate, daging, ayam, sotong, cumi-cumi, udang, kerang, ikan, limpa, dan ataupun hati sapi, yang juga sering disertai juga dengan parutan kelapa.

Kini nasi lemak banyak dijajakan di rumah makan, warung, jajanan pinggir jalan, maupun oleh penjaja makanan keliling. Nasi Lemak lazim disebut dengan nama demikian di Semenanjung Malaya, Sumatera, Singapura dan Brunei. Sementara di Jakarta hidangan yang mirip nasi lemak dikenal dengan nama nasi uduksedangkan di Jawa Tengah dengan nama sega liwet atau nasi liwet. Di Aceh hidangan yang mirip nasi lemak disebut nasi gurih. Sedangkan di Medan hidangan yang mirip nasi lemak namun dalam porsi bungkusan yang lebih kecil dan sedikit disebut nasi perang.

Nasi lemak awalnya bukanlah satu makanan sarapan sehari-hari pada umumnya. Kebiasaan memakan nasi lemak dimulai sebagai suatu bekal makanan kepada petani-petani padi ataupun para pekerja perkebunan seperti karet, kelapa sawit, sayur-sayuran dan lain-lain.

         Nasi Lemak adalah juadah makanan Melayu, dimasak dari beras wangi bersama dengan santan kelapa dan daun pandan. Ia juga digelar sebagai juadah kebangsaan Malaysia dan sangat mudah didapati. Juadah ini juga sangat popular di negara jiran seperti Indonesia, Singapura, Brunei dan Selatan Thailand.

Nasi lemak tradisional di Malaysia biasanya mengandungi ikan bilis goreng, sambal tumis, kacang dan telur rebus. Kebanyakan gerai nasi lemak juga menyajikan nasi lemak sambal kerang dengan telur goreng, sambal sotong, ayam goreng, rendang, sambal ikan dan banyak lagi. Jika anda seorang vegetarian, anda tidak perlu risau kerana terdapat banyak restoran seperti Simple Life di Kuala Lumpur dan Yummy Garden di Jalan Ujong, Melaka yang menyajikan nasi lemak vegetarian. Restoran ini menggantikan ikan bilis dengan ikan bilis vegetarian.

Ingridients :
  1. Rice
  2. Coconut Milk and Water
  3. Onion
  4. Ginger
  5. Lemongrass
  6. Pandan leaf
  7. Salt and aromatic.
Procedure :
  1. prepared to all ingridients ,dont forget to wash.
  2. prepared steam , put rice,onion,lemongrass,ginger,pandan leaf.
  3. coconut milk and water.
  4. finally put salt and aromatic. 
  5. Selamat mencoba ,kurang lebih seperti Nasi uduk kalo kita di Indonesia yaa guys!!

  • Asam Laksa





               Asam Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa danMelayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal. Di Indonesia juga terdapat beberapa jenis laksa seperti Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Nama Laksa diambil dari bahasa Sanskertayang mempunyai arti banyak, menunjukkan bahwa mi Laksa dibuat dengan berbagai bumbu.


Jenis-jenis Laksa


Ada 3 jenis laksa pada umumnya, yaitu Laksa Kari, Laksa Assam, dan Laksa jenis lainnya.

Dari masing-masing jenis terdapat lagi sub-jenis.
Laksa kari
Laksa lemak, dikenal juga dengan nama Laksa nyonya
Laksam, berasal dari 
Terengganu
Laksa Katong dari daerah Katong di 
Singapura
Laksa assam
Laksa Pulau Pinang,juga dikenal sebagai assam laksa
Laksa Johor, berasal dari negara bagian Johor
Laksa Ipoh, berasal Ipoh, Malaysia, mirip Laksa Penang tetapi lebih asam
Laksa Kuala Kangsar
Laksa Perlis
Laksa Kedah
Laksa Kelantan
Laksa lainnya
Laksa Serawak, berasal dari Sarawak di pulau Kalimantan.
Laksa Bogor, berasal dari Bogor dan menggunakan 
oncom
Laksa Betawi, hampir mirip dengan Laksa Bogor tetapi kuah Laksa Betawi memakai udang rebon.


Laksa Palembang, yang berbahan sama seperti burgo, pada lakso bentuknya menyerupai mi. Sama halnya dengan kuah burgo, lakso juga dimakan bersama kuah santan, hanya yang membedakan kuahnya memakai kunyit dan dicampur dengan bumbu lainnya.

Laksa Banjar, memakai ikan gabus sebagai salah satu bahan-bahannya.
Laksa Jepara, memakai udang dan telur ayam
Laksa Lingga, berasal dari 
Kepulauan Riau, ada yang di goreng dan berkuah, menggunakan tepung sagu.

 Untuk laksa sendiri ,kalo Indonesia hampir sama dengan makanan khas Palopo,Sulawesi Selatan. Apalagi kalo bukan Kapurung yang  dibubuhi ikan guys , seperti yang saya rasakan bedanya cuma isi saja yang guys kalau Malaysia menggunakan laksa sedangkan indonesia Sagu atau Kanji yaa. Dan paling penting laksa Indonesia dan Malaysia itu berbeda yaa! Indonesia sendiri laksa macam bihun ,sedangkan Malaysia macam mie namun tetep tekstur dan warnanya  sama yaa putih dan licin macam kulit orang korea. hehehe!