Kamis, 31 Oktober 2019

Video



How to maked
" Lapis Legit "

https://youtu.be/tu2Rx3QRpSE

Local Market




Visit Local Market !!


'' Pasar  Cambaya''




Assalamualaikum sobat bloggerku kali ini kami akan survey di Pasar Cambaya dengan bahan makanan minimal 15 item . Hari ini saya dan beberapa teman saya melakukan survey dibawah ini adalah hasil survey kami . Semoga bermanfaat guys .


TABEL INGRIDIENTS 
















Jumat, 25 Oktober 2019

Describe Ingridients!!




PANDAN





       Pandan merupakan segolongan tumbuhan monokotil dari genus Pandanus. Sebagian besar anggotanya merupakan tumbuh di pantai-pantai daerah tropika. Anggota tumbuhan ini dicirikan dengan daun yang memanjang (seperti daun palem atau rumput), seringkali tepinya bergerigi. Akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang menopang tumbuhan ini. Buah pandan tersusun dalam karangan berbentuk membulat, seperti buah durian. Ukuran tumbuhan ini bervariasi, mulai dari 50cm hingga 5 meter, bahkan di Papua banyak pandan hingga ketinggian 15 meter. Daunnya selalu hijau (hijau abadi, evergreen), sehingga beberapa di antaranya dijadikan tanaman hias. 


Nutrisi :



Manfaat :

Beberapa jenis pandan berguna bagi kehidupan manusia:

Pandan wangi daunnya digunakan sebagai pewangi dan pewarna makanan, juga komponen dekorasi dan pewangi ruangan.
Pandan duri, daunnya yang dikeringkan dipakai sebagai bahan baku anyaman, baik untuk tikar maupun topi pandan.
Buah merah, dari Pulau Papua yang buahnya dikenal berkhasiat sebagai obat atau suplemen yang menyehatkan tubuh.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pandan#Kegunaan


ANGGUR 






           Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.



Manfaat :

Mencegah kanker. Anggur merah kaya akan kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. ...
Melawan penuaan dini. ...
Menjaga kesehatan otak. ...
Meredakan gejala alergi dan peradangan. ...
Menyeimbangkan kadar kolesterol.



Nutrisi :


Anggur, merah atau hijauNilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18.1 g
- Gula 15.48 g
- Serat pangan 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Tiamina (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
Niasin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) 0.05 mg (1%)
Vitamin B6 0.086 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 2 μg (1%)
Vitamin B12 0 μg (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 μg (21%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Zink 0.07 mg (1%)



https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-anggur-merah-bagi-kesehatan
https://id.wikipedia.org/wiki/Anggur




KEMANGI





     

     Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat. 


Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkeh dan rasanya pahit.

Manfaat :

Dirangkum dari berbagai sumber fungsi menonjol daun kemangi digunakan sebagai pengobatan herbal untuk menyembuhkan gangguan syaraf ringan dengan bertindak sebagai penenang alami.
Fungsi lain dari daun kemangi yang mengandung antioksidan tinggi dan sumber provitamin A menjadikan daun kemangi sebagai penangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, dan melancarkan aliran darah. Sering digunakan untuk terapi membunuh jamur penyebab keputihan pada wanita.
Pembahasan mengenai manfaat daun kemangi lebih populer digunakan untuk penghilang bau mulut dan bau badan karena kemangi adalah penghasil minyak atsiri alami. Bila ditumbuk dicampur sedikit kapur sirih bisa untuk menghilangkan panu. Sariawan hingga kanker rongga mulut juga dapat dicegah dengan mengunyah di dalam mulut, biarkan kandungan betakaroten dan senyawa lainnya bekerja dalam mulut anda.

Untuk mendapatkan manfaat daun kemangi secara efektif, sebaiknya konsumsi daun kemangi sebanyak 3-4 daun di pagi hari saat perut masih kosong. Pastikan untuk mencuci bersih daun kemangi sebelum kamu mengonsumsinya

Nutrisi :
Kandungan dalam daun kemangi didominasi oleh zat-zat yang mudah menguap terutama minyak atsiri sehingga memberikan cita rasa dan aroma yang khas. Daun kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung provitamin A dan antioksidan tinggi. Berikut adalah daftar gizi yang terkandung dalam tanaman basil.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi
https://sumbergizi.wordpress.com/2016/10/22/manfaat-dan-kandungan-nutrisi-daun-kemangi/

Famous Foods!!

1.Kimochix





Snack ayam crispy taiwan ini sudah tidak asig lagi kan ditelinga kalian! Anak jaman now pasti suka banget sama jajanan yang satu ini . Rasanya yang gurih bikin kita ketgihan nih guys, belum lagi harga yang terjangkau sangat cocok untuk kalangan pelajar. Saat ini kimochix dapat kalian temukan di event-event Fenomenal khususnya di wilayah makassar sendiri guyd . Dada ayam geprek yang dibalut renyahnya tepung tapioka ,kemudian di beri bubuk khas sesuai selera membuat lidah kalian bergoyang guys .bila udah ga tahan silahkan di follow IGnya @kimochix.chicken . BURUANNN GUYSS!!


2.Pempek






Pempek atau empek empek adalah makanan khas palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji secara salah kaprah sering disebut sebagai "tepung sagu "), serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa penganan pempek pusatnya adalah di Palembang karena hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.


Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang; ada yang menjual di restoran, ada yang di pinggir jalan, dan juga ada yang dipikul. Tahun 1980-an, penjual biasa memikul satu keranjang penuh pempek sambil berjalan kaki berkeliling menjajakan makanannya.



Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Tionghoa ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Baharuddin II berkuasa di kesultanan Palembng-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan apek atau pek-pek, yaitu sebutan untuk paman atau lelaki tua Tionghoa.


Berdasarkan cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi yang belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Ia kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.


Namun, cerita rakyat ini patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan bangsa Portugis ke Indonesia pada abad 16, sementara bangsa Tionghoa telah menghuni Palembang sekurang-kurangnya semenjak masa Sriwijaya. Selain itu velocipede (sepeda) baru dikenal di Perancis dan Jerman pada abad 18. Dalam pada itu Sultan Mahmud Badaruddin baru dilahirkan tahun 1767. Walaupun begitu memang sangat mungkin pempek merupakan adaptasi dari makanan Tionghoa seperti bakso ikan, kekian atau pun ngohiang.


Pada awalnya pempek dibuat dari daging ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut lalu diganti dengan ikn gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.


Pada perkembangan selanjutnya, beberapa jenis ikan sungai lainnya juga dapat digunakan, misalnya ikan putak ,toman ,dan bujuk .Dipakai juga jenis ikan laut seperti tenggiri, kakap merah,parang-parang,ekor kuning,dan ikan sebelah.Bahkan ada juga yang ikan dencis,ikan lele serta ikan tuna putih.


Penyajian pempek ditemani oleh kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merwh,ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar Pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Pelengkap yang lain untuk menyantap penganan khas ini adalah mentimun segar yang diiris dadu dan mie kuning.






Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu pempek yang diisi dengan telur ayam dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (berisi irisan pepaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.


Dari satu adonan pempek, ada banyak makanan yang bisa dihasilkan, bergantung baik pada komposisi maupun proses pengolahan akhir dan pola penyajian. Di antaranya adalah laksan,tekwan,model,celimpungan dan lenggang. Laksan dan celimpungan disajikan dalam kuah yang mengandung santan; sedangkan model dan tekwan disajikan dalam kuah berisi kepingan jamur kuping,kepala udang,bengkuang, serta ditaburi irisan daun bawang ,seledri dan bawang goreng dan bumbu lainnya. Varian baru juga sudah mulai dibuat orang, misalnya saja kreasi pempek keju ,pempek baso sapi, pempek sosis serta pempek lenggang keju yang dipanggang di wajan anti lengket, serta sekarang warga Palembang pun membuat pempek dengan bahan dasar terigu dan nasi sebagai pengganti ikan.


Kamis, 24 Oktober 2019

EQUIPMENT UTENSIL



Equipments and Utensil ~


Self Cooking Center rational

Berfungsi untuk membake secara otomatis dengan mengatur waktu dan suhu oven. Bermaterial tainless Steel
How To Cleaning : Menggunakan air sabun dan kain bersih
Source : https://www.rational-online.com/en_xx/SelfCookingCenter%C2%AE






Fusion chef


Berfungsi untuk memasak dengan menggunakan teknik sous vide. Bermaterial stainless steel dan menggunakan mesin
How To Cleaning : Lap menggunakan kain bersih
Source : https://www.fusionchef.de/en/about-us






Wood Burning Pizza Oven


Berfungsi untuk emanggang Pizza. Bermaterial bat vata



How To Cleaning : Menggunakan spons, air sabun dan kain bersih
Source : https://www.tripadvisor.co.uk/LocationPhotoDirectLink-g186543-d1307974-i254677795-Redcliffe_Bar_and_Restaurant-Inverness_Scottish_Highlands_Scotland.html


Daily Activities (English Version)

Day Report!!


Hello blogger friend, let's look at the continuation of yesterday's story where we made Mille crepes with the kimochix group. And because yesterday we already prepared everything so now all we will do is just finish it, guys. as seen in the picture below the process of making additional toping because yesterday the toping wasn't enough.




For topping itself here we use barongko dough, so barongko is a typical food of Bugis - Makassar made from mashed bananas, eggs, coconut milk, sugar, and salt. Then wrapped in a banana leaf and then steamed. When it's done, place it in the refrigerator.


In the past, Barongko was served as a dessert for the Bugis kings. It is also often presented during traditional events such as circumcision, marriage, marriage, thanksgiving and so forth. Even though Barongko is still usually served at traditional parties. In addition, Barongko can still be found during Ramadan as a menu for breaking the fast. To make this Barongko must be done by people who are experienced. With the aim to maintain the quality of taste and delicacy that is typical of Barongko. That's why Barongko is not easy to find in the market.



Crêpe is a thin pancake made from wheat and is a very popular food throughout Europe and elsewhere. The main ingredients are flour, eggs, milk, butter, and salt. There are two types of crêpe, namely sweet crêpe made from wheat flour and salted crêpe made of buckwheat flour.




Crêpe originates in Bretagne, a region in western France, where crêpe is referred to as kramphouezh. However, consumption of crêpe is now widespread throughout France. Buckwheat comes from China. and after spreading to Eastern Europe developed into a type of food called Blinzt.

Crepe can be rolled or folded, and can also be filled with a variety of contents. Crêpes can be eaten with any food if it is marinated, and filled with cheese, asparagus, ham, eggs, ratatouille, mushrooms, or other meat products.

Sweet Crêpe can be used as a dessert. Crêpe can be filled with various types of sweet foods: jam, melted chocolate, milk, ice cream, berries, nuts, cinnamon, and so on. As a topping or top it can be used sugar (powder), lemon juice, whipped cream, cut fruit, etc. A typical crêpe from France and Belgium is Crêpe Suzette, a crêpe with a little shredded orange peel and liqueur liquor (usually Grand Marnier) which is then heated.

It is also quite common to roll or fold crêpe, then fry, bake or disaute, unlike blintz, although the preparation is similar. In France, crêpe is usually served traditionally at Candlemas (La Chandeleur), on February 2.






Well after it's time for your friend's evaluation by Pak Ichal as the lecturer who is watching !!!!

After making Mille crepes and judging by pak ical and sharing what we will add or replace if we make it a second time. But Pak Ichal himself said that Mille Crepe from the kimochix group passed and there were no repetitions. After that I continued to make the nation's children according to the roling name agreed upon by all classmates and this time I would make Mie titi buddy. Humm Nyam .. Nyam ..


Mie Titi is a culinary cuisine native to Makassar (Sulawesi). Did you know that Mie Titi is quite famous in Makassar. Mie Titi's popularity is not only in its area, but it has spread to big cities in Indonesia such as in Jakarta.

To make titi noodles, the ingredients needed include eggs, meat, meatballs, cornstarch, beef liver, shrimp, vegetables, and so on. It is said that the origin of Titi noodles was originally made by Ang Kho Tjao who is a citizen of Chinese descent who lives in Makassar. Ang Kho Tjao then passed down these culinary recipes to his three children and made Mie Titi become famous since the 1970s. Ang Kho Tjao provided knowledge about recipes for his three children, namely Hengky, ‘Awa, and Titi.




After Ang Kho Tjao died, the dry noodle business was continued by his children independently. Titi is the most popular in Makassar, hence the name "Mie Titi" has become synonymous with Makassar dry Makassar noodles. There are 4 popular Dried Noodles in Makassar, namely Titi Noodles, Awa Noodles, Hengky Noodles, and Anto Noodles.


By far the most well known to the archipelago is titi noodles ... Until now there have been several branches in Makassar and even as far as Jakarta. It is said that the taste of titi noodles is quite special and will not be found in other noodles. The price is quite competitive, so far this article is made for 1 portion of titi noodles sold for 15 thousand to 20 thousand rupiah. wkwkw and tradaaaa this is the titi noodles that we have made friends.









Daily Activities (Versi Indonesia)




Day Report!






Halo Sobat blogger mari kita simak bersama kelanjutan cerita kemarin dimana kita membuat Mille crepes bersama kelompok kimochix .Dan karena kemarin kita udah persiapkan segala sesuatunya jadi sekarang yang akan kita lakukan hanya finishing aja yaa guys . seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini proses pembuatan toping tambahan karena kemarin topingnya ga cukup ya sobat .






Untuk toping sendiri disini kami menggunakan adonan barongko , Nah jadi barongko itu merupakan makanan khas Bugis - Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan,telur,santan,gula pasir,dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Jika sudah matang, dimasukkan kedalam kulkas.

Dahulu, Barongko disajikan sebagai hidangan penutup bagi para raja Bugis. Selain itu juga sering disajikan saat acara adat seperti sunatan, akikah ,pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Hingga kinipun Barongko masih biasa disajikan saat pesta adat. Selain itu pula, Barongko masih dapat dijumpai ketika bulan ramadhan sebagai menu untuk berbuka puasa.Untuk membuat Barongko ini haruslah dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan yang khas dari Barongko. Karena itulah Barongko tidak mudah dijumpai di pasaran.




Crêpe adalah panekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu,telur,susu,mentega,dan garam. Terdapat dua jenis crêpe, yaitu crêpe manis yang terbuat dari tepung gandum dan crêpe asin yang terbuat dari tepung buckwheat.

Crêpe berasal dari Bretagne,sebuah wilayah di Prancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh. Namun, konsumsi crêpe sekarang sudah meluas di seluruh Prancis. Buckwheat berasal dari  Tiongkok . dan setelah menyebar ke eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis yang disebut Blinzt.






Crêpe dapat digulung atau dilipat, dan dapat juga diisi dengan berbagai macam isi. Crêpes dapat dimakan dengan makanan apapun apabila ia diasinkan, dan diisi dengan keju ,asparagus,ham ,telur,ratatouille,jamur,atau produk daging lainnya.

Crêpe yang manis dapat dijadikan sebagai hidangan penutup .  Crêpe dapat diisi dengan berbagai jenis makanan manis: selai ,cokelat lelehan, susu, es krim ,buah berry,kacang,cinnamon,dan sebagainya. Sebagai topping atau atasnya dapat digunakan gula (bubuk), jus lemon,whipped cream, buah-buahan yang dipotong, dsb.Sebuah crêpe tipikal yang berasal dari Prancis dan Belgia adalah Crêpe Suzette, sebuah crêpe dengan sedikit kulit jeruk yang diparut dan minuman keras liqueur (biasanya Grand Marnier) yang kemudian dipanaskan.

Merupakan hal yang cukup umum juga untuk menggulung atau melipat crêpe, lalu digoreng, dipanggang atau disaute, tidak seperti blintz, meskipun persiappannya mirip.Di Prancis, crêpe biasanya disajikan secara tradisional pada Candlemas (La Chandeleur), pada tanggal 2 Februari.







Nah setelah selesai waktunya penilaian sobat oleh pak ichal selaku dosen yang mengawas !!!!






Setelah membuat Mille crepes dan dinilai oleh pak ical serta sharing apa saja yang akan kami tambahkan atau diganti bila akan membuat kedua kalinya . Namun dari pak ichal sendiri mengatakan bahwa Mille crepe dari kelompok kimochix lulus dan tidak ada pengulangan . Setelah itu saya melanjutkan membuat anak bangsa sesuai dengan roling name yang disepakati oleh seluruh teman kelas dan kali ini saya akan membuat Mie titi sobat . humm nyam .. nyam ..






Mie Titi adalah masakan kuliner asli Makassar (Sulawesi). Tahukah anda bahwasannya Mie Titi ini cukup terkenal di Makassar. Kepopuleran Mie Titi tidak hanya di daerahnya saja namun hingga merambah ke kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta.

Untuk membuat mie titi bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya ada telur, daging, bakso, tepung maizena, hati sapi, udang, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Konon asal muasal dari mie Titi ini awalnya dibuat oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Ang Kho Tjao kemudian mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya dan menjadikan Mie Titi mulai terkenal sejak tahun 1970-an. Ang Kho Tjao memberikan pengetahuan tentang resep untuk tiga anaknya yaitu Hengky, ‘Awa, dan Titi.







Setelah Ang Kho Tjao meninggal, bisnis mie kering dilanjutkan oleh anak-anaknya secara mandiri. Titi itu adalah yang paling populer di Makassar, maka nama “Mie Titi” menjadi identik dengan mie Makassar kering Makassar. Mie Kering Di Makassar yang terkenal ada 4 yaitu Mie Titi, Mie Awa, Mie Hengky, dan Mie Anto.

Sejauh ini yang paling terkenal hingga ke nusantara adalah mie titi…Hingga kini sudah terdapat beberapa cabang di Makasar dan bahkan hingga ke Jakarta. Konon rasa dari mie titi ini cukup istimewa dan tak kan didapatkan pada mie lainnya. Harganyapun cukup kompetitif, hingga saat tulisan ini dibuat untuk 1 porsi mie titi dijual seharga 15 ribu hingga 20 ribu rupiah. wkwkw dan tradaaaa inilah Mie titi yang sudah kami buat sobat .Selamat menikmati .







Rabu, 23 Oktober 2019

EQUIPMENT UTENSIL



Equipments and Utensil ~






Hot Food Table


Berfungsi sebagai meja dengan system panas yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan matang sebelum disajikan. Bermaterial tainless Steel
How To Cleaning : Lap dengan napkin basah dan kering
Source : https://www.katom.com/175-38002.html








Stove


Berfungsi untuk memasak bahan makanan. Bermaterial iron and stainless steel.
How To Cleaning : Lap dengan napkin
Source : https://www.maximakitchenequipment.com/en/heavy-duty-stove-4-burners-including-oven-gas.html








Walkin Chiller


Berfungsi untuk menyimpan bahan vegetable dengan jumla besar. Bermaterial stainless steel
How To Cleaning : Membersihkan body dengan napkin basah dan napkin kering
Source : https://www.sukavach.net/cold-room.html



Daily Activity (English Version)


Day Report!


Greetings friend bloggers meet again in my daily blog that may be useful for you to consume ,. this time we go into the material How to make Mille crepes with barongko topping by Kimochix Group. we should have seven permits, so there are five of us left.

for today we just prepared it tomorrow guys then we form and give toping and decorate it to make it look attractive. Seeing the layers that are so many, you might think how complicated and complicated it is to make this food. Either way, frankly that actually crossed my mind, until I postponed it and kept delaying trying it in Pete's kitchen.

For a long time, this recipe for mille crepes was perched in the draft folder of the JTT and every time my eyes stared at the title, the desire to carry out the execution was immediately stirred, but the lust suddenly extinguished when I read the process. I have not found the time and enthusiasm that is really maximal. To make this cake, both are needed.



This cake was quite trendy some time ago, and in Jakarta alone I had only tasted the tester in Gandaria City, it was indeed delicious. It's hard to buy a cake that is naturally expensive for my pocket. At that time what I thought was better for me to make it myself so that I could eat it until my stomach was bloated, rather than buying it for only a small slice at a high price. This is the mindset of people who are 'stout' like me, anything they want in large quantities and jumbo portions.

Sebenarnya tidak ada tantangan yang berat dalam membuat cake ini, cake terdiri dari crepes sejenis dadar tipis yang terbuat dari telur, susu cair dan tepung terigu, kemudian di setiap lapiasan crepes dilapisi dengan adonan krim pastry yang lembut. Proses membuat dadar inilah yang sepertinya memerlukan perjuangan agak panjang karena untuk menghasilkan satu buah cake maka anda memerlukan 20 lembar crepes.



What exactly is mille crepes cake? This cake is a classic cake from France consisting of 20 thin layers of crepes, each layer of crepes and then separated with a thin spread of French pastry cream. The word 'mille' means thousands which refer to the many layers of crepes that make up this cake. Therefore mille crepes are often also referred to as Thousand Layer Crepes Cake.

This cake is a dessert that characterizes Lady Mendl's Tea Salon in New York. Cake and pastry produced by Lady M. is famous not only because of its amazingly delicious taste but also because of its expertise in design. Mille crepes Lady M is composed of 20 sheets of super thin crepe, each layer separated by a soft pastry cream made from whipped cream.

The top surface of the cake is then sprinkled with sugar and baked to form caramel like during the process of making creme brulee (a custard-like dessert made from custard - egg mixture and milk - where the surface is covered by a layer of caramel.



The component of mille crepes consisting of crepes, pastry cream and whipped cream is actually not too special but it is how the three ingredients are formed and built that makes this cake special. So that when the fork is plugged into a slice of cake it feels like a shovel that cuts through a layer of snow. When eaten, the first taste is burning sugar and then layer by layer of sweet crepes as soft as satin.

Hmm, just reading the narration in the New York Times magazine made me drool. Well the original recipe of Lady Mendl's 20-Layer Crepe Cake from Lady Mendl's Tea Salon is of course kept secret and is a mystery to the devotees, but many later tried to make their respective versions including the ones I tried this time.

To make this cake you must first make the dough crepes first. The instructions in the original recipe of the egg should be beaten using a mixer until it is foamy and then the other ingredients are added and stirred evenly. Because I was lazy to take out the mixer, I put all the crepes ingredients in a blender and process until smooth. Alright buddy, get here first. we will continue the next day




Daily Activity (Versi Indonesia)




Day Report!!






Assalamualaikum sobat blogger berjumpa lagi diblog harian saya yang semoga bermanfaat untuk kalian konsumsi ,. kali ini kita masuk ke materi How to make Mille crepes dengan toping barongko by Kelompok Kimochix . yang seharusnya kami bertujuh izin 2 pcs jadi tinggal berlima guys.untuk hari ini kami hanya prepared saja guys esok barulah kita bentuk dan beri toping serta menghiasnya agar terlihat menarik . Melihat lapisan-lapisannya yang begitu banyak, anda mungkin akan berpikir betapa ruwet dan ribetnya membuat makanan ini. Ehem, terus terang itu sebenarnya yang terlintas di dalam pikiran saya, hingga saya menunda dan terus menunda untuk mencobanya di dapur rumah Pete. Sudah sangat lama resep mille crepes ini nangkring di dalam draft folder JTT dan setiap kali mata saya menatap judulnya maka keinginan untuk melakukan eksekusi langsung menggebu, tapi nafsu itu mendadak padam kala membaca prosesnya. Saya belum menemukan waktu dan semangat yang benar-benar maksimal. Untuk membuat cake ini, diperlukan keduanya.






Cake ini cukup nge-trend beberapa waktu yang lalu, dan di Jakarta sendiri saya pernah mencicipi testernya saja di Gandaria City, rasanya memang sedap. Berat rasanya untuk membeli sepotong cake yang alamak mahalnya buat kocek saya. Waktu itu yang saya pikirkan adalah lebih baik saya membuatnya sendiri sehingga bisa menyantapnya hingga perut kembung, dibandingkan membelinya hanya seiris kecil dengan harga mahal. Ini jalan pikiran orang 'kemaruk' seperti saya, apa-apa maunya dalam jumlah besar dan porsi jumbo.


Sebenarnya tidak ada tantangan yang berat dalam membuat cake ini, cake terdiri dari crepes sejenis dadar tipis yang terbuat dari telur, susu cair dan tepung terigu, kemudian di setiap lapiasan crepes dilapisi dengan adonan krim pastry yang lembut. Proses membuat dadar inilah yang sepertinya memerlukan perjuangan agak panjang karena untuk menghasilkan satu buah cake maka anda memerlukan 20 lembar crepes.






Sebenarnya apa sih mille crepes cake itu? Cake ini merupakan kue klasik dari Prancis yang terdiri atas 20 lapisan tipis crepes, masing-masing lapisan crepes kemudian dipisahkan dengan olesan tipis krim pastry a la Prancis. Kata 'mille' berarti ribuan yang mengacu pada banyaknya lapisan crepes yang membangun cake ini. Karena itu mille crepes sering juga disebut sebagai Thousand Layer Crepes Cake. Kue ini merupakan dessert yang menjadi ciri khas Lady Mendl's Tea Salon di New York. Cake dan pastry yang dihasilkan oleh Lady M. terkenal bukan saja karena rasanya yang luar biasa lezat tetapi juga karena kepiawaiannya dalam mendesign. Mille crepes Lady M tersusun dari 20 lembar crepe super tipis yang masing-masing lapisannya dipisahkan dengan pastry cream lembut yang terbuat dari krim kocok. Permukaan atas cake kemudian ditaburi dengan gula dan di bakar hingga terbentuk karamel seperti saat proses pembuatan creme brulee (dessert sejenis puding yang terbuat dari custard - adonan telur dan susu - dimana permukaannya ditutupi oleh lapisan karamel.






Komponen dari mille crepes yang terdiri atas crepes, pastry krim dan krim kocok sebenarnya tidak terlalu istimewa tetapi bagaimana ketiga bahan tersebut dibentuk dan dibangun yang menjadikan cake ini menjadi istimewa. Sehingga saat garpu ditancapkan ke seiris cake serasa seperti sebuah sekop yang memotong lapisan salju. Saat disantap maka yang pertama kali terasa adalah rasa gula yang terbakar baru kemudian lapis demi lapis crepes manis yang selembut satin. Hmm, membaca narasinya di New York Times magazine saja telah membuat saya meneteskan air liur. Nah resep asliLady Mendl's 20-Layer Crepe Cake dari Lady Mendl's Tea Salon tentu saja dirahasiakan dan menjadi misteri bagi peminatnya, namun banyak yang kemudian mencoba untuk membuat versi mereka masing-masing termasuk yang saya coba kali ini.


Untuk membuat cake ini pertama-tama anda harus membuat adonan crepes-nya terlebih dahulu. Instruksi di resep aslinya telur harus dikocok menggunakan mikser hingga berbusa baru kemudian bahan lain dimasukkan dan diaduk rata. Karena malas mengeluarkan mikser maka semua bahan crepes saya masukkan ke dalam blender dan proses hingga smooth. Baiklah sobat sampai disini dulu yaa . nanti kitalanjut dihari berikutnya .

Selasa, 22 Oktober 2019

EQUIPMENT UTENSIL



A. EQUIPMENT


》Working table


Meja Stainless Steel Atau Working Table – Dari berbagai perabot dan alat penting yang wajib tersedia di dapur profesional atau restoran, working table adalah salah satu yang paling esensial. Sering juga disebut dengan nama prep table, meja ini memiliki kegunaan utama yang jelas wajib dimiliki oleh semua dapur. Selain itu, penggunaan bahan stainless steel untuk jenis meja yang satu ini jelas akan membantu kelancaran proses produksi bisnis yang Anda jalankan, terutama jika bisnis Anda berkaitan dengan makanan seperti produksi roti, kue, maupun jenis makanan lainnya.


》Microwave


Microwave adalah sebuah alat elektronik yang memanaskan makanan, dengan menggunakan radiasi elektromagnetik yang berupa spektrum microwave (gelombang mikro), dalam prosesnya microwave menggunakan pemanasan dielektrik yang menyebabkan molekul dalam satu makanan akan terpolarisasi kemudian memutar dan membangun energi panas yang pada akhirnya akan menghasilkan makanan yang mengalami pemanasan dengan efisien dan cepat. Dahulu yang menemukan microwave pertama kali adalah Percy Spencer, saat itu microwave masih disebut

"Radarange". Saat itu masih menggunakan teknologi yang sama seperti yang digunakan pada radar selama Perang Dunia II, saat pertama kali dijual pada tahun 1947. Namun kemudian, pada tahun 1967 sebuah oven microwave modern yang bisa diletakkan diatas meja diperkenalkan pertama kali oleh Amana Corporation.


》Sink


Kitchen sink adalah piranti dapur yang paling sering digunakan. Tak hanya untuk tempat mencuci piring, buah dan sayuran, mencuci tangan pun kerap dilakukan di sini.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membeli kitchen sink adalah material pembuatnya. Terdapat beragam jenis material, bisa ditemui di pasaran. Memilih yang cocok, haruslah disesuaikan dengan kebutuhan, selera, dan yang tak kalah penting, budget.

Stainless steel

Stainless steel paling banyak digunakan. Terdapat beragam tingkat kepadatan stainless steel. Semakin padat, mengindikasikan kitchen sink lebih kuat dan tahan lama. Biasanya, semakin padat unsur stainless steel, semakin mahal pula harganya. Stainless steelrelatif mudah dibersihkan, serta kuat terhadap panas dan karat.