Rabu, 26 September 2018

Equipment and Utensil (Mid test)



Equipment and Utensil



1. Ice Cream Mixer







Function : Used to blend ice cream mixture

Materials : glass and plastic

Cleaning : clean the mixer with soap and rinse with water




2. Sharpening Stone




Equipment and Utensil

Function : to sharpen knifes

Materials : wheatstone

Cleaning : Clean with water after use



3. Sharpening Steel/Rod




Equipment and Utensil

Function : to sharpen knifes

Materials : stainless steel, granite, marble

Cleaning : clean it with napkin



Celebes Buffet ( Mid Test) Eng

Day Report !!





         Hi guys !! Welcome back to  my blog again and i hopped you like it guys! Because i would told you about my story in the kitchen . Today i entered to Mid Test with my group . Well , i take in the chiller to all prepared ingridients . My group handled Appatizer that is jalangkote and Lawa pakis ( kinds of Main course)  . And this is some pic the ingridients !!












    Then i make the Lawa pakis for main course  and the ingridients is vegetable pakis, coconut meat , lime , chili , and seasoning .  Usually the lawa pakis very delicious if you eaten with kapurung traditional foods from sorowako , i hooped to all can to try it. Like a picture !!





   Finally i make a jalangkote traditional foods of Makassar ( Sulawesi Selatan ) it's very famous to all people because many people like jalangkote . Told about Jalangkote , jalang is walking and kote' is scream otomaticly jalangkote is walking while you scream guys ! Wwkwkwkw
That is some my activity and i hopped usefull to all poeple . Thanks for you attention and see you again .!




Celebes Buffet ( Mid Test)

Day Report !!





         Hi guys !! Kembali lagi bersama saya diny wahdini yang akan menceritakan seluruh kegiatan saya selama berada dalam kitchen . Ya , hari ini saya memasuki giliran Mid Test bersama teman group saya yang dimana kami telah menyiapkan bahan-bahan yang akan kami gunakan hari ini . Hari ini saya menangani appafizer (makanan pembuka) ialah Jalangkote'
Adapun bahan yang saya prepare salah satunya seperti gambar di bawah ini !!












        Kemudian Saya lanjut membuat Lawa Pakis sebagai pendamping makanan utama sesuai dengan perintah pak Jayadi .
Menikmati Kapurung, makin terasa nikmatnya jika disajikan dengan ikan bakar dan sayur Lawa Pakis. Jika di tempat kerja diadakan acara makan , maka menu ini yang selalu direquest buat disajikan. Selama ini buatan Lawa pakis yang paling enak ya buatan mama, campurannya pas enak banget. Yang kedua di Rumah makan Aroma Lampia kab Luwu Timur, pasti abis tidak tersisa kalo makan ke sana. Selain lawa sayur, sebenarnya ada juga Lawa Ikan. Dimana ikan dimatangkan dengan cuka, dan air Jeruk.


Rasa Lawa Pakis Khas Palopo Luwu ini asem, manis, pedis dan gurih. Dengan tambahan gorengan kelapa menambah gurih dan wangi pada masakan ini. Cara membuatnya . Adapun gambar yang saya abadikan !!









   Ada lagi yang penting guys !! Pemerintah kota Makassar menetapkan 10 ikon kuliner tradisional khas Makassar. Satu di antaranya adalah Jalangkote. Catatan sejarah yang dihimpun Dinas Pariwisata Makassar melalui Bidang Destinasi, beberapa waktu lalu, menyebutkan, Jalangkote' ini merupakan salah satu jenis jajanan khas Makassar. Jalangkote berasal dari kata 'jalang' yang berarti jalan dan “kote’” yang berarti berkotek-kotek atau teriak. 


Jalangkote’ dulunya dijajakan oleh anak kecil yang berjualan keliling dari rumah ke rumah sambil berjalan kaki.Hal inilah yang menyebabkan makanan ini disebut jalangkote. Sekilas, jajanan ini mirip dengan pastel. Perbedaannya terletak pada kulitnya. Kulit Pastel biasanya lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote.


Awalnya isian jalangkote adalah daging cincang yang ditumis bersama potongan ubi jalar putih yang dipotong kecil berbentuk dadu dan toge.


Kunci kenikmatan jalangkote’ terletak pada sambalnya yang terbuat dari air cuka, air sisa tumisan isian Jalangkote’, bawang putih, gula, cabe besar untuk memberikan warna, dan cabai kecil untuk sensasi rasa pedas. Sekian dari saya , semoga bermanfaat wassalamualaikum wr.wb







Jumat, 21 September 2018

Ingridients Food


Ingridients Food


Jeruk Nipis




History





     Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia Dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak astiri .


Nutrient Content




     Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat  poliembrioni . Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali , di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi  atau cangkok . Buah digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.


Function






Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
1. Meningkatkan imunitas

Banyak sekali kita temui suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Nah, jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas Anda, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap bugar.
2. Menyeimbangkan pH

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut dengan pH merupakan hal penting karena merupakan faktor penentu apakah Anda sehat ataupun sakit. Ketika kandungan pH tidak seimbang maka Anda akan sakit. Jeruk nipis yang asam akan menyeimbangkan pH tubuh Anda.
3. Mencegah kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.
4. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Jeruk nipis juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
5. Membantu mengobati asam urat

Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.
6. Menurunkan kolestrol

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Caranya :
Belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya
Tambahkan 1 gelas air hangat
Minum di pagi hari saat baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh anda segera berkurang.
7. Menyehatkan ginjal

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal.
8. Menurunkan berat badan

Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh

Caranya :
Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh
1 buah jeruk nipis
Segelas air panas
Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
Konsumsilah secara rutin
9. Menjaga berat badan ideal

Cara kerjanya sama dengan poin 2, yakni jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet agar berat badan terjaga, minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari agar berat badan ideal Anda terjaga.
10. Mengobati sakit gigi  dan gusi bengkak

Anti bakteri pada jeruk nipis akan membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak.

Caranya adalah :
Peras 2 buah jeruk nipis
Campurkan dengan segelas air hangat
Lalu gunakan untuk berkumur
11. Memutihkan gigi

Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain jeruk nipis juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Caranya :
Peras 1 buah jeruk nipis
Masukkan dalam segelas air hangat
Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang

Atau :
Siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis
Sejumput garam
Campur hingga berbentuk pasta
Oleskan pada gigi
12. Meredakan radang tenggorokan

Ketika sedang mengalami radang tenggorokan tentu rasanya tidak enak karena Anda akan mengalami kesusahan untuk menelan makanan

Caranya :
Peras 1 buah jeruk nipis
Tambahkan 3 sdm madu
Minum 2 kali sehari, sekali minum 2 sdm
13. Menghilangkan bau badan atau ketiak

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika Anda mengaplikasikan deodoran pada ketika Anda. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.
14. Menghilangkan panu

Flavonoid adalah antioksidan yang kuat. Senyawa ini terdapat pada jeruk nipis. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C.

Dalam mengaplikasikannya sebagai cara untuk menghilangkan panu, Anda perlu untuk mencampur jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat , virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik.

Caranya :
1 sdm air perasan jeruk nipis
1 sdm belerang ditumbuk halus
Campurkan hingga keduanya menjadi krim
Oleskan pada panu
Diamkan sampai mengering
Lalu bersihkan dengan air hangat
Manfaat jeruk nipis untuk wajah
15. Mencerahkan wajah

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

Caranya :
Peras 1 buah jeruk nipis
Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah
Diamkan beberapa menit
Cuci muka dengan air bersih
16. Mengencangkan kulit

Selain mencerahkan wajah, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara mengencangkan wajah yang alami. Caranya pun sama dengan yang sudah dijelaskan pada poin 15.
17. Menghilangkan dan mengobati jerawat

Sifat antibiotik jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.
18. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Bagi Anda yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, Anda bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.
19. Membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam

Manfaat lainnya adalah untuk membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam dengan cara kerja yang sama pada 4 poin di atas.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut
20. Menebalkan rambut

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan.
21. Menghilangkan ketombe

Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.
22. Menebalkan alis  dan bulu mata

Anda tak perlu lagi membuang uang untuk membeli produk kecantikan hanya demi tampil dengan alis tebal dan bulu mata tebal. Anda cukup menggunakan jeruk nipis untuk mendapatkan alis dan bulu mata tebal dan panjang yang alami.




Characteristic




     Tanaman juga memiliki bentuk dan ragam yang unik antara lain : butuh rujukan memiliki bentuk bulat atau lonjong,
agar runcing di bagian pucuk buah,
berwrna hijau dan juga kekuningan,
memiliki kulit agak tebal dan sulit di buka langsung,
memiliki daging tebal dan tidak serabut bagian dalam,
bijinya berbentuk bulat oval;
memiliki rasa asam atau tidak manis


Selada





History






Selada (Lactuca sativa) adalah tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika Kegunaan utama adalah sebagai salad . Produksi selada dunia diperkirakan sekitar 3 juta ton,yang ditanam pada lebih dari 300.000 ha lahan.


Lactuca sativa, satu-satunya jenis Lactuca yang didomestikasi, merupakan tumbuhan asli lembah dari bagian timur Laut Tengah. Bukti lukisan pada pemakaman Mesir kuno menunjukkan bahwa selada yang tidak membentuk "kepala" telah ditanam sejak 4500 SM. Awalnya, tanaman ini mungkn digunakan sebagai obat, dan untuk minyak-bijinya yang dapat dimakan. Beberapa ras lokal selada, diketahui digunakan untuk diambil minyak-bijinya. Tipe selada liar sering memiliki daun dan batang yang berduri, tidak membentuk kepala dan daunnya berasa pahit, serta mengandung banyak getah.

Nutrient Content 





     Selada mempunyai kandungan mineral, termasuk iodium, fosfor, besi, tembaga, kobalt, seng, kalsium, mangan, dan potasium, sehingga selada mempunyai khasiat terbaik dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kulit luar yang hijau adalah yang paling baik. Dimasak perlahan-lahan selama 15 menit merupakan obat penderita insomnia.



Function 




Berikut adalah berbagai macam manfaat daun selada untuk kesehatan tubuh Anda:
1. Menyehatkan jantung

Tingginya kadar asam folat pada daun selada bisa membuat kita menurunkan risiko terkena stroke, penyakit arteri koroner, hingga emboli pada paru-paru. Kandungan vitamin A dan C pada selada juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah datangnya penyakit jantung.
2. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan C bisa membuat kulit semakin sehat, kenyal, dan kencang. Tak hanya itu, Manfaa selada yang kaya kandungan air akan membuat kulit terjaga kelembapan alaminya.
3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dalam selada mampu memperkuat sel imun tubuh sehingga akan lebih baik dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. Sebagai contoh, vitamin A bisa mengatasi peradangan, infeksi, hingga kerusakan sel pada tubuh.
4. Menyehatkan mata

Sudah menjadi rahasia umum jika vitamin A pada daun selada bisa mendukung kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi selada, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit seperti glaukoma, katarak, dan penurunan penglihatan pada lansia.
5. Mencegah pengeroposan tulang

Tingginya kadar vitamin K dan kalsium pada daun selada bisa membuat kita mencegah penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteoponia.


Characteristic 


tanaman ini mungkin ditekankan untuk memperoleh tanaman yang tidak berduri, lambat berbunga, berbiji besar dan tidak menyebar, tidak bergetah, dan tidak pahit. Aspek lain meliputi tunas liar lebih sedikit, daun lebar dan besar, dan membentuk kepala. Selada yang membentuk kepala adalah tanaman yang dibudidayakan agak lebih kini, yang pertama kali dinamakan sebagai "selada kubis" pada tahun 1543 .




Jeruk purut ( Jeruk Limau )



History 






       Jeruk purut, jeruk limau, limau, atau limo(Citrus × hystrix DC.) merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kaffir lime, sementara nama lainnya ma kruut (Thailand), krauch soeuch (Kamboja),'khi 'hout (Laos), shouk-pote (Burma), kabuyau, kulubut, kolobot (Filipina), truc (Vietnam) dan limau kuwit (Banjar). Jeruk rempah ini termasuk ke dalam subgenus Papeda, berbeda dengan jenis jeruk pasaran lainnya, sehingga penampilannya mudah dikenali.


Nutrient Content 






   Beberapa wewangian juga memakai minyak jeruk purut (diperoleh dari daun atau kulit buahnya) sebagai komponennya. Karakteristik minyak daunnya terutama didominasi oleh minyak atsiri (-)-(S)-citronelal (80%), sisanya adalah citronelol (10%), nerol dan limonena. Jeruk purut adalah istimewa karena pada jeruk-jeruk lainnya yang mendominasi adalah enantiomernya, (+)-(R)-citronelal (juga dapat ditemukan pada serai). Kulit buahnya memiliki komponen yang serupa dengan kulit buah jeruk nipis, dengan komponen utama adalah limonena dan β-pinena.

Nama ilmiah yang dipakai (Citrus hystrix) berarti "jeruk landak", mengacu pada duri-duri yang dimiliki batangnya



Fumction 




 

      Dalam dunia boga Asia Tenggarapenggunaannya cukup sering dan rasa sari buahnya yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan untuk mencegah rasa mual, seperti pada siomay. Ikan yang sudah dibersihkan biasanya ditetesi perasan buahnya untuk mengurangi aroma amis. Daun jeruk purut juga banyak dipakai . Potongannya dicampurkan pada bumbu pecel atau juga gado-gado untuk mengharumkan. Demikian pula dalam pembuatan rempeyek, potongan daunnya dicampurkan pada adonan tepungyang kemudian digoreng. Di Thailand, daun jeruk purut sangat populer dalam masakannya. Tom yam dan tom khaa, dua makanan berkuah yang populer, menggunakannya. Menu dari Kamboja, Semenanjung Malaya, Pulau Sumatra, Pulau Jawa, dan Pulau Bali juga menggunakan daun jeruk purut sebagai pengharum masakan.

Sebagai bumbu masak, daun maupun buah jeruk purut sukar dicari penggantinya. Kulit jeruk nipis dapat dipakai apabila terpaksa. Daunnya dapat dikeringkan untuk dipakai pada waktu mendatang namun hanya bertahan kurang dari setahun. Cara pengawetan lain yang lebih awet adalah dengan dibekukan.



Characteristic 



         Tumbuhannya berbentuk pohon kecil dengan tinggi antara 2-12 meter. Batangnya bengkok atau bersudut, agak kecil, dan bercabang rendah. Tajuknya tak beraturan. Cabang-cabangnya rapat. Rantingnya berduri, kecil, dan bersudut tajam. Daun berbentuk bulat telur, ujungnya tumpul, dan bertangkai satu.[1]Daunnya itu seperti dua helai yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepinya yang ekstrem; tebal dan permukaannya licin, agak berlapis malam. Daun muda dapat berwarna ungu yang kuat. Buahnya kecil, biasanya tidak pernah berdiameter lebih daripada 2cm, membulat dengan tonjolan-tonjolan dan permukaan kulitnya kasar; kulit buah tebal. Perbanyakan dilakukan dengan biji atau dengan pencangkokan.

Kamis, 06 September 2018

Equioment and Utensil



Equipment and Utensil!!



1.Charbroiler (equipment)

Function : to grill using charcoal
Material : Stainless Steel
Cleaning : clean it with wet napkin





2. Grapefruit Knife (utensil)

Function : knife for Grapefruit
Material : Stainless steel
Cleaning : wash with liquid dishwasher and rinse with clean water





3. Digital Timer (utensil)

Function : to count the time
Material : Stainless steel
Cleaning : just clean it with napkin


INDONESIA BUFFET (ENG)

Daily Report




    Hello guys !! Welcome again to my blog , and i hopped you like it . Last morning we started at 08 o'clock like usually. Before we started , we oneline and supervisor asked about prepared Indonesian Buffet . And today all prepared already guys . Firstly i helped my friend to handled Rujak mie away. The ingredients : egg noodle, and for the dressing : sweet soy sauce, soy sauce, garlic, and vinegar. The egg noodle then swallow in hot water. After that, I made the dressing. Sliced the garlic and mixed with sweet soy sauce, soy sauce, and vinegar.




Last, mixed the dressing with the egg noodle and garnish. The rujak mie was ready to served.



Rujak Mie

At first, there were a lot ingredients that weren’t available for making the Dojang Nakeng so we almost didn’t serve it. But then ingredients stock came, so we could make the Dojang Nakeng. First, we made the spice blend. The spice blend was made from red chillies, lime leaves, lemongrass, shallots, and garlic. Mixed using food processor. After that, the spice blend was mixed into shrimp and squid, and marinated. Next, we sauté the marinated shrimp and squid and put in the roasted grated coconut.



The Dojang Nakeng was ready to served.



Dojang Nakeng

Today, open resto started at 1 P.M. and at 12 A.M. the food were ready. So, we can took a break for awhile and sat outside the kitchen while waiting until open resto. 1 P.M. and the food was already served to restaurant. We started general cleaning right away and I was the class leader for today, so I had to checked all the chiller and freezer and wash the trash can and changed the trash bag. Also closed the kitchen’s window. 5 P.M. we checked the kitchen once again and make sure that everything was cleaned already. 5.30 P.M. we may go home.

Indonesian Buffet (IN)

Daily Report : Serving Indonesia Buffet (Indonesia Versi)

6 September 2018



     
      Kami mulai jam 8 pagi sama seperti biasanya. Sebelum memulai, kami oneline dan supervisor bertanya tentang persiapan kami hari ini, Indonesia Buffet. Dan karena semua persiapan kami sudah siap, kami bisa mulai doing segera. Pertama, tim saya membuat Rujak Mie. Bahan-bahannya: mie telur, dan untuk dressing: kecap manis, kecap asin, bawang putih, dan cuka. Mie telur kemudian direndam dalam air panas. Setelah itu, saya membuat dressing. Iris bawang putih dan dicampur dengan kecap manis, kecap asin, dan cuka.


Terakhir, campur dressing dengan mie telur dan garnish. Rujak mie sudah siap disajikan.



Rujak Mie

Pada awalnya, ada banyak bahan yang tidak tersedia untuk membuat Dojang Nakeng jadi kami hampir tidak menyajikannya. Tapi kemudian stok bahan datang, jadi kita bisa membuat Dojang Nakeng. Pertama, kami membuat spice paste. Spice paste dibuat dari cabai merah, daun jeruk, serai, bawang merah, dan bawang putih. Dicampur menggunakan food processor. Setelah itu, spice paste dicampur ke udang dan cumi-cumi, dan dimarinate. Selanjutnya, kita tumis udang dan cumi-cumi yang sudah dimarinate dan masukkan kelapa parut yang telah disangrai.



Dojang Nakeng sudah siap disajikan.


Dojang Nakeng

Hari ini, resto buka jam 1 siang dan jam 12 makanan sudah siap. Jadi, kita bisa beristirahat sebentar dan duduk di luar dapur sambil menunggu sampai resto terbuka. 13.00 dan makanan sudah disajikan ke restoran. Kami memulai general cleaning segera dan saya adalah ketua kelas untuk hari ini, jadi saya harus memeriksa semua chiller dan freezer dan mencuci tempat sampah dan mengganti kantong sampah. Dan juga menutup jendela dapur. 17.00 kami memeriksa dapur sekali lagi dan memastikan semuanya sudah dibersihkan. 17.30 kita boleh pulang.

Rabu, 05 September 2018

Local foods



Kapurung




Kapurung adalah makanan khas masyarakat Palopo Sulawesi Selatan.
Selama ini orang mengenal Coto Makassar sebagai salah satu jenis kuliner paling favorit di Makassar Sulawesi Selatan. Memang kelezatan Coto Makassar sudah terkenal seantero negeri kita karena rasanya yang lezat dengan bumbu kaldu sapi yang kental. Namun sebenarnya ada satu lagi jenis makanan khas yang hanya bisa anda jumpai di Sulawesi Selatan yaitu Kapurung.




Kapurung adalah makanan khas di Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya hanya ditemukan di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Bagi anda orang jawa memang jenis makanan ini sangat asing namun bagi anda petualang kuliner yang ingin tahu bagaimana rasanya merasakan makanan berbahan dasar sagu maka kapurung adalah makanan yang patut untuk dicoba.


Sumber
http://resepnasidansambal.blogspot.com/2015/01/resep-kapurung-makanan-khas-palopo.html?m=1


Rendang





Rendang adalah masakan daging dengan cita rasa pedas yang diolah dengan memakai campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah. Untuk menghasilkan rendang daging dibutuhkan proses memasak dengan cara memanaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa. Membutuhkan waktu berjam-jam (kurang lebih sekitar 4 jam) untuk menyelesaikan proses memasaknya, yaitu hingga daging dan bumbunya menjadi kering dan berwarna hitam pekat. Masakan rendang mampu tahan hingga berminggu-minggu (dalam suhu ruangan).


Anda dapat membeli rendang daging di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini terkenal dan populer di Indonesia bahkan di negara-negara Asia Tenggara lainnya, yaitu: Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah Minangkabau (daerah asal usul masakan ini), rendang disajikan di berbagai upacara adat dan acara istimewa. Rendang memang adalah masakan tradisional asal Minangkabau, namun masing-masing daerah di Minangkabau memiliki resep rendang daging, teknik memasak dan juga penggunaan dan pemilihan bumbu yang tidak sama.


Masakan rendang ini telah dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki urutan pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia versi CNN International), tepatnya pada tahun 2011.




Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan rendang daging ini. Tahukan Anda bahwa kebanyakan rendang yang sering Anda temukan di rumah makan pada saat ini sudah tidak murni lagi cita rasanya. Karena telah banyak dilakukan modifikasi pada cara memasak dan resep bumbu rendang daging-nya. Tentunya Anda berminat untuk merasakan masakan rendang padang dengan cita rasa asli Minang. Kali ini kami akan menyajikan resep rendang daging padang dengan cita rasa yang asli.




Sumber : https://m.merdeka.com/gaya/resep-masak-rendang-daging-padang-kln.html

INGRIDIENTS FOOD



Cabai Katokkon





History :

Jawara pedas asal Toraja bernama cabai katokkon ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Di Toraja cabai ini merupakan salah satu kekayaan lokal yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan lebih lanjut. Pasalnya, cabai katokkon ini bukan sembarang cabai, dari segi bentuknya sangat unik dan tidak seperti bentuk cabai pada umumnya.

Cabai katokkon di Tanatoraja memiliki nilai sosial sangat tinggi. Pasalnya, masyarakat setempat hanya menggunakan cabai ini sebagai bumbu masakan pada momen perayaan tertentu seperti syukuran ataupun perayaan hari besar.Salah satu sentra budi daya cabai katokkon terdapat di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara. Cabai katokkon telah resmi terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dengan nomor publikasi 055/BR/PVL/02/2014.

Nutrisi :

Mengandung Zat Minyak Atsiri Capsaicin, yaitu zat yang membuat rasanya menjadi pedas dan terasa panas di lidah. Cabai ini memiliki kandungan per 100 gram buah yang terdiri atas




16,84 mg vitamin C,

85,4% air, dan

9,2% gula.

Fungsi :




Menambah nafsu makan

Obat awet muda karena bisa memperlambat penuaan

Anti stress

Membantu mengatasi masalah persendian

Membantu menurunkan kolestrol

Membantu melancarkan aliran darah

Membantu mencegah stroke

Membantu meredakan batuk berdahak

Membantu melegakan hidung tersumbat

Membantu meredakan migrain

Cabai Rawit


History :

Cabai rawit atau cabai kathur, adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia dan Singapura ia dinamakan cili padi, di Filipina siling labuyo, dan di Thailand phrik khi nu. Di Kerala, India, terdapat masakan tradisional yang menggunakan cabai rawit dan dinamakan kanthari mulagu. Dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper.


Nutrisi :




Fungsi :

Meningkatkan sirkulasi darah

Membantu nyeri otot

Membantu detoksifikasi



Cabai Gendot





History :

Jenis cabe chinense berasal dari daerah amazon, kemudian menyebar ke Meksiko. Polong cabe chinense utuh ditemukan melekat di tingkat pra keramik di Gua Guitarrero, Peru, yang memperlihatkan umur 8500 tahun. Spesies ini kemudian didomestikasi selama beribu tahun, seiring berkembangnya kemampuan petani dalam bercocok tanam. Mereka berhasil melakukan seleksi untuk menghasilkan keturunan yang lebih besar dan pedas, sehingga pada tahun 1000 SM, jenis cabai chinense ini telah terdomestikasi dan menyebar ke seluruh penjuru Amerika Selatan dan Tengah. Setelah Columbus sampai di Kepulauan Karibia pada tahun 1492, ia membawa berbagai jenis cabe ini ke Portugis dan akhirnya ikut menyebar ke Afrika.







Fungsi :

Meningkatkan daya tahan tubuh

Baik untuk kesehatan mata

Sumber protein untuk tubuh

Pencegah penyakit Alzheimer







Nutrisi :

Vitamin C, 240% dari asupan harian yang disarankan Vitamin B6, 39% dari asupan harian yang disarankan Vitamin A, 32% dari asupan harian yang disarankan Vitamin E, 4,5 dari asupan harian yang disarankan Vitamin K, 11,5% dari asupan harian yang disarankan Zat besi13% dari asupan harian yang disarankan Tembaga 14% dari asupan harian yang disarankan Kalium 7% dari asupan harian yang disarankan



LEMON









Lemon, Citrus limon (L.) Osbeck, adalah spesies pohon cemara kecil di keluarga tanaman berbunga Rutaceae, asli Asia. Asal usul lemon tidak diketahui, meskipun lemon diperkirakan telah tumbuh di Assam (suatu wilayah) di timur laut India), Burma utara atau Cina. Sebuah studi genomik dari lemon menunjukkan itu adalah hibrida antara jeruk pahit (jeruk asam) dan sitrun. Lemon masuk ke Eropa dekat Italia selatan tidak lebih dari abad kedua, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak dibudidayakan secara luas. Mereka kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesir sekitar 700 AD. Lemon pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arab abad ke-10 tentang pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di taman-taman Islam. Lemon didistribusikan secara luas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterania antara 1000 dan 1150. Budidaya lemon pertama di Eropa dimulai di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon ke Hispaniola dalam perjalanannya. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Terutama digunakan sebagai tanaman hias dan untuk obat-obatan. Pada abad ke-19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California. Asal kata "lemon" mungkin Timur Tengah. Kata ini diambil dari limon Perancis Kuno, kemudian limone Italia, dari bahasa Arab laymūn atau līmūn, dan dari bahasa Persia līmūn, istilah umum untuk buah jeruk, yang merupakan bahasa Sansekerta (nimbū, "kapur").


Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C, memberikan 64% dari Nilai Harian dalam porsi 100 g. Lemon mengandung banyak fitokimia, termasuk polifenol, terpene, dan tanin. Jus lemon mengandung sedikit lebih banyak asam sitrat daripada air jeruk nipis (sekitar 47 g/l), hampir dua kali lipat asam sitrat dari jus grapefruit, dan sekitar lima kali jumlah asam sitrat yang ditemukan dalam jus jeruk.


Jus lemon, irisan, dan kulit digunakan dalam berbagai macam makanan dan minuman. Seluruh lemon digunakan untuk membuat selai, lemon curd dan lemon liqueur. Irisan lemon dan kulit lemon digunakan sebagai hiasan untuk makanan dan minuman. Kulit lemon, parutan kulit luar buah, digunakan untuk menambah rasa pada makanan yang dipanggang, puding, nasi, dan hidangan lainnya.


Lemon memiliki warna hijau dan jika sudah matang buah ini akan berwarnya kuning, memiliki rasa masam, berbentuk bulat atau lonjong dan ujungnya meruncing, dan daging lemon hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.




MILK







Susu adalah cairan putih yang diproduksi oleh kelenjar susu mamalia. Manusia pertama kali belajar mengkonsumsi susu mamalia lainnya secara teratur mengikuti domestikasi hewan selama Revolusi Neolitik atau pengembangan pertanian. Perkembangan ini terjadi secara independen di beberapa lokasi global sejak awal 9000-7000 SM di Mesopotamia sampai 3.500-3000 SM di Amerika. Orang-orang pertama kali menjinakkan hewan ternak yang paling penting - ternak, domba dan kambing - di Asia Barat Daya, meskipun ternak rumahan secara terpisah berasal dari populasi liar aurochs beberapa kali sejak saat itu. Awalnya hewan disimpan untuk daging, dan arkeolog Andrew Sherratt telah menyarankan agar dirapikan, bersamaan dengan eksploitasi hewan piaraan untuk rambut dan persalinan, kemudian dimulai kemudian dalam sebuah revolusi produk sekunder terpisah pada milenium keempat SM. Model Sherratt tidak didukung oleh temuan baru-baru ini, berdasarkan analisis residu lipid pada gerabah prasejarah, yang menunjukkan bahwa perajutan dipraktekkan pada fase awal pertanian di Barat Daya Asia, setidaknya pada milenium ketujuh SM.

Dari Barat Daya Asia, hewan ternak domestik menyebar ke Eropa (mulai sekitar tahun 7000 SM tapi tidak sampai ke Inggris dan Skandinavia sampai setelah 4000 SM), dan Asia Selatan (7000-5500 SM). Petani pertama di Eropa Tengah dan Inggris memerah ternak mereka. Ekonomi nomaden pastoral dan pastoral, yang terutama bergantung pada hewan domestik dan produk mereka daripada pertanian tanaman pangan, dikembangkan saat petani Eropa pindah ke padang rumput Pontic-Caspian pada milenium keempat SM, dan kemudian menyebar ke sebagian besar padang rumput Eurasia. Domba dan kambing diperkenalkan ke Afrika dari Barat Daya Asia, namun ternak Afrika mungkin telah dipelihara secara independen sekitar 7000-6000 SM. Unta, yang dijinakkan di Arab tengah pada milenium keempat SM, juga telah digunakan sebagai hewan perah di Afrika Utara dan Jazirah Arab. Catatan awal perawatan luka bakar di Mesir menggambarkan pembalut luka bakar dengan menggunakan susu dari ibu-ibu bayi laki-laki. Di seluruh dunia (misalnya, Asia Timur dan Asia Tenggara, Amerika dan Australia), produk susu dan susu secara historis bukan merupakan bagian besar dari makanan, karena mereka tetap dihuni oleh pemburu-pengumpul yang tidak memelihara hewan atau hewan lokal. Ekonomi pertanian tidak termasuk jenis susu dari dalam negeri. Konsumsi susu menjadi biasa di daerah ini secara relatif baru-baru ini, sebagai konsekuensi kolonialisme Eropa dan dominasi politik di sebagian besar dunia dalam 500 tahun terakhir.


Komposisi susu berbeda secara luas di antara spesies. Faktor-faktor seperti jenis protein, proporsi protein, lemak, dan gula, tingkat berbagai vitamin dan mineral, dan ukuran globulin mentega, dan kekuatan dadih ada di antara yang berbeda. Sebagai contoh :
Susu mengandung protein rata-rata 1,1%, 4,2% lemak, 7,0% laktosa (gula), dan memasok 72 kkal energi per 100 gram.
Susu sapi mengandung protein rata-rata 3,4%, 3,6% lemak, dan 4,6% laktosa, 0,7% mineral dan memasok 66 kkal energi per 100 gram.
Keledai dan susu kuda memiliki kandungan lemak paling rendah, sedangkan susu anjing laut dan paus mengandung lebih dari 50% lemak.

Susu digunakan untuk membuat yoghurt, keju, es susu, puding, coklat panas dan roti panggang Prancis. Susu sering ditambahkan ke sereal sarapan, bubur dan granola. Susu sering disajikan dalam kopi dan teh. Susu yang diuapkan digunakan untuk menyiapkan minuman berbasis espresso seperti cafe latte.

Susu memiliki tekstur yang cair dan sedikit kental, berwarna putih dan memiliki aroma yang khas. Biasanya susu akan cepat basi jika tidak disimpan dalam tempat yang tepat.

Equipment and Utensil ( INCHARGE)



Equipment and utensil!!



1. Meat hook (utensil)
Function: to hang meat
Material: stainless steel
Cleaning: wash with liquid dishwasher and rinse with clean water





2. Broiler (equipment)
Function: to cook food (mostly neat) with heat from up and down in a closed container
Material: iron and stainless steel
Cleaning: clean it with wet napkin



3.  Chinese wok (utensil)
Function: to cook food in large portion
Material: carbon steel, cast iron, aluminium
Cleaning: wash with liquid dishwasher and rinse with clean water

INCHARGE (IN)



Day Report !!




  Well guys !! Welcome back to my blog activity . And today the last day in week i entered in the kithcen , this morning i Incharege with two my parthner Muh Fisal and gabriel . And firstly we instructed my junior for oneline and we check ours grooming  . Then i given some material about Brown stock and review them . !!

 Next, after given the material we instructed my friend prepared the ingridients for doing brown stock but very bad guys , because the ingridients for today limited and so semester first is'nt practice . Mr.ical say that to all semester first had to go home ! Oh what a pity


   After  they go home , i and my parthner incharge next to helped my friends for doing  jalangkote , but before i helped my friend to cleaning the freezer and everyting is runningwell because i always happy for my duty . Then i made the jalangkote for group flashmob and general cleaning . !!