Rabu, 23 Oktober 2019

Daily Activity (Versi Indonesia)




Day Report!!






Assalamualaikum sobat blogger berjumpa lagi diblog harian saya yang semoga bermanfaat untuk kalian konsumsi ,. kali ini kita masuk ke materi How to make Mille crepes dengan toping barongko by Kelompok Kimochix . yang seharusnya kami bertujuh izin 2 pcs jadi tinggal berlima guys.untuk hari ini kami hanya prepared saja guys esok barulah kita bentuk dan beri toping serta menghiasnya agar terlihat menarik . Melihat lapisan-lapisannya yang begitu banyak, anda mungkin akan berpikir betapa ruwet dan ribetnya membuat makanan ini. Ehem, terus terang itu sebenarnya yang terlintas di dalam pikiran saya, hingga saya menunda dan terus menunda untuk mencobanya di dapur rumah Pete. Sudah sangat lama resep mille crepes ini nangkring di dalam draft folder JTT dan setiap kali mata saya menatap judulnya maka keinginan untuk melakukan eksekusi langsung menggebu, tapi nafsu itu mendadak padam kala membaca prosesnya. Saya belum menemukan waktu dan semangat yang benar-benar maksimal. Untuk membuat cake ini, diperlukan keduanya.






Cake ini cukup nge-trend beberapa waktu yang lalu, dan di Jakarta sendiri saya pernah mencicipi testernya saja di Gandaria City, rasanya memang sedap. Berat rasanya untuk membeli sepotong cake yang alamak mahalnya buat kocek saya. Waktu itu yang saya pikirkan adalah lebih baik saya membuatnya sendiri sehingga bisa menyantapnya hingga perut kembung, dibandingkan membelinya hanya seiris kecil dengan harga mahal. Ini jalan pikiran orang 'kemaruk' seperti saya, apa-apa maunya dalam jumlah besar dan porsi jumbo.


Sebenarnya tidak ada tantangan yang berat dalam membuat cake ini, cake terdiri dari crepes sejenis dadar tipis yang terbuat dari telur, susu cair dan tepung terigu, kemudian di setiap lapiasan crepes dilapisi dengan adonan krim pastry yang lembut. Proses membuat dadar inilah yang sepertinya memerlukan perjuangan agak panjang karena untuk menghasilkan satu buah cake maka anda memerlukan 20 lembar crepes.






Sebenarnya apa sih mille crepes cake itu? Cake ini merupakan kue klasik dari Prancis yang terdiri atas 20 lapisan tipis crepes, masing-masing lapisan crepes kemudian dipisahkan dengan olesan tipis krim pastry a la Prancis. Kata 'mille' berarti ribuan yang mengacu pada banyaknya lapisan crepes yang membangun cake ini. Karena itu mille crepes sering juga disebut sebagai Thousand Layer Crepes Cake. Kue ini merupakan dessert yang menjadi ciri khas Lady Mendl's Tea Salon di New York. Cake dan pastry yang dihasilkan oleh Lady M. terkenal bukan saja karena rasanya yang luar biasa lezat tetapi juga karena kepiawaiannya dalam mendesign. Mille crepes Lady M tersusun dari 20 lembar crepe super tipis yang masing-masing lapisannya dipisahkan dengan pastry cream lembut yang terbuat dari krim kocok. Permukaan atas cake kemudian ditaburi dengan gula dan di bakar hingga terbentuk karamel seperti saat proses pembuatan creme brulee (dessert sejenis puding yang terbuat dari custard - adonan telur dan susu - dimana permukaannya ditutupi oleh lapisan karamel.






Komponen dari mille crepes yang terdiri atas crepes, pastry krim dan krim kocok sebenarnya tidak terlalu istimewa tetapi bagaimana ketiga bahan tersebut dibentuk dan dibangun yang menjadikan cake ini menjadi istimewa. Sehingga saat garpu ditancapkan ke seiris cake serasa seperti sebuah sekop yang memotong lapisan salju. Saat disantap maka yang pertama kali terasa adalah rasa gula yang terbakar baru kemudian lapis demi lapis crepes manis yang selembut satin. Hmm, membaca narasinya di New York Times magazine saja telah membuat saya meneteskan air liur. Nah resep asliLady Mendl's 20-Layer Crepe Cake dari Lady Mendl's Tea Salon tentu saja dirahasiakan dan menjadi misteri bagi peminatnya, namun banyak yang kemudian mencoba untuk membuat versi mereka masing-masing termasuk yang saya coba kali ini.


Untuk membuat cake ini pertama-tama anda harus membuat adonan crepes-nya terlebih dahulu. Instruksi di resep aslinya telur harus dikocok menggunakan mikser hingga berbusa baru kemudian bahan lain dimasukkan dan diaduk rata. Karena malas mengeluarkan mikser maka semua bahan crepes saya masukkan ke dalam blender dan proses hingga smooth. Baiklah sobat sampai disini dulu yaa . nanti kitalanjut dihari berikutnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar