Selasa, 12 Maret 2019

Describe Some Foods#4


Describe Foods in Penang !!!





  • Satay                        




    
Satay adalah juadah daging yang diperap, kemudian dicucuk dan dibakar. Di Malaysia, Satay dihidang dengan kuah kacang yang diserikan dengan potongan bawang dan timun. Satay juga boleh dibuat daripada potongan daging ayam, daging kambing, daging lembu dan pelbagai lagi. Satay biasanya dibakar dengan api kayu arang.
Satay boleh didapati di medan selera di seluruh Malaysia, di gerai penjaja dan pasar malam. Kini dengan keperluan makanan vegetarian yang semakin tinggi, Satay juga boleh didapati di restoran vegetarian seperti Kechara Oasis dan Beyond Veggie oleh Secret Recipe.
Satay biasanya dimakan bersama dengan ketupat. Ketupat adalah nasi yang dibalut dengan daun kelapa dalam bentuk segi tiga. Ia merupakan makanan ruji bagi masyarakat tempatan dan dijamu sebagai penggantian kepada nasi biasa. Daun kelapa dibuka dan ketupat akan dipotong kecil apabila dihidangkan dengan satay.

   Sate ( s æ t  / SA -tay , ˈ s ɑː t  / SAH -tay ), atau sate dalam ejaan bahasa Indonesia , adalah hidangan Indonesia yang terdiri dari dagingberbumbu , ditusuk dan dipanggang , disajikan dengan saus . [3] Ini adalah hidangan dari Indonesia ; dan populer di Malaysia, Singapura, dan Thailand. [4] Sate dapat terdiri dari ayam potong dadu atau iris, kambing , daging kambing , daging sapi , babi , ikan , daging lainnya, atau tahu ;versi yang lebih otentik menggunakan tusuk sate dari pelepah daun kelapa, meskipun tusuk sate bambu sering digunakan. Ini dipanggang ataudipanggang di atas kayu atau api arang, kemudian disajikan dengan berbagai bumbu pedas. Sate dapat disajikan dalam berbagai saus, namun paling sering disajikan dalam kombinasi kecap dan kacang . [5] Karenanya, saus kacang sering disebut saus sate. 



Sate berasal dari pulau Jawa Indonesia . [2] [7] [8] [9] Ini tersedia hampir di mana saja di Indonesia, di mana ia telah menjadi hidangan nasional . [10] [1] [11] [12] Ia juga populer di banyak negara Asia Tenggara lainnya termasuk Thailand, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.[13] Fitur utama sate Thailand adalah dimasukkannya daging babi sebagai pilihan daging, dan saus kacang ala Thailand. Sementara itu, sate Indonesia sering disajikan dengan kecap manis - kecap manis, dan sering disertai dengan lontong, sejenis kue beras. Di Sri Lanka , makanan pokok telah menjadi makanan pokok akibat pengaruh dari komunitas Melayu setempat . [14]
Sate adalah kelezatan populer di Indonesia. Keragaman negara ini (lihat masakan Indonesia) telah menghasilkan berbagai macam sate. Di Indonesia, sate adalah makanan jalanan yangpopuler, [2] dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, dari restoran tenda sisi jalan, di restoran kelas atas, atau di pesta perayaan tradisional.
Analog yang dekat adalah yakitori dari Jepang , kǎoròu chuàn dari Cina , shish kebab dariTurki dan Timur Tengah , shashlik dari Caucasus , dan sosatie dari Afrika Selatan . Ini terdaftar di nomor 14 di 50 jajak pendapat makanan paling lezat di dunia yang disusun oleh CNN Go pada 2011. [15]
Daging yang biasa digunakan termasuk ayam, domba, kambing, daging kambing, daging sapi,daging rusa dan kelinci ; makanan laut seperti ikan, udang dan cumi - cumi ; atau jeroan sepertihati , usus dan babat . Beberapa juga telah menggunakan varietas daging yang lebih eksotis, seperti kura - kura , buaya , kuda , kadal , dan daging ular . Sebagian besar waktu, daging dipotong menjadi bentuk kubus kecil, seukuran ibu jari. Namun, resep seperti Ponorogo menggunakan potongan ayam yang dipotong menjadi bentuk jari yang memanjang, sehingga satu tusuk sate hanya memiliki satu potong.
Tusuk sate yang digunakan untuk sate ayam secara tradisional terbuat dari lidi , pelepah daun kelapa. Tusuk bambu bisa digunakan sebagai gantinya. Untuk daging yang lebih kencang, seperti domba, kambing, dan sapi, tusuk sate bambu lebih tebal digunakan. Tusuk sate biasanya direndam dalam air sebelum digunakan untuk menghindari pembakaran selama pemanggangan. Setiap tusuk sate biasanya menampung empat potong daging, beberapa hanya tiga potong. Sate daging kambing bisa memasukkan kubus lemak di antara kubus daging. Kunyit diperlukan untuk mengasinkan sate untuk memberikan hidangannya warna kuning.Bumbunya yang populer adalah kecap manis yang dicampur dengan minyak kelapa atau margarin . Daging yang ditusuk dibumbui, dibumbui, dan dipanggang di atas bara arang .
Sate dapat disajikan dengan saus saus kacang pedas , atau saus kacang, disajikan dengan irisan lontongatau ketupat (kue beras), dan disertai dengan acar (acar) yang terdiri dari irisan bawang , wortel danmentimun dalam cuka, garam, dan gula larutan. [20] Sate kambing biasanya disajikan dengan kecap manis(saus kedelai manis) alih-alih saus kacang. Sate babi dapat disajikan dalam saus sate berbasis nanas atau mentimun. Versi bahasa Indonesia menggunakan saus berbasis kecap.

  • Lok - Lok  
                                                                               

                  
          Lok-Lok adalah steamboat versi Cina, dimana makanan akan dicucuk dengan kayu kecil dan direndam ke dalam air mendidih atau sup panas sehingga masak. Kemudian ia boleh dinikmati dengan pelbagai pilihan sos. Biasanya ia dimakan dengan kuah kacang, sos cili atau sos manis untuk menambah rasa.
Lok-Lok boleh didapati di gerai penjaja, medan selera dan di mana mana kawasan ramai orang di bandaraya dan pekan Malaysia. Lok-Lok mengandungi pelbagai ramuan seperti kepah, kerang, usus khinzir, hati khinzir, sosej, bebola ikan, bebola daging, bebola sotong, udang, sayuran, daging vegetarian, cendawan dan aneka juadah yang telah dimasak seperti wantan dan tauhu goreng.

  • Penang Koay Teow





Kuey Teow Th’ng (Kuet Teow Sup) adalah sejenis makanan tradisional masyarakat Cina, iaitu Kuey Teow yang dihidang dalam mangkuk dengan sup ayam atau sup itik. Ramuannya termasuk kek ikan, bebola ikan, hirisan daging ayam atau itik, potongan daun bawang, tauge dan disaji dengan sos cili. Kelazatan juadah tradisional Malaysia ini memang tidak terkata dan terdapat juga versi vegetarian makanan ini.
Jika anda berkunjung ke Malaysia untuk bercuti, anda mesti mencuba Kuey Teow Th’ngyang dikenali dengan kelazatannya di Pulau Pinang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar