Senin, 04 November 2019

Describe Ingridients!!




A.TELUR ( EGG )

1.DEFINISI TELUR




Telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio.

2. SEJARAH

Dalam kebanyakan burung dan reptilia, telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embiro. Telur-telur reptilia dan burung diselimuti kerak pelindung, yang memiliki pori-pori agar  yang belum lahir tersebut dapat bernafas.


Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggasseperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh. Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Kandungan omega 3 pada telur ayam dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan bersuplemen kaya omega-3 yang peningkatannya dapat mencapai enam hingga sepuluh kali lipat dibanding tanpa suplementasi. Adanya peningkatan komponen lemak yang dalam telur tidak mempengaruhi kualitas telur yang dihasilkan.


3. KANDUNGAN GIZI
Berikut ini adalah beberapa jenis kandungan gizi telur berbagai jenis

1. Kandungan Gizi Telur ayam

Jenis telur yang pertama dan sangat terkenal adalah telur ayam. Telur ayam sangat sering dan umum dikonsumsi oleh masyarakat. Selain mudah didapat, harga telur ayam cukup terjangkau bagi sebagian besar masyarakat.

Telur ayam memiliki beberapa kandungan yang perlu Anda ketahui. Kandungan gizi telur ayam yaitu 162 kal energi; 12.80 gram protein; 11.50 gram lemak; 0.70 gram karbohidrat; 54.00 mg kalsium; 180 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 900 IU vitamin A; dan 0.10 mg vitamin B.

2. Kandungan Gizi Telur bebek

Jenis telur yang tidak kalah populernya dengan telur ayam adalah telur bebek. Ayo tebak mana kandungan gizi yang lebih tinggi? Telur ayam atau telur bebek? Kalau ukuran telur ayam vs telur bebek sudah tahu jawabannya dong.

Nah, bagaimana dengan kandungan gizi keduanya? Kandungan gizi telur bebek terdiri dari 189 kal energi; 13.10 gram protein; 14.30 gram lemak; 0.80 gram karbohidrat; 56.00 mg kalsium; 175 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 1230 IU vitamin A; dan 0.18 mg vitamin B.

Telur ayam atau telur bebek yang paling banyak kandungan gizinya? Sudah tahu jawabannya kan! Jawabannya adalah telur bebek. Meskipun pada kandungan fosfor, telur bebek lebih rendah dari telur ayam tetapi secara garis besar, telur bebek lebih banyak jumlah zat gizi yang dikandungnya.

3. Telur bebek asin

Telur bebek juga biasa diolah dengan cara diasinkan. Pengolahan ini ternyata membuat kandungan gizi telur bebek mengalami perubahan. Adanya penambahan dan proses tertentu menjadi penyebab perubahan kandungan zat gizi pada telur bebek asin.


Kandungan gizi telur bebek asin menjadi 195 kal energi; 13.60 gram protein; 13.60 gram lemak; 1.40 gram karbohidrat; 120.00 mg kalsium; 157 mg fosfor; 2.00 mg zat besi; 841 IU vitamin A; dan 0.28 mg vitamin B.

4. Telur puyuh

Telur puyuh memiliki kandungan gizi di antaranya 168 kal energi; 12.30 gram protein; 12.70 gram lemak; 1.20 gram karbohidrat; 0.00 mg kalsium; 0.00 mg fosfor; 0.00 mg zat besi; 0.00 IU vitamin A; dan 0.00 mg vitamin B.

5. Telur ikan

Lebih kecil dari telur puyuh, telur ikan juga kerap dikonsumsi meskipun jarang dan hanya pada jenis telur dari ikan tertentu saja. Kandungan gizi telur ikan yaitu 398 kal energi; 16.70 gram protein; 34.80 gram lemak; 4.50 gram karbohidrat; 235.00 mg kalsium; 544.00 mg fosfor; 25.20 mg zat besi; 0.00 IU vitamin A; dan 0.30 mg vitamin B.
6. Telur penyu

Telur penyu diklaim memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa ada efek sampingnya. Di luar dari keduanya, sebenarnya mengonsumsi telur penyu adalah ilegal karena bisa membuat penyu cepat punah.

Kandungan gizi telur penyu yaitu 144 kal energi; 12.00 gram protein; 10.20 gram lemak; 0.00 gram karbohidrat; 84.00 mg kalsium; 193.00 mg fosfor; 1.00 mg zat besi; 600 IU vitamin A; dan 0.11 mg vitamin B.
https://doktersehat.com/gizi-berbagai-telur/



4. KEGUNAAN/MANFAAT


Disarankan untuk konsumsi saat diet
Telur memiliki kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah, sehingga bisa dijadikan camilan sehat saat diet. Kandungan telur ukuran besar hanya 6 gram protein dan hanya 80 kalori. Bagian putih telur hanya mengandung 15 kalori per butir telur. Sehingga sebutir telur rebus cocok dijadikan camilan yang mengenyangkan. Putih telur juga bebas kolesterol dan bebas lemak jenuh, sehingga sangat cocok untuk diet.
Menyuplai nutrisi bagi tubuh
Ada banyak nutrisi yang bisa didapat dari sebutir telur, antara lain vitamin B, DHA dan aneka mineral seperti fosfor, zat besi, asam folat, zinc, juga selenium. Kuning telur juga mengandung vitamin D yang berperan penting dalam memperkuat tulang, gigi, dan mempermudah penyerapan kalsium. Salah satu kandungan kuning telur lainnya adalah kolin yang baik untuk kesehatan saraf dan otak.
Menyehatkan jantung
Meski kuning telur mengandung banyak kolesterol, namun hal tersebut aman untuk dikonsumsi dalam jumlah tertentu, bahkan bagi penderita penyakit jantung sekalipun. Orang dengan kadar kolesterol normal disarankan untuk mengonsumsi telur 1-4 butir per minggu. Disarankan bagi penderita penyakit jantung untuk mengonsumsi satu atau dua buah telur seminggu. Namun tidak ada batasan tertentu jika hanya mengonsumsi putihnya saja, karena putih telur tidak mengandung kolesterol. Kuning telur sendiri mengandung lutein yang dianggap mampu menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Akhir-akhir ini juga telah banyak beredar telur yang diperkaya omega 3 yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Telur tidak meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah
Kolesterol yang terkandung di dalam telur, terutama dalam kuning telurnya, hanya sebagian kecil yang akan mencapai peredaran darah. Kolesterol dalam makanan dianggap tidak berbahaya sebagai lemak jenuh dalam meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang. Sebagai catatan, lemak jenuh dalam telur yang berukuran besar hanya 1,6 gram. Bandingkan dengan 1 sendok makan mentega yang mengandung 7 gram. Banyak orang yang memalingkan diri dari telur karena sedang menjalani diet, namun nyatanya tetap melahap aneka makanan dengan mentega. Tentu saja jika dikaitkan dengan data di atas, maka hal tersebut keliru.

https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-telur-dan-cara-menyimpannya


5. KARAKTERISTIK ,KOMPOSISI DAN KARAKTERISTIK TELUR




Telur adalah sel telur (ovum) yang tumbuh dari sel induk di dalam indung telur. Komposisi kimia telur ayam terdiri dari air sekitar 73.6%, protein 12.8%, lemak 11.8%, karbohidrat 1.0% dan komponen lainnya 0.8%. Telur juga mengandung 10 macam asam amino esensial dari 18 macam asam amino esensial yang ada. Komponen – komponen telur terdiri atas kerabang telur sebanyak 11 %; putih telur ( albumen ) sebanyak 57 %; serta kuning telur (yolk) sebanyak 32 %.

~Kerabang Telur
~Putih Telur (Albumen)
~Kuning Telur ( Yolk )

http://giziklinikku.blogspot.com/2016/07/karakteristik-telur.html




B.KENTANG ( POTATOE )





Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.
Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini.
Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi.


2. SEJARAH


Menurut sejarahnya, kentang berasal dari lembah-lembang dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain -termasuk Indonesia-. Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. Semenjak itu, kentang dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger. Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal dan dijual di Kedu. Sedangkan, di Sumatra tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, 1811. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kentang


3. KANDUNGAN GIZI / NUTRISI


Kandungan gizi pada kentang antara lain sebagai berikut:

~Karbohidrat
Karbohidrat sering dianggap sebagai biang keladi kenaikan berat badan. Hal ini tidak sepenuhnya salah, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Meski demikian, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat, karena karbohidrat merupakan sumber utama tenaga bagi tubuh.
Para ahli menyarankan agar 45-65% dari total kalori per hari berasal dari karbohidrat. Jadi, jika tubuh membutuhkan 2.000 kalori per hari, 900-1300 kalori disarankan berasal dari karbohidrat. Mengingat kandungan karbohidrat pada kentang mencapai 66-90% per buah, maka Anda bisa mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup dari kentang.

~Serat
Kandungan serat pada kentang banyak terdapat pada bagian kulit. Kentang mengandung pati dan serat yang menjadi makanan bagi bakteri baik di usus besar dan berfungsi untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan. Pati pada kulit kentang juga bermanfaat dalam mengontrol gula darah.
Agar bisa mendapat manfaat maksimal dari serat pada kentang, disarankan untuk tiriskan dulu kentang yang baru dimasak. Dibandingkan kentang yang disajikan panas-panas, kentang yang sudah dingin mengandung kadar pati yang lebih tinggi.

~Protein
Protein berfungsi dalam produksi zat kimiawi tubuh seperti hormon dan enzim. Protein juga dibutuhkan dalam pembentukan otot, tulang, sel darah, rambut dan kulit. Kandungan protein pada kentang memang tidak terlalu banyak, yakni hanya 1-1,5% dalam kondisi segar, dan 8-9% saat kering. Kandungan protein pada kentang bahkan paling rendah jika dibanding jagung atau gandum. Meski demikian, kandungan protein yang dikandung kentang tergolong berkualitas tinggi. Protein utama pada kentang ini bernama patatin, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap protein kentang ini.

~Antioksidan
Antioksidan dikenal dalam mencegah radikal bebas. Studi membuktikan bahwa antioksidan dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, kanker, dan diabetes. Studi lain di laboratorium juga menemukan jika antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan kanker hati dan kanker usus besar. Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan antioksidan dalam kentang untuk mengurangi risiko penyakit kronis pada manusia.

~Kalium
Kalium (potasium) merupakan mineral yang mendominasi kandungan gizi kentang. Mineral ini dapat menekan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Kadar kalium terbanyak terdapat pada kulit kentang.

~Folat
Wanita hamil atau sedang menjalani program hamil dianjurkan mengonsumsi banyak asam folat. Asam folat merupakan bentuk sintetik dari folat. Keduanya memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan. Folat atau asam folat dapat mencegah risiko keguguran dan cacat pada bayi.

~Vitamin B6
Salah satu kandungan gizi kentang adalah vitamin B6, vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah, memelihara kesehatan saraf, membantu produksi antibodi atau zat kekebalan tubuh dan menunjang pencernaan protein.

~Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat menurunkan berbagai risiko penyakit. Fungsi vitamin C yang paling penting di antaranya memperbaiki jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kadar vitamin C terbanyak pada kentang terletak di bagian kulitnya.

https://www.alodokter.com/ketahui-kandungan-gizi-kentang


4. KEGUNAAN / MANFAAT / FUNGSI

1. Mengandung antioksidan
2. Membantu kendalikan gula darah
3. Baik untuk pencernaan
4. Bebas gluten
5. Menjaga tekanan darah normal
6. Menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak
7. Menjaga kesehatan jantung

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-kentang-dan-kandungannya/


5. KARAKTERISTIK KENTANG


Karakteristik tanaman kentang:
~Tumbuh dengan menjalar
~Berkembangbiak umbi langsung ataupun tidak
~Termasuk kedalam umbi- umbian
~Bentuk kentang bulat dan berwarna putih kecoklatan hingga kekuningan
~Memiliki kulit umbi sangat tipis dan juga umbi sangat keras
~Umbi terletak dibagian pangkal bawah tanah

http://fredikurniawan.com/klasifikasi-kentang-solanum-tubercum-l/


C. KACANG TANAH






Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia.[1] Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dengan daun-daun kecil tersusun majemuk.
Tanaman ini adalah satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Jika buah yang masih muda terkena cahaya, proses pematangan biji terganggu.

Di Indonesia, ia dikenal pula sebagai kacang una, suuk (Sd.), kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, serta kacang banggala. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai bahasa Inggris: peanut, groundnut.


2. SEJARAH

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597. Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir, Republik Rakyat Tiongkok dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kacang_tanah


3. KANDUNGAN GIZI / NUTRISI

Dilihat dari kandungan nutrisinya, satu setengah cangkir (73 gram) kacang tanah mengandung:
~Kalori: 427 kalori
~Protein: 17,3 gram
~Serat: 5,9 gram
~Lemak jenuh: 5 gram
~Mangan: 76 persen
~Vitamin B3: 50 persen
~Magnesium: 32 persen
~Folat: 27 persen
~Vitamin E: 25 persen
~Vitamin B1: 22 persen

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/jenis-kacang-kacangan-yang-sehat/


4. MANFAAT / FUNGSI

~Menstabilkan Kolesterol Tubuh
Kacang tangan mengandung mono asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat menjaga kestabilan kolesterol. Ini juga bermanfaat mencegah risiko jantung atau penyakit mematikan lainnya.

~Mengurangi Gula Darah
Bagi kita yang mengalami kenaikan gula darah atau bermasalah dengan gula darah, kacang tanah bisa dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Peneliti percaya jika kacang tanah bermanfaat menurunkan gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa.

~Mencegah Penunaan Dini
Tak ingin terlihat lebih cepat tua, keriput dan kusam? Konsumsi kacang tanah secara rutin setiap hari. Kandungan vitamin E pada kacang tanah dikatakan sangat baik membantu mencegah risiko penuaan dini, keriput pada kulit dan kusam. Vitamin B pada kacang tanah bahkan dipercaya membuat kulit lebih bersinar dan awet muda.

~Mengatasi Stres atau Depresi
Sebagai salah satu makanan yang mengandung trytophan, kacang tanah dipercaya baik untuk mencegah serta mengatasi stres hingga depresi. Makanan gurih ini juga bermanfaat membuat perasaan lebih bahagia, nyaman dan tenang.

~Mencegah Kanker
Saat ini, kanker masih menjadi salah satu penyakit paling ditakuti. Untuk mencegah risiko kanker, pola hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup sangat penting dilakukan. Ditambah, konsumsi pula kacang tanah karena makanan ini mengandung asam p-coumaric yang baik dalam membantu mencegah risiko kanker dan membunuh sel kanker.

~Mengurangi Risiko Batu Empedu
Study menyebutkan jika nutrisi yang terkandung di dalam kacang tanah baik dalam menurunkan risiko batu empedu. Makanan ini juga bermanfaat mencegah risiko berbagai infeksi pada kantung empedu, hati maupun organ dalam tubuh lainnya.

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3775434/6-manfaat-mengagumkan-kacang-tanah-buat-kesehatan-tubuh


5. KARAKTERISTIK KACANG TANAH

-Kacang tanah adalah tanaman tahunan dengan batang lurus sepanjang 30-50 cm.

-Daun majemuk, menyirip, panjang mengintai dengan empat helai daun masing-masing.

-Bunga biasanya berwarna kuning dengan garis kemerahan dan kelopak tubular, bergerombol dalam kelompok 2 sampai 6 bunga masing-masing.

-Ketika bunga di dasar tanaman dewasa, batang bunga yang panjang membungkuk dan menembus tanah. Setelah di dalam tanah, maka perkembangan akan berlanjut hingga menjadi buah (kacang). Ini merupakan ciri khusus dari spesies Hypogaea yg dalam bahasa Yunani berarti bawah tanah.

-Kacang tanah tumbuh di tempat yang hangat, dengan kelembaban tinggi, membutuhkan gembur.

https://brainly.co.id/tugas/991821

Tidak ada komentar:

Posting Komentar