Kamis, 22 Februari 2018

Gingger (Jahe)


History 




            
            Jahe  (Zingiber .officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat . Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah . Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron .Jahe termasuk suku Zingiberaceae  (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sansekerta , singaberi.

                        Jahe diperkirakan berasal dari India . Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan . Dari India , jahhe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara ,Tiongkok ,Jepang ,hingga Timur Tengah . Kemudian pada zaman kolonialisme , jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.


Nutrient Content 





                Jahe mengandung  minyak astiri , jika kita menumbuk seruas jahe , maka akan timbul aroma khas yang kuat , dan jika kita hirup akan memberi suasana hangat di hidung kita .Aroma khas ini berasal dari minyak astiri yang terkandung di dalamnya .Minyak astiri merupakan senyawa volatil atau mudah menguap, sehingga baunya tercium oleh hidung kita . Minyal ini juga menyebabkan rasa jahe yang khas. 


Function 





  • Membantu Mencegah Penyakit Kanker 
  Beberapa Penelitian menunjukkan bahwa jahe memiliki senyawa yand dapat menghambat pertumbuhan dan pengembangbiakan sel kanker pada  usus besar dan sel-sel kanker pada lambung , pankreas ,dan kanker hati . 

  • Memperlancar Sistem Pencernaan 
Jehe memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu kelancaran sistem pencernaan terutama dalam hal membersihkan usus besar, memperlancar buang air besar dan membuang gas yang beracun . Karena memiliki khasiat-khasiat ini . Jahe sering dijadikan obat alami dalam mengobati penyakit asam lambung (GERD) dan Sembelit .

  • Meredakan Rasa Mual 
Penelitian menunjukkan bahwa beberapa kandungan yang terdapat didalam jahe dapat secara efektif meredakan rasa mual seperti moming sickness. mabuk perjalanan dan mual pasca operasi .

  • Mengendalikan Tekanan Darah dan Kadar Kolestrol 
Senyawa tumbuhan tertentu yang terkandung di dalam Jahe dapat membantu mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara mencegah gumpalan darah terbentuk di arteri dan pembuluh darah . Kandungan dalam Jahe tersebut juga dapat menurunkan kadar kolestrol darah secara keseluruhan terutama kadar kolestrol LDL yang biasanya kita sebut dengan kolestrol jahat .


  • Menghilangkan Bau Mulut 
Air jahe juga dapat menghilangkan bau mulut Vitamin C yang terkandung dalam jahe ini dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut . Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok air jahe ke dalam air hangat dan kumur selama beberapa menit . 

  • Gingerol yang dikandung oleh jahe merupakan senyawa anti peradangan atau anti-inflamasi yang sengat ampuh.. Kandungan tersebut dapat mengurangi gejala pembengkakan dan peradangan serta meredakan rasa nyeri di sendi dan otot.

Caracteristic 




                       
                Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100cm . Akhirnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahsn dengan bau menyengat . Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus . Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm . Gagang bunga berbisik sebanyak 5 hingga 7 buah . Bunga berwarna hijau kekuningan . Bibir bunga dan kepala putik ungu . Tangkai putik berjumlah dua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar