Rabu, 07 Agustus 2019

Daily Activities! IND Version


Aktivitas di Kithcen Poltekpar Makassar


Halo guys, selamat datang kembali ke blog harian saya yang mebahas sebagian aktivitas saya di dapur poltekpar makassar ini setelah kemarin saya sudah menangani Semester 1 sekarang saya ditugaskan untuk melanjutkan materi saya yang tertinggal.





 Kali ini kami kembali ke materi yaitu membuat "Croissant" bila kita lihat rasanya sangat mudah teman-teman tapi faktanya sesulit memancing ikan di sungai butuh kesabaran yang Haqiqi . Tapi beruntungnya kami kedatangan senior yang  sekarang bekerja di Four point by Sheraon Makassar ini,siapa lagi kalau bukan Anthonius yang akrab kami sapa kak Chiu. beliau mengajarkan kami mulai dari persiapan bahan hingga proses bake . Saat membuat croissant memang butuh kesabaran dan menggunakan perasaan guys .Bagaimana tidak waktu proofing saja minimalnya 30 menit guys dan proofingnya ada 4 kali ,gimana (?) ada gambaran ga sih kalian nunggu croissant ini selama berjam-jam . Wanita aja kalau lagi dandan cuma breapa jam cowoknya udah complaint gimana nunggu adonan ini ya ! simak cerita Selanjutnya . Di bawah ini salah saatu gambar saat kak Chiu menjelaskan Lipatannya .



 Selanjutnya dapat kita lihat pada gambar dibawah ini , setelah saya mpersiapkan bahan seperti yang di ajarkan oleh kak Chiu lalu mencampur bahan kering hingga liquidnya ,melakukan proofing 3 kali dengan 3 kali lipatan single . yah untuk croissant sendiri setelah dipipihkan di lipat dengan memilih lipata single atau double . Karena recepy saya dibagi 3 dari  recepy kak chiu jadi saya memilih single.
setelah lipatan proofing bterakhir selama 2 jam kemudian berikan Eggwash (susu+telur) di oles di atas croissant kemudian di bake selama 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius , product saya dapat kita lihat seperti pada gambar dibawah ini !





  Nah gambar di bawah ini adalah salah satu hasil product saya hari ini , tapi hasilnya belum sempurna guys kata pak Jaya selaku dosen yang mengawas masih kurang mengenbang karena kak chiu sudah balik jadi saya konfirmasi via Instagram , pesan dari kak chiu selanjutnya bila saya product mesti tambahka 5gr Yeast nya jadi total yeast dari resep yang saya pakai hari ini jadinya 10 gr . baiklah teman-teman kedepannya saya akan membuatnya menjadi lebih sempurna.





    Sekian dan Terimakasih teman-teman semoga kita bisa jumpa lagi .Wassalamualaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar