Kamis, 05 April 2018

Coriander (Ketumbar)

   
  • HIstory 





                   Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.



·       Nutrient Content


 


         Manfaat yang diambil dari ketumbar ialah dari daun, biji, dan buah . Dari semua bagian ini terdapat kandungan berupa kandungan alami dari tumbuhan tersebut . Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing ,muntah-muntah,influenza ,wasir , radang lambung dan radang payudara,campak,masuk angin,serta tekanan darah tinggi.

·       Function




                  Manfaat tumbuhan ini sudah banyak dirasakan di berbagai Negara. Ketumbar biasanya digunakan sebagai pelancar pencernaan,peluruh kentut (carminative) peluruh ASI (lactago) , dan penambah nafsu makan ( stomachica). Namanya berbeda-beda di berbagai daerah  di Indonesia .Ketumbar ini juga berfungsi untuk member aroma pada makanan.


·       Caracteristic




  
        Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan . Seperti halnya seledri , tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.

    Daunnya hijau dengan tepian bergerigi . Sedangkan untuk bunga majemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda . Untuk buah , bentuknya hamper bulat berwarna kuning bersusun , kalau matang , buahnya mudah dirontokkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar